Blog

Terlalu Banyak Singkatan Bahasa Inggris di Sosmed Bikin Bingung? Nih, Contekan KHUSUS Buat Kamu

English Tips and Tricks

Terlalu Banyak Singkatan Bahasa Inggris di Sosmed Bikin Bingung? Nih, Contekan KHUSUS Buat Kamu

Ditulis oleh Dhavia R. Aziz
Content Writer Intern at Glolingo

Penggunaan singkatan bahasa Inggris dalam pesan singkat
Contoh penggunaan singkatan dalam pesan singkat

Di jaman yang semakin berkembang di era digital ini membuat batas antar negara semakin menipis karena sosial media yang juga semakin berkembang. Kita bisa ketemu dan berkomunikasi dengan banyak orang dari berbagai negara melalui sosial media. Perbedaan bahasa juga udah nggak jadi masalah ’cause we can always use English!

Eits, tapi nggak semua bahasa Inggris di sosial media itu pernah kita pelajari di sekolah, lho! That’s why mungkin kita sesekali bingung dan nggak ngerti maksud dari lawan bicara karena dia ternyata pakai singkatan-singkatan yang kurang familiar di Indonesia. Jangan khawatir, artikel ini memang dibuat khusus untuk contekan arti singkatan anti-mainstream itu!

A.K.A

Singkatan dari “also known as” dan biasa digunakan untuk merujuk pada nama lain dari seseorang atau suatu hal.

Contoh kalimat”
“Steve Jobs a.k.a The Founder of Apple Inc. died in 2011.”

ATM

Nope, ATM yang dimaksud disini bukan alat yang buat ambil uang itu ya, Glos! ATM ini adalah singkatan dari “at the moment” dan digunakan untuk menggambarkan situasi seseorang di waktu tertentu. Biasanya, singkatan ini dipakai di akhir kalimat.

Contoh kalimat:
“Hey, can I call you?”
“No, sorry, I’m busy atm.”

IRL

Nah, kalau ini adalah singkatan dari “in real life” dan bisa dipakai di tengah atau akhir kalimat. Singkatan ini dipakai untuk menunjukkan atau menjelaskan sesuatu yang terjadi di dunia nyata (bukan di internet).

Contoh kalimat:
“Yeah, I know her irl. She’s very sweet!”
“I don’t talk this much irl.”

NGL

Kepanjangan dari NGL adalah “not gonna lie“. Singkatan ini bisa dipakai di awal, tengah, maupun akhir kalimat. Di antara semuanya, sepertinya ini singkatan paling kurang sering dipakai di Indonesia. Bener nggak, Glos?

Contoh kalimat:
“Ngl, this is the most delicious cake I’ve ever eaten.”
“You’re so ridiculous, ngl.”

NVM

Singkatan dari “never mind” dan bisa dipakai di awal, akhir maupun berdiri sendiri tanpa kalimat yang mengikuti! Selain dipakai untuk menjelaskan arti sebenarnya, kamu juga bisa pakai “NVM” ini semisal orang yang kamu ajak bicara nggak paham sama maksud omongan kamu.

Contoh kalimat:
“Nvm, I’ve been through it.”

“Hey, did you know that tomorrow is Mimi’s birthday party?”
“What?”
“Well, nvm.”

Gimana, Glos? Udah nggak bingung, kan, sama singkatan-singkatan itu? Sekarang kalian juga bisa ikutan pakai singkatan itu biar keliatan jago bahasa Inggris sekalian update kosakata! Sebenarnya masih ada banyak singkatan bahasa Inggris, tapi aku simpan untuk kesempatan selanjutnya. Tunggu ya!

Sambil nunggu, kalian bisa banget cek Instagram Glolingo untuk berbagai informasi tentang kursus bahasa Inggris, IELTS dan listening exercises dan cek artikel Glolingo lainnya untuk menambah wawasan kalian tentang banyak hal!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *