Blog

Incaran Semua Pelajar, Ini dia 5 Tips Lolos Beasiswa LPDP!

Uncategorized

Incaran Semua Pelajar, Ini dia 5 Tips Lolos Beasiswa LPDP!

Beasiswa LPDP – Melanjutkan studi ke luar negeri dengan beasiswa adalah impian semua pelajar. Pemerintah Indonesia menyediakan program beasiswa untuk putra-putri terbaik bangsa yang ingin mengejar pendidikan berkualitas, yaitu LPDP. Penasaran apa itu beasiswa LPDP? Simak artikel berikut ya! 

Apa itu Beasiswa LPDP?

LPDP adalah singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Dikutip dari laman resmi www.lpdp.kemenkeu.go.id, LPDP berkomitmen untuk mempersiapkan generasi yang lebih baik dan profesional di masa depan serta mendorong inovasi demi terwujudnya Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan berkeadilan. Beasiswa LPDP adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi terbaik di dalam dan di luar negeri. 

Singkatnya, beasiswa LPDP adalah program pendanaan pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM (sumber daya manusia) Indonesia dengan harapan untuk memajukan bangsa. 

5 Tips Lolos Beasiswa LPDP

Nah, sudah tahu kan apa itu beasiswa LPDP? Lalu, bagaimana sih cara mendapat beasiswa LPDP agar bisa lanjut studi di kampus terbaik? Berikut tips nya!

1. Perhatikan Ketentuan Pada Seleksi Administrasi

Tahap awal proses seleksi beasiswa LPDP adalah screening dokumen. Maka dari itu, kamu tidak boleh ceroboh dan harus teliti dalam mengisi semua dokumen yang diperlukan dan jangan sampai melewati batas waktu. Perhatikan apa saja persyaratan dokumen yang diperlukan dan siapkan dari jauh-jauh hari. Seleksi administrasi program beasiswa lumayan memerlukan persyaratan dokumen yang cukup banyak. 

2. Persiapkan Essay dan Rencana Studi dengan Baik

Mempunyai essay yang bagus dan menarik adalah kunci keberhasilan agar kamu lolos seleksi tahap administrasi. Kamu juga akan diminta untuk membuat rencana studi (study plan) yang jelas dan terarah sesuai dengan cita-cita masa depanmu. Pikirkan dengan matang apa rencanamu kedepannya serta jangan lupa menentukan program jurusan dan universitas incaran mu. Dalam menulis essay pun kamu tidak boleh sembarangan. Ada beberapa aturan yang harus kamu ikuti dalam menulis essay yaitu: Pembukaan, Isi, Penutup. Pastikan essay yang kamu tulis memiliki struktur seperti itu ya! 

3. Meningkatkan Skor TOEFL dan IELTS 

Kemampuan bahasa merupakan faktor penting yang wajib dimiliki bagi semua peserta beasiswa. Salah satu cara mendapat beasiswa LPDP adalah memiliki kemampuan bahasa asing yang baik. Kemampuan bahasa dapat dibuktikan dengan sertifikat bahasa seperti TOEFL atau IELTS. Terdapat ketentuan skor yang ditetapkan oleh LPDP untuk program magister di luar negeri yaitu yaitu TOEFL iBT 80, IELTS 6,5, TOEIC 800 atau TOAFL 550. Bagi kamu yang akan mendaftar program doktoral luar negeri, skor minimal yang ditetapkan adalah TOEFL iBT 94, IELTS 7,0, TOEIC 850, atau TOAFL 550. Jika skor mu masih dibawah standar yang ditetapkan tersebut, tingkatkan dengan perbanyak latihan dan coba kembali tesnya. Kalian juga bisa mengikuti kursus online TOEFL/IELTS Preparation di Glolingo loh! 

4. Waspada akan informasi palsu (hoax)

Di zaman teknologi seperti sekarang ini, banyak informasi yang beredar di sekeliling kamu dan itu tidak semuanya menguntungkan. Maka, ada baiknya kamu memilah informasi dengan benar dan cari sumber yang jelas. Pastikan semua informasi yang kamu dapatkan itu kredibel, namu apabila kamu ragu, dipersilahkan untuk bertanya langsung ke pihak LPDP atau hubungi seseorang atau mentor yang merupakan alumni dari program LPDP ini, agar kamu bisa dibimbing dan tidak salah mengenai informasi tersebut. Dengan begitu, kamu juga bisa menanyakan perihal kelengkapan persyaratan dokumen, bagaimana penulisan essay atau rencana studi yang baik, dan lainnya.

 5. Letter Of Acceptance 

Letter of Acceptance (LoA) ini sifatnya tidak wajib atau unconditional. LoA adalah surat resmi dari universitas yang menyatakan bahwa seseorang telah diterima di kampus tersebut. Walaupun tidak wajib, namun apabila kamu mempunyai Letter of Acceptance (LoA) dari Universitas yang kalian incar maka peluang kamu untuk lolos akan semakin tinggi. Karena, LoA akan menjadi poin plus untuk kamu sebagai kandidat penerima beasiswa.

Bagaimana, Sobat Glos? Apakah kamu sudah siap mendaftar program beasiswa LPDP? Glolingo menyediakan kursus online persiapan TOEFL dan IELTS sebagai dokumen yang dibutuhkan untuk kamu yang berminat untuk mengejar beasiswa LPDP ini. Yuk daftar sekarang! 

Oleh: Anastasia Vika

Baca: 8 Alasan Mengapa Kuliah di Luar Negeri Itu Seru Banget!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping