Blog

Sulitkah untuk Mendapatkan Beasiswa Kuliah Di Luar Negeri?

Uncategorized

Sulitkah untuk Mendapatkan Beasiswa Kuliah Di Luar Negeri?

Apa yang ada dibenak kalian ketika mendengar kata-kata “beasiswa kuliah di luar negeri”? Pasti hal yang langsung terlintas adalah suatu hal yang keren karena bisa menimba ilmu sampai ke negeri orang. Bagi kalian yang punya mimpi untuk melanjutkan studi ke luar negeri, apalagi melalui jalur beasiswa, gak sulit lho untuk mendapatkannya. Asalkan ada niat dan juga motivasi yang kuat, pasti kalian akan bisa mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Pada artikel kali ini Glolingo akan membagikan kepada kalian cara mendapatkan, syarat, serta macam-macam beasiswa kuliah di luar negeri. Bagi yang penasaran yuk merapat, dan simak penjelasannya di bawah ini yaa!

Sulitkah untuk Mendapatkan Beasiswa Kuliah Di Luar Negeri?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, di bawah ini ada beberapa penjelasan singkat mengenai cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, syarat beasiswa kuliah di luar negeri, dan juga macam-macam beasiswa kuliah di luar negeri, sebagai tiga hal yang perlu kalian ketahui sebelum berniat untuk mengajukan beasiswa kuliah di luar negeri.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Di Luar Negeri

Berikut ada beberapa cara untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, sehingga kalian bisa mempersiapkannya terlebih dahulu sebelum berniat mengajukan beasiswa luar negeri.

  1. Memiliki Nilai Akademis yang Baik

Nilai akademis yang baik merupakan poin utama untuk bisa mengajukan beasiswa. Dengan memiliki nilai akademis yang baik dan prestasi yang baik pula, besar kemungkinan bagi kalian untuk menerima beasiswa kuliah di luar negeri.

  1. Aktif mengikuti Organisasi

Selain nilai akademis, keikutsertaan kalian dalam organisasi juga bisa menjadi pertimbangan agar kalian bisa menerima beasiswa. Dengan aktifnya kalian dalam mengikuti kegiatan organisasi ataupun ikut serta dalam suatu kegiatan bakti sosial, bisa menjadi nilai tambah, dan juga kalian akan dinilai sebagai individu yang sudah memiliki pengalaman dalam berinteraksi dengan orang banyak di lingkungan yang luas.

  1. Memiliki Kemampuan Bahasa Asing yang Mumpuni

Kemampuan berbahasa asing, baik itu bahasa Inggris atau bahasa setempat di negara tempat kamu melanjutkan studi, merupakan suatu hal penting yang harus kamu kuasai. Untuk mengukur kemampuan berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris, dilakukan yang namanya tes TOEFL dan juga IELTS, dimana ada minimal skor yang harus dicapai, yaitu skor di atas 550 untuk TOEFL dan skor di atas 6,5 untuk IELTS.

  1. Tentukan Jurusan Serta Universitas yang Tepat

Hal yang kedua adalah kalian harus menentukan jurusan dan juga universitas yang tepat. Kenapa demikian? Karena jika sampai kalian salah memilih jurusan dan juga universitas, hal ini akan berpengaruh bagi diri kalian saat melakukan studi serta untuk dimasa yang akan datang. Jadi pastikan untuk memilih jurusan serta universitas yang tepat, dan jangan lupa untuk cari informasi lebih jauh mengenai jurusan dan juga syarat untuk mendaftar di universitas yang kalian pilih, sehingga kalian bisa mempersiapkan segalanya sejak dini sebelum melakukan pendaftaran.

  1. Siapkan CV, Surat Rekomendasi, dan Motivation Letter

Ketiga hal tersebut merupakan dokumen penting yang harus kalian siapkan jika ingin mengajukan beasiswa kuliah di luar negeri. Buat CV, surat rekomendasi, serta motivation letter dengan baik dan benar, sehingga bisa meyakinkan pihak pemberi beasiswa untuk menjadikan kalian sebagai penerima beasiswa yang sesuai.

  1. Yakin dan Memiliki Motivasi yang Tinggi

Ini adalah poin penting untuk dari cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Tanpa adanya keyakinan dan juga motivasi, sudah pasti kalian akan sulit mendapatkan apa yang ingin kalian capai. Jadi pastikan kalian harus yakin untuk melanjutkan studi kalian ke universitas luar negeri impian kalian, jangan sampai timbul adanya rasa ragu karena hal itu akan menghambat kalian dalam mengambil keputusan.

Selain itu tingkatkan juga motivasi kalian untuk kuliah di luar negeri. Hal itu juga akan mempermudah kalian dalam mengambil segala keputusan. Jika kalian sudah yakin, dan kalian juga memiliki motivasi yang tinggi untuk mengajukan beasiswa kuliah di luar negeri, sudah bisa dipastikan segala hal dalam mengajukan beasiswa akan lebih mudah dan kalian juga jadi lebih siap.

Syarat Beasiswa Kuliah Di Luar Negeri

Setelah di atas tadi telah dijelaskan 6 cara mendapatkan beasiswa luar negeri, sekarang yang perlu kalian ketahui adalah syarat beasiswa kuliah di luar negeri. Kira-kira apa saja syarat yang diperlukan untuk mengajukan beasiswa luar negeri, yuk disimak!

  1. CV

Siapkan CV untuk mengajukan beasiswa yang berisi data diri, latar belakang pendidikan, pengalaman organisasi, keikutsertaan dalam seminar dan pelatihan, serta kemampuan atau skill. Susun semua itu dengan baik dan benar, sebab CV kalian akan menjadi penentu untuk kalian bisa menerima beasiswa.

  1. Transkrip Nilai

Siapkan transkrip nilai terakhir kalian yang sudah dilegalisir karena dari sinilah nilai akademis kalian dilihat, apakah sudah mencapai minimal yang ditentukan atau belum.

  1. Motivation Letter

Siapkan motivation letter yang berisi latar belakang keinginan kenapa kalian ingin mengajukan beasiswa kuliah di luar negeri. Buat secara baik dan benar, sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan apakah kalian pantas menerima beasiswa tersebut atau tidak.

  1. TOEFL dan IELTS

TOEFL dan IELTS menjadi persyaratan penting lainnya untuk kalian bisa mengajukan beasiswa luar negeri. Pastikan skor kalian sudah mencapai atau melebihi skor minimal yang ditentukan. Biasanya untuk skor TOEFL minimal 550 atau di atas 550, dan untuk IELTS minimal 6,5 atau di atas 6,5.

  1. Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi adalah surat yang berasal dari pihak kedua, seperti kepala sekolah, dosen, atau rektor dari tempat kalian bersekolah atau kuliah. Surat ini diperlukan karena bisa menjadi penilaian penting bagi kalian untuk bisa mendapatkan beasiswa.

  1. Paspor

Paspor juga penting untuk kalian ketika ingin mendaftar beasiswa luar negeri karena ini akan menjadi tanda pengenal yang kalian gunakan. Jadi, jangan lupa untuk persiapkan juga paspor kalian.

Macam-Macam Beasiswa Kuliah Di Luar Negeri

Setelah tadi sudah dijelaskan dua hal mengenai beasiswa kuliah di luar negeri, yaitu cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri dan juga syarat beasiswa kuliah di luar negeri, sekarang kita masuk ke poin terakhir, yaitu macam-macam beasiswa kuliah di luar negeri.

  1. Beasiswa DAAD

DAAD adalah beasiswa yang berasal dari negara Jerman, dan setiap tahunnya ada sekitar 70.000 beasiswa yang diberikan. Bagi para penerima beasiswa ini, mereka akan menerima beberapa bantuan biaya, diantaranya ada tunjungan biaya kuliah, biaya perjalanan, asuransi kesehatan, dan tunjangan lainnya.

  1. Beasiswa Australia Awards (AAS)

Beasiswa ini adalah beasiswa yang berasal dari negara Australia, dengan jenjang studi S2 dan S3. Benefit yang akan didapatkan bagi penerima beasiswa ini ada tunjangan biaya kuliah, tunjangan hidup, pelatihan bahasa Inggris, asuransi kesehatan, tempat tinggal, tiket perjalanan pulang pergi, serta tunjangan lapangan kerja di Indonesia atau Australia.

  1. Beasiswa Fullbright

Beasiswa ini merupakan beasiswa yang berasal dari negara Amerika Serikat, dengan begitu banyak jenis program yang bisa diikuti dengan jenjang studi S2 dan S3. Akan ada cukup banyak benefit yang didapatkan, diantaranya tunjangan biaya kuliah, tunjangan biaya buku, uang saku bulanan, tiket pesawat pulang pergi, sampai dengan asuransi kesehatan.

  1. Beasiswa Erasmus

Tujuan studi untuk beasiswa ini adalah beberapa negara di Eropa, dengan dua jenis jenjang studi yang ditawarkan, yaitu doktoral dan master. Benefit yang akan didapatkan bagi penerima beasiswa ini diantaranya, tunjangan biaya kuliah, tunjangan biaya hidup, tempat tinggal, dan juga biaya perjalanan.

  1. Beasiswa Chevening

Beasiswa ini juga bisa disebut sebagai The British Chevening Awards. Beasiswa yang berasal dari Inggris ini dikeluarkan oleh Foreign and Commonwealth Office (CFO) bersama organisasi mitra. Beasiswa ini memberikan beberapa keuntungan, yaitu penerima akan mendapatkan tunjangan biaya hidup, biaya perjalanan pulang pergi, tunjangan kedatangan, uang saku bulanan, biaya thesis, biaya bahan studi, serta biaya visa.

  1. Beasiswa Monbukagakusho

Beasiswa ini merupakan beasiswa yang berasal dari negeri sakura, Jepang, dan dikeluarkan langsung oleh kedutaan besar Jepang di Indonesia. Keuntungan yang akan didapat bagi para penerima beasiswa ini diantaranya, tunjangan biaya kuliah, tiket pesawat pulang pergi, dan juga uang saku bulanan.

Nah, itu tadi 3 hal yang perlu kalian ketahui mengenai beasiswa kuliah di luar negeri. Bagi kalian yang tadi merasa kesulitan untuk mendapatkan beasiswa luar negeri, gimana sudah pahamkan apa saja yang harus kalian siapkan? Setelah melihat macam-macam beasiswa kuliah di luar negeri kalian juga sudah bisa menentukan kan mau apply beasiswa di mana. Semangat terus ya bagi kalian si pejuang beasiswa. Usaha tidak akan mengkhianati hasil kok!Bagi kalian yang mau apply beasiswa dan sekiranya butuh bimbingan, kalian bisa lho ikut bimbingan beasiswa di Glolingo. Bersama Glolingo kalian akan diarahkan mengenai seluk beluk beasiswa luar negeri, sehingga kalian siap untuk apply beasiswa yang kalian inginkan. Untuk informasi lebih lanjut bisa cek website Glolingo atau social media Glolingo yang lainnya!

Oleh: Nadira Ayu

Leave your thought here

Your email address will not be published.

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping