Tips Belajar Online di Masa Pandemi COVID-19

Uncategorized

Tips Belajar Online di Masa Pandemi COVID-19

Belajar Online Masa Pandemi – Halo Sobat Glolingo! Pada masa pandemi, kalian yang berstatus pelajar atau mahasiswa pasti dituntut untuk belajar secara daring.

Bagaimana rasanya belajar dari jarak jauh dan menggunakan teknologi yang serba online?

Tips Belajar Online di Masa Pandemi COVID-19
source: https://www.freepik.com/premium-photo/studying-with-video-online-lesson-home_9736681.htm#page=1&query=study%20online&position=2

Waha tentunya menjadi tantangan tersendiri ya, Glos. Nah kali ini Glolingo ingin berbagi tips belajar online di masa pandemi COVID-19 agar belajarmu tetap seru dan happy.

1. Atur Jadwal Belajarmu

source: https://www.freepik.com/free-psd/top-view-checklist-with-mock-up-concept_9414838.htm#query=study%20list&position=3

Banyak menghabiskan waktu di rumah, jangan sampai membuat kalian menjadi kaum rebahan ya, Glos. Yuk ubah rutiniasmu menjadi lebih produktif.

Apalagi ini menginjak semester awal sehingga kamu harus lebih baik daripada semester kemarin.

Cobalah untuk menyusun jadwal belajar sebagaimana yang biasa kamu lakukan di sekolah. Misalnya pukul sekian kamu sekolah online, lalu istirahat selama 30 menit, kemudian kembali lagi bersekolah online atau mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru/dosen.

Walaupun hari-hari kalian sekolah online seperti belajar di rumah namun jangan lupa untuk meluangkan waktu belajar individu. Baik untuk mereview pelajarah hari ini atau mempersiapkan materi pelajaran untuk besok.

2. Pola Hidup Sehat

source: https://www.freepik.com/free-photo/girl-granola-honey-blue-white-natural_1233891.htm#page=1&query=healthy%20food&position=3

Agar kamu tetap melakukan kegiatan online secara lancar dan efektif, jangan lupa untuk tetap menjaga kondisi tubuh ya.

Kamu harus menjaga kesehatan dengan melakukan pola hidup yang sehat dan istirahat yang cukup. Jangan sampai begadang. Jika ada banyak tugas, lebih baik tidur di awal lalu nanti bangun di awal untuk mengerjakan tugas.

Apalagi saat ini musim pandemi, jadi harus update kondisi tubuh kalian ya, Glos. Bisa juga kalian menambah daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi vitamin. Stay Healthy!

3. Diskusi Via Online

source: https://www.freepik.com/free-vector/messages-concept-illustration_5911276.htm#page=1&query=chat&position=2

Di rumah aja jangan sampai membatasi dirimu untuk tidak melakukan interaksi dengan orang lain atau temanmu. Gunakan sosial media untuk melakukan interaksi baik bertanya kabar atau berdiskusi.

Hal ini tidak akan membuat interaksi sosialmu hilang walau tidak bertemu teman.

Kamu juga bisa mendiskusikan pelajaran atau mata kuliah yang dibingungkan bersama teman.

Berdiskusi bersama teman adalah salah satu metode belajar yang efektif, karena kamu dapat secara bebas saling mengeksplorasi dan membantu. Kamu dapat menemukan teman yang kamu yakini mampu mendukungmu dalam belajar.

4. Jaga Semangat Belajar

Untuk menjaga konsistensi selama belajar online, kamu perlu mempertahankan semangat belajarmu selama pandemi. Minimnya bertemu orang lain, terkadang membuat kita mudah kehilangan motivasi.

Sehingga menjaga semangat belajar dapat kamu lakukan dengan cara rutin membaca atau mendengarkan hal – hal yang inspiratif, menyeimbangkan diri dengan kegiatan yang menyenangkan, seperti melakukan hobby saat weekend, berolahraga, atau membantu keluarga.

Walaupun tugas menumpuk banyak, namun belajar terus menerus juga tidak baik, sobat Glolingo. Sesekali lakukan hal – hal yang mampu membangkitkan semangatmu agar siap untuk menjalani hari dengan lebih optimal dan semangat ya.

5. Gunakan Platform Belajar Online

Tips Belajar Online di Masa Pandemi COVID-19

Masa pandemi yang membuat kita di rumah terus sering kali membuat mudah merasa bosan.

Sama halnya dalam belajar, jangan sampai kamu terus-terusan membaca atau belajar lewat buku. Sebab hal ini dapat membuatmu bosan.

Coba gunakan aplikasi atau platform belajar online agar referensi dan cara belajarmu beragam sehingga bisa mengurangi kebosanan atau kejenuhan.

Aplikasi atau Platform Belajar Online biasanya tidak hanya materi tertulis, tetapi terdapat juga video pembelajaran dan tutor yang berpengalaman untuk membantu dalam memahami materi.
Bahkan kamu tak perlu bingung mencari latihan soal, sebab telah tersedia bank soal dan try out untuk mengevaluasi kegiatan belajar yang kamu lakukan.

Begitu pula saat kamu belajar bahasa Inggris selama di rumah aja. Cobalah menggunakan aplikasi seperti Aplikasi SpeaKing dari Glolingo. Speak Up and be The King adalah Aplikasi Belajar Speaking Bahasa Inggris yang luar biasa untuk menemukan teman bicara yang sama-sama diajak ngobrol dengan bahasa Inggris.

Terdapat Aplikasi Glo-Talk juga yang bikin speaking bahasa inggris kamu makin jago.

Baca: Ngomong Sama Bule, Seru Abis Bareng Glo-Talk!

Nah itulah beberapa tips belajar seru dari Glolingo. Kamu bisa mencobanya selama belajar di rumah. Selamat mencoba.

Jika ada topik yang kamu minati untuk Glolingo bahas, silahkan share di kolom komentar ya!

Penulis

Devanda Candra Putri Nugraha

@devancpn

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping