Blog

Cara Belajar Yang Benar untuk Hasil Yang Optimal

daily post English Tips and Tricks

Cara Belajar Yang Benar untuk Hasil Yang Optimal

Cara Belajar Optimal – Era digital seperti saat ini memberikan keuntungan untuk bisa belajar dengan memanfaatkan internet. Banyak source pengetahuan yang bisa kita dapatkan secara gratis. Oleh karena itu bisa dibilang salah satu skill paling penting saat ini adalah belajar caranya belajar. Tips berikut ini terinspirasi dari tweet M Faiz Ghifari yang dirangkum dari buku How to Learn dari Dr Barbara Oakley.

Baca: Teknik Belajar Kamu Kuno? Ganti yang Zaman Now Biar Gak Bosan!!!

1. Focussed vs Diffused Mode

Bagaimana kita bisa memahami apa yang sedang kita pelajari tentunya sangat tergantung pada fokus. Saat belajar, ada saat dimana pikiran kita fokus dan ada juga momen ketika pikiran kita mikir kemana-kemana. Momen dimana pikiran kita tidak fokus disebut diffuse mode. Mode ini sama pentingnya dengan focused mode (momen dimana pikiran kita sedang fokus).

Its okay, kalau misalnya kita sedang merasa mentok saat belajar hal baru seperti belajar bahasa inggris. Pada saat itu terjadi, jangan memaksa otak kita untuk terus fokus. Tapi beri waktu jeda untuk istirahat, short nap, meditasi, ganti bacaan atau subjek belajar, dan lain-lain.

2. On Memory

Menurut Dr Oakley, secara umum memori kita dibagi menjadi dua yaitu working memory dan long term memory. Working memory memiliki 4 slot untuk menampung informasi. Sedangkan Long term memori memiliki slot yang lebih banyak. Working memory seperti papan tulis yang tidak efisien, sedangkan long term memory ibarat gudang besar.

Tujuan kita adalah memindahkan item informasi dari working memory ke long term memory. Terus caranya gimana?. Caranya dengan spaced repetition yaitu teknik untuk mengulang hal yang ingin kita pelajari, tetapi dengan jeda antara masing-masing pengulangan. Menurut riset, pengulangan 20 x dalam semingu, jauh lebih efektif daripada pengulagan 20 x dalam sehari.

3. Illusions of competence in learning

Stabilo/highlight harus dilakukan dengan hati-hati. Usahakan tidak banyak highlight, mungkin 1 highlight per paragraf. Ada yang lebih baik yaitu denga merangkum. Setelah kita membaca atau mendengarkan, coba recall intisari dari materi tersebut dan tulis dalam bentuk notes. Pada saat merangkum, bisa dicoba dengan pindah tempat untuk membiasakan otak kita merecall info tersebut dalam konteks yang berbeda.

Proses belajar ala Dr Oakley pertama baca silabus untuk mendapatkan gambaran dari materi yang ingin kita pelajari. Kedua, mencari pemisalan/analogi dari materi tersebut. Ketiga, merangkum dan recall indo yang sudah kita pelajar. Idealnya pake spaced repetition. Nah, terakhir jangan lupa tidur. Tidur itu penting, sebab saat tidur otak kita akan membuang zat beracun yang dapat menghambat proses pembelajaran. Selain itu otak akan menguatkan koneksi neuron yang penting dan memudarkan koneksi yang tidak penting. Usahakan belajar 1-2 jam sebelum tidur.

Nah itu tips yang penting banget supaya cara kita belajar bisa membuahkan hasil optimal. Kalau mau belajar bahasa inggris, glolingo juga akan memberikan tips-tips menarik lainnya. Selain kemampuan bahasa inggris, kamu juga dapat memperoleh tips self improvement yang lain. Kamu bisa kepoin instagramnya atau ada admin yang siap membantu kamu di web ini juga. Semangat belajar 🙂

Penulis

Afriana Ajeng NL (@affr21)

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *