Tetap produktif selama liburan semester dengan kegiatan ini!

kegiatan produktif liburan semester – Liburan semester adalah waktu yang ditunggu-tunggu banyak mahasiswa. Ini adalah waktu untuk pulang kampung bagi anak rantau. Selain itu, ini juga saat yang tepat untuk rehat melepas penat setelah rutinitas kuliah yang padat. Biasanya ini dijadikan waktu bebas buat mahasiswa melakukan kegiatan yang tidak bisa dilakukan selama kuliah.

source: https://www.freepik.com/free-photo/red-pink-tower-blue-hat-old-vintage-camera-shells-wooden-floor-sunshine-blue-sky-ocean-background_1235486.htm#page=1&query=holiday&position=16

Ada yang menghabiskan liburan dengan pergi piknik, berwisata untuk refreshing. Tapi ada juga yang cuma tetap di kost atau rumah, kemudian banyak tidur dan main game terus. Namun ada pula mahasiswa yang memanfaatkan liburan seemster dengan mengisi berbagai kegiatan produktif.

Berikut ini diantaranya kegiatan produktif super keren yang bisa kamu lakukan untuk mengisi liburan semester agar bermanfaat.

Ikut projek sosial/ menjadi relawan

source: https://www.freepik.com/free-photo/helping-hands-volunteer-support-community-service-graphic_3533260.htm#page=1&query=volunteer&position=3

Tidak betah merasa gabut di rumah terus, sebagian mahasiswa keluar dari zona nyaman dengan menjadi relawan atau mengikuti projek sosial. Banyak sekali kesempatan menjadi relawan atau volunteer selama menjadi mahasiswa. Mulai menjadi relawan dari projek sosial di lingkungan sekitar, atau mendaftar di suatu lembaga sosial, sampai menjadi relawan ke pelosok negeri.

Terdapat banyak manfaat yang bisa teman-teman dapatkan dengan menjadi relawan. Diantaranya, menambah pengalaman, memberikan kepuasan secara kejiwaan karena membantu dan meringankan beban oranng lain, ladang pahala, memperluas jaringan pertemanan (network), dan bisa dijadikan modal pendukung untuk melamar beasiswa perguruan tinggi di luar negeri atau melamar pekerjaan setelah lulus nanti.

Bersenang-senang dengan hobinya

source: https://www.freepik.com/premium-photo/man-home-with-glasses-reading-book_5629761.htm#page=1&query=reading&position=9

Liburan bisa dijadikan ajang untuk menyalurkan hobi yang tidak sempat dilakukan saat menjalankan rutinitas kuliah. Beraneka ragam hobi yang bisa dilakukan mahasiswa saat liburan. Misalnya ada yang hobi membaca buku, menulis, memasak, sampai berolahraga. Waktu liburan semester yang cukup panjang, sangat tepat dimanfaatkan untuk mengasah kemampuan teman-teman.

Magang di institusi atau perusahaan

Magang di perusahaan menjadi pilihan kegiatan mengisi liburan. Mahasiswa mengambil magang saat liburan karena mereka ingin mencari pengalaman nyata di dunia kerja sambil menyerap ilmu-ilmu yang sering kali tidak ditemukan di bangku kuliah.

source: https://www.freepik.com/free-photo/side-view-cropped-unrecognizable-business-people-working-common-desk_5839469.htm#page=1&query=office&position=4

Internship atau Magang biasanya dilakukan pada tempat atau perusahaan dibidang ilmu yang teman-teman tempuh atau berdasarkan minat bakat teman-teman. Misalnya, teman-teman kuliah di jurusan bahasa inggris, maka biasanya magang dilakukan di perusahaan bidang bahasa inggris seperti penerjemah, kursus bahasa inggris, dan sebagainya. Bisa juga teman-teman yang hobi menulis, bisa mengambil magang di perusahaan jurnalistik.

Membuka bisnis atau jasa

source” https://www.freepik.com/free-photo/indoor-shot-adorable-female-buyer-spending-her-free-time-boutique-standing-near-dummy-with-clothes-reading-news-online-while-using-free-internet-connection-shop-assistant-selling-clothes_9437195.htm#page=1&query=sell&position=9

Buat teman-teman yang suka berjualan atau ingin menjadi seorang entreprenuer, waktu liburan semester adalah waktu yang tepat untuk menyalurkan keinginan kalian.

Berbagai macam bisnis bisa kalian lakukukan dari rumah. Tidak perlu modal banyak dulu. Kalian bisa menjadi reseller sehingga barang yang dijual dapat dikembalikan jika tidak laku. Hal ini bisa meminimalisir kerugian.

Jika ingin menjual jasa, maka usahakan untuk memberikan jasa yang benar-benar kamu kuasai. Kamu harus melayani klien dengan profesional agar klien percaya dan puas. Hal ini bisa kamu jadikan portofolio untuk mengembangkan bisnis jasa kamu.

Jangan takut mencoba dan jangan takut gagal ya Glos. Target utamanya adalah mencari pengalaman dan mengasah kemampuan bisnis, bukan langsung mencari keuntungan. Tidak masalah memiliki tujuan profit, hanya saja untuk awal, habiskan jatah gagalmu dulu, ya Glos.

Mengikuti kursus atau training

Habiskan liburanmu dengan kegiatan produktif melalui mengasah skill lewat kursus atau training. Coba mengikuti pelatihan atau kursus yang kamu minati. Bisa kursus desain, komputer, bahasa inggris, atau kursus lainnya yang bermanfaat. Pilihlah jenis pelatihan atau kursus dengan biaya yang relatif terjangkau. Sesuaikan pula dengan durasi waktunya sehingga tidak melebihi waktu liburan teman-teman.

Baca: Dating While Learning English for FUN! – Glolingo Talk is your 2-in-1 Solution!

Selama liburan semester ini teman-teman Glolingo bisa mengambil kursus bahasa inggris atau persiapan TOEFL/IELTS melalui Glolingo. Kebetulan Glolingo sedang membuka beasiswa atau Glo-Scholarship nih teman-teman.

Glo-Scholarship merupakan program beasiswa bersyarat dari PT. DGI. Penerima beasiswa akan mendapatkan benefit seperti akses kelas, uang tunai, hingga produk terbaru PT. DGI, seperti lisensi premium aplikasi matchmaking untuk praktik speaking dengan bule di seluruh penjuru dunia!. Sementara itu, penerima beasiswa akan dinobatkan menjadi Sobat-Glos!. Sahabat-Glos dapat menyebarluaskan jasa PT. DGI, event gratis Glolingo, dan mengajak kerabatnya untuk membeli jasa yang PT. DGI miliki.

Keuntungan yang kamu dapatkan banyak banget loh! Nggak sayang melewatkan kesempatan ini? Buruan daftar melalui glolingo.com/scholarship sebelum tanggal 16 Januari 2021. Kami tunggu sobat Glos!

Penulis

Devanda C.P.N

@devancpn

Yuk share ke teman-teman kalian :

Leave a Reply