Blog

Vocabulary Bahasa Inggris Yang Wajib Diingat Saat di Bandara

Uncategorized

Vocabulary Bahasa Inggris Yang Wajib Diingat Saat di Bandara

Vocabulary bahasa inggris – Ada banyak cara untuk menikmati liburan. Ada yang bepergian dengan mobil, bus, kereta api, atau feri, tetapi cara paling populer dan tercepat untuk bepergian adalah dengan pesawat. Dan ketika kamu bepergian dengan pesawat, kamu jelas harus pergi ke bandara. Dan dimanapun kamu berada, bahasa Inggris akan digunakan di setiap bandara. Oleh karena itu, pentingnya kamu untuk mulai belajar vocabulary bahasa inggris dari sekarang. Yuk, baca artikel berikut sebelum kamu berangkat, biar kamu familiar tentang vocabulary bahasa inggris di bandara! 

15 Vocabulary Bahasa Inggris Yang Sering Digunakan di Bandara

Ini dia beberapa contoh vocabulary bahasa inggris penting yang sering muncul saat di bandara. Jangan lupakan vocabulary bahasa inggris berikut ini ya! 

Airline (N)

Maskapai penerbangan yang kamu gunakan adalah nama perusahaan yang memiliki pesawat tersebut misalnya Singapore Airlines, British Airways.

My husband needs to book a flight to Korea on Saturday. Which airline do you suggest he fly with?

The earliest airline that flies to Korea is Asiana Airlines. It’s a Korean carrier.

Arrivals (N)

Ketika pesawat tiba di bandara, keluarga dan teman-teman kamu akan menemui kamu di kedatangan.

William, I’ll meet you in the arrivals hall. I’ll hold a sign to let you know I’m looking for you.

Board (V)

To board (pesawat) berarti naik ke atasnya. Ini mungkin adalah salah satu contoh vocabulary bahasa inggris yang akan kamu dengar dimana-mana saat di bandara. 

Attention please, All passengers on Garuda Indonesia flight number GA234 to Surabaya, the plane will be boarding in 10 minutes.

Boarding pass (N)

Setelah kamu memberi tahu maskapai bahwa kamu berada di bandara dan telah melakukan pemeriksaan bagasi, kamu akan diberikan boarding pass yang menunjukkan di mana pesawat akan boarding dan juga akan menunjukkan nomor kursi kamu.

Miss, this is your boarding pass for flight number 234 to Manado. You will be boarding at gate 17 at 8.00. 

Carry on (luggage) (N)

Barang bawaan kamu adalah barang bawaan kecil yang boleh kamu bawa ke dalam pesawat. Tas-tas ini biasanya harus berukuran tertentu dan beratnya kurang dari 8 kg.

Sorry, but your luggage is too heavy. You should check it out.

Book (tiket) (V)

Saat kamu memesan tiket, berarti kamu telah memesan kursi pesawat dan membayarnya.

Good Morning, how can I help you?

I’d like to book a ticket to Jakarta tomorrow morning, please.

Check in (V/N)

Saat check in, kamu memberi tahu maskapai bahwa kamu telah tiba di bandara. Mereka akan mengambil kopermu dan memberimu boarding pass. Tempat kamu melakukan tindakan ini juga disebut check-in.

How many passengers check-in with you?

I have 5 people with me. 

Conveyor belt/carousel/baggage claim (N)

Saat tiba di bandara tujuan kamu, tas dan koper akan keluar di sebuah ban berjalan yang bergerak. Kata lain yang mungkin akan kamu dengar untuk ini adalah carousel atau baggage claim.

Customs (N)

Sebelum diizinkan memasuki negara tujuan, seluruh penumpang harus melewati bea cukai dimana kamu akan bertemu dengan petugas bea cukai. Di sini mereka akan memeriksa apakah kamu membawa sesuatu yang ilegal ke negara itu seperti senjata api, obat-obatan terlarang atau terlalu banyak uang.

Delayed (Adj)

Apabila penerbangan kamu mengalami delay, berarti penerbangan kamu akan mengalami keterlambatan waktu atau penundaan. Mungkin tertunda karena cuaca buruk, terlalu banyak lalu lintas udara, atau masalah teknis.

Ladies and gentlemen, this is an announcement of flight number GA234 to Surabaya has been delayed due to bad weather. Departure time will be informed as soon as possible. Thank you. 

Departures (N)

Saat kamu akan berangkat untuk penerbangan, kamu harus pergi ke ruang tunggu keberangkatan di mana kamu akan menunggu untuk naik ke pesawat kamu.

All passengers of Garuda Indonesia flight number GA234 to Surabaya to go to the departure lounges, please. 

Fragile (Adj) 

Terkadang kita membawa barang-barang yang rapuh, mudah rusak atau mudah pecah saat bepergian. Cara petugas bandara yang menangani koper kita tahu adalah dengan menandainya dengan stiker bertuliskan “fragile”. Ini akan menunjukkan kepada mereka bahwa mereka perlu sedikit lebih berhati-hati dengan barang-barang kamu. 

Gate (N)

Di ruang tunggu keberangkatan terdapat sejumlah gerbang (gate) yang berbeda yang mengarah ke penerbangan yang berbeda.

Can you tell me where flight GA234 to Surabaya departs from?

Yes, it leaves from gate 12.

Identification (N)

Kartu Tanda Pengenal atau KTP (juga dikenal sebagai “ID”) adalah dokumen resmi yang kamu perlukan untuk memastikan bahwa kamu adalah dirimu yang sebenarnya. Saat penerbangan internasional, ID yang harus kamu bawa adalah paspor.

I want to book a flight to Jakarta for tomorrow.

Of course, may I see your ID?

Travel agent (N)

Travel agent adalah agen perjalanan adalah orang yang akan membantumu mengatur rencana perjalanan dan memesan penerbangan Anda.

I used ABC travel agent while on vacation to America, you should visit them too. They are very nice and friendly.

Visa (N)

Visa adalah dokumen khusus yang memberi Anda izin untuk memasuki suatu negara. Beberapa negara memiliki undang-undang yang ketat dan tergantung dari mana kamu berasal, sehingga kamu mungkin perlu mendapatkan visa.

Could you tell me if a person from Indonesia needs a visa to travel to Korea?

How long are you going for?

2 weeks.

Yes, you do require (need) a visa. Indonesian citizens can’t travel to Korea without a visa.

Luggage/baggage vs suitcase/bag

Kesalahan umum saat belajar vocabulary bahasa inggris untuk non-English speaker adalah perbedaan antara luggage dan bag.

Kata bag adalah countable yang artinya banyak tas atau 3 tas sedangkan luggage adalah uncountable yang bisa berarti satu tas atau banyak. Jika Anda ingin membuat kata luggage jamak (plural), tambahkan frasa ‘pieces of….’ di depannya.

Excuse me sir, how many pieces of luggage do you want to check in?

It’s just 2 pieces. 

Okay, thank you. 

Nah, itu dia contoh vocabulary bahasa inggris yang sering digunakan saat di bandara. Bepergian dengan pesawat bisa sangat mengasyikkan, terutama jika kamu menuju ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, tetapi pada saat yang sama juga bisa sangat menegangkan, terutama jika kamu memiliki masalah dalam memahami vocabulary bahasa Inggris yang biasa digunakan di bandara. 

Yuk, siapkan dirimu untuk membantu menjadikan pengalaman perjalanan kamu menyenangkan dan belajar vocabulary bahasa inggris lainnya bersama Glolingo!

Leave your thought here

Your email address will not be published.

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping