Blog

Top 10 Rekomendasi Film Untuk Belajar Bahasa Inggris

Uncategorized

Top 10 Rekomendasi Film Untuk Belajar Bahasa Inggris

Film untuk belajar bahasa inggris – Siapa disini yang suka nonton film? Yup, nonton film bisa bantu kita dalam belajar bahasa inggris loh! Tidak hanya selalu melalui buku atau materi saja, film juga bisa berkontribusi meningkatkan skill listening bahasa kamu. Kamu akan belajar kata-kata baru dari bajak laut, tuan putri, monster dan masih banyak lagi! Buruan siapkan popcorn mu….dan berikut rekomendasi film untuk belajar bahasa inggris! 

Alasan Menonton Film untuk Belajar bahasa Inggris 

Menonton film jauh lebih menyenangkan daripada belajar dengan buku! Itu juga bisa sama bermanfaatnya. Inilah alasan mengapa kamu perlu menonton film untuk belajar bahasa inggris:

REAL ENGLISH – Buku atau bacaan lainnya memang sangat bagus untuk mempelajari kosa kata atau tata bahasa, tetapi tidak kalah bagusnya dengan mendengarkan bahasa Inggris dari penutur asli atau native speakers. Dengan menonton film Inggris dan Amerika, kamu dapat mendengarkan sang aktor berbicara bahasa tersebut secara alami. Ini akan membantu kamu belajar bahasa Inggris modern.

PENGALAMAN YANG LEBIH BAIK – Terkadang sulit untuk mengetahui bagaimana sebuah kata dalam bahasa Inggris dilafalkan. Mendengar penutur asli di film akan mengajari kamu cara yang benar untuk mengatakan sesuatu. Dialog dalam film juga memberikan contoh yang baik tentang bagaimana suara dalam kata-kata berubah dalam ucapan yang terhubung.

KONTEKS LANGSUNG – Ketika kamu mempelajari sebuah kata, mungkin sulit untuk mengingat apa artinya atau bagaimana menggunakannya. Dalam film, kata-kata digunakan sebagai bagian dari sebuah cerita dan konteks ini membantu kamu untuk belajar dan mengingatnya dengan lebih efektif.

AKSEN NATIVE – Di Inggris dan Amerika ada banyak aksen berbeda yang digunakan untuk berbicara bahasa Inggris. Saat menonton film, kamu akan mendengar banyak aksen daerah yang digunakan dan ini akan membantumu memahaminya dengan lebih baik. Buku jarang memberikan informasi tentang aksen bahasa Inggris.

JELAJAHI BUDAYA – Kamu bisa mendapat pengetahuan tentang budaya di balik bahasa tersebut saat menonton film dalam bahasa Inggris. Bahasa dan budaya memiliki hubungan yang erat. Mengapa tidak mempelajari keduanya secara bersamaan dengan menonton film?

Rekomendasi Film Untuk Belajar Bahasa Inggris

Bagaimana, Sobat Glos? Sudah siapkan popcornmu? Berikut Top 10 Film untuk Belajar Bahasa Inggris! Cocok untuk ditonton siapa saja! 

1. Finding Nemo (2003)

“Finding Nemo” adalah film animasi Inggris tentang ikan badut bernama Marlin yang kehilangan putranya Nemo. Ini adalah pilihan bagus buat kamu yang mencari film untuk belajar bahasa inggris pemula. Dalam perjalanan, ia bertemu ikan lain bernama Dory. Bersama-sama, mereka memulai petualangan luar biasa untuk menemukan Nemo melintasi lautan luas! Saya tidak ingin mengungkapkan spoiler apa pun, tetapi ini adalah film yang bagus untuk ditonton oleh semua penonton—salah satu film animasi terbaik sepanjang masa!

2. The Terminator (1984)

Serial “The Terminator” adalah cerita tentang perang antara mesin kecerdasan buatan (AI) dan manusia yang sedang terjadi di masa depan. Ketika manusia mulai memenangkan perang, mesin AI ini mengirim mesin pembunuh kembali ke masa lalu. Tujuan mereka adalah untuk mencoba dan membunuh pemimpin perlawanan manusia, John Connor dan keluarganya. Ini adalah film fiksi ilmiah mendebarkan yang benar-benar unik dalam genre ini.

3. Titanic (1997)

“Titanic” adalah salah satu film paling terkenal sepanjang sejarah pembuatan film. Film “Titanic” juga cocok sebagai film untuk belajar bahasa inggris pemula. Berdasarkan kisah kehidupan nyata, itu menceritakan kembali kisah cinta antara Rose DeWitt Bukater (putri dari keluarga kaya) dan Jack Dawson (artis miskin yang menyelinap ke kapal). Film ini memiliki beberapa adegan yang sangat menarik yang menunjukkan peristiwa di atas kapal RMS Titanic sebelum tenggelam (salah satu kapal penumpang termegah saat itu).

Titanic juga merupakan rumah bagi lagu terkenal “My Heart Will Go On” oleh Céline Dion, yang mungkin pernah kamu dengar. Lagu klasik sepanjang masa yang hebat, dan mahakarya dengan kompleksitas teknis yang luar biasa! Kamu akan mendengarnya di film ini. Hampir setiap penutur bahasa Inggris di seluruh dunia telah menonton film ini, dan tahu lagu ini. Jadi kamu akan mendapatkan pelajaran budaya yang luar biasa jika menonton “Titanic” saat sedang belajar bahasa Inggris melalui film.

4. Harry Potter (2001 – 2011)

Jika kamu menyukai cerita tentang sihir, kamu pasti ingin belajar bahasa Inggris dengan film-film dari seri “Harry Potter”. Harry Potter adalah salah satu rekomendasi film untuk belajar bahasa inggris british. Film ini akan membawamu melewati misteri Hogwarts dan dunia sihir. Harry Potter adalah serial buku tujuh (dan seri film delapan bagian) tentang pertempuran antara penyihir baik dan penyihir jahat. Cerita berpusat di sekitar karakter utama Harry Potter dan Lord Voldemort yang jahat. Setelah kamu menonton ini, keajaiban tidak akan pernah sama lagi.

5. Star Wars (1977)

“Star Wars” adalah serial film keren lainnya, namun seri ini tidak difilmkan secara berurutan. Secara keseluruhan, cerita ini mengikuti akhir dari pertempuran panjang antara dua kekuatan alam semesta yang berlawanan, Jedi Order dan Sith Lords. Dalam serial Star Wars, diyakini ada Kekuatan yang menyatukan alam semesta. Sementara Jedi Order percaya pada belas kasih dan kebaikan dalam menggunakan “Force” ini, Sith Lords percaya dalam menggunakan Force melalui kebencian, kemarahan, kecemburuan, dan perasaan negatif lainnya. Dalam pertempuran seribu tahun antara kedua belah pihak ini, para ksatria Jedi dan Sith Lords bentrok dalam urutan yang mendebarkan sepanjang enam film. Tidak ada film lain seperti Star Wars…jelas merupakan serial film untuk belajar bahasa Inggris yang sangat seru!

6. Lord Of The Rings (2001 – 2003)

“Lord of the Rings” adalah salah satu seri film terbesar dalam kategori sihir. Terletak di tanah Middle Earth, ada tiga ras utama yaitu kurcaci, manusia, elf, serta ras lain seperti Hobbit, orc, dan manusia serigala. Serial ini mengikuti plot gelap pemberontakan yang dipimpin oleh Sauron, makhluk paling jahat di seluruh negeri pada waktu itu. Untuk melawan kejahatan ini, sekelompok kecil pejuang mengambil misi berani untuk menghancurkan sebuah cincin yang dikatakan memegang kekuatan Sauron sendiri, yang berarti jatuhnya Sauron dengan kehancurannya.

7. Pirates of The Carribean (2003)

“Pirates of the Caribbean” adalah serial film tentang bajak laut! Setiap film mengikuti petualangan Jack Sparrow, kapten Black Pearl (nama kapal Jack), dan itu dimulai di film pertama setelah upaya Jack untuk mendapatkan kembali kapalnya, yang dicuri darinya. Dalam film-film berikutnya, Jack melanjutkan untuk menemukan Dada Orang Mati, yang berisi hati Kapten Davy Jones, seseorang yang dia berhutang budi. Akhirnya, Jack terpaksa mencari Fountain of Youth, yaitu air mancur ajaib yang menjanjikan peminum awet muda. Belum pernah ada film untuk belajar bahasa inggris yang lebih seru di mana kamu bisa bersenang-senang dengan bajak laut.

8. Toy Story (1995)

Film animasi seperti Toy Story adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris khususnya bagi pemula. Mereka biasanya ditujukan untuk anak-anak, yang berarti kosakatanya sederhana. Namun, Toy Story telah ditulis sedemikian rupa sehingga menyenangkan untuk orang dewasa juga. Itu bahkan mencakup beberapa humor dewasa yang halus yang mungkin tidak dimengerti anak-anak!

Toy Story adalah salah satu film tersukses sepanjang masa yang dibintangi oleh Tom Hanks sebagai pengisi suara karakter utama Woody. Ada tiga film Toy Story, yang semuanya penuh aksi, mahakarya penuh warna tentang ‘kehidupan rahasia’ mainan yang menjadi hidup saat tidak ada orang di sekitar. Di film pertama, Woody bertemu mainan baru, Buzz. Semua film berfokus pada teman Woody dan Buzz saat mereka melalui berbagai petualangan bersama.

9. The King’s Speech (2010)

Ada rekomendasi film untuk belajar bahasa inggris british dengan King of England? Ketika The King’s Speech keluar pada tahun 2010 itu segera menjadi salah satu film terbesar tahun ini, dibintangi Colin Firth sebagai Raja George VI. Film ini mengikuti Raja George saat ia mencoba mengatasi kegagapan sebelum siaran radio masa perang pertamanya. ‘Gagap’ adalah masalah bicara ketika seseorang berbicara dengan suara atau kata-kata yang berulang. Ini adalah film yang bagus untuk meningkatkan pronunciation karena keseluruhan film berfokus pada bagaimana berbicara bahasa Inggris dengan benar.

10. The Theory of Everything (2014)

The Theory of Everything adalah sebuah ‘biopic’, yang berarti menceritakan kisah nyata kehidupan seseorang, biasanya seseorang yang terkenal. Film asal Inggris ini bercerita tentang Stephen Hawking, salah satu ilmuwan paling terkenal di dunia. Ini berfokus pada hubungannya dengan Jane Wilde dan penyakitnya, yang melumpuhkannya. Menjadi lumpuh berarti Hawking tidak bisa berjalan dan berada di kursi roda.

Salah satu alasan mengapa The Theory of Everything menjadi film yang bagus untuk membantu kamu belajar bahasa Inggris adalah karena karakternya memiliki aksen Inggris yang sangat jelas. Beberapa bagian dari film ini mengambil setting di Universitas Cambridge, salah satu institusi akademik paling terkenal di Inggris. Banyak karakter berbicara ‘Ratu’. Ini berarti bahasa Inggris kelas atas atau “mewah”, yang jelas dan benar.

Sekian rekomendasi top 10 film untuk belajar bahasa Inggris untuk kamu! Mungkin beberapa aksen dan bahasa gaul akan sulit dipahami, tetapi itu lah salah satu proses belajar! Ini adalah beberapa film untuk belajar bahasa inggris yang paling terkenal dalam sejarah film, jadi kami harap kamu menikmati menontonnya! Glolingo sangat bersemangat untuk belajar bahasa Inggris melalui film dan sumber video lainnya. Dengan ini, kami harap kamu juga bersemangat untuk belajar bahasa inggris melalui program kursus online di Glolingo!  🙂

Oleh: Anastasia Vika

Baca: Tips Belajar Online di Masa Pandemi Covid-19

Leave your thought here

Your email address will not be published.

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping