Blog

Stress saat Pandemi? Yuk Check Kesehatan Mental Kamu

Uncategorized

Stress saat Pandemi? Yuk Check Kesehatan Mental Kamu

Monica Shareen “You must learn to let go. Release the stress. You were never in control anyway”-Steve Maraboli

Stress saat Pandemi? Yuk Check Kesehatan Mental Kamu
source: https://www.freepik.com/free-photo/agency-young-adult-profession-stressed-black_1077974.htm#page=1&query=stress&position=4

Masa pandemi memberikan banyak perubahan. Tidak hanya perubahan secara fisik, tetapi perubahan secara psikis. Selama Pandemi Covid, banyak orang mengalami perubahan pola aktivitas sehari-hari. Kurangnya kontak fisik, sosial, lingkungan, dan paparan sinar matahari mempengaruhi kesehatan jiwa kita.

Oleh karena itu, saya akan membahas tanda-tanda seseorang mengalami stress/gangguan mental. Kemudian, saya akan membagikan beberapa solusi untuk mengatasi kondisi tersebut.

Menurut klikdokter.com, ada beberapa indikator tanda-tanda seseorang mengalami gangguan kesehatan mental:

1. Perubahan emosi secara cepat dan mudah tersinggung. Adanya perubahan emosi yang cepat atau dalam waktu pendek dan tanpa sebab.

2. Perubahan fisik seperti lelah dan lemas terus-menerus. Orang yang memiliki tekanan mental memiliki gangguan pola tidur dan makan yang ekstrim seperti rasa ingin tidur terus-menerus atau sulit untuk tidur (insomnia).

3. Perubahan perilaku berbeda dengan perilaku biasanya seperti menarik diri dari keramaian, mengabaikan kewajiban, menyalahgunakan obat-obatan atau alkohol.

4. Perubahan psikologis sangat bervariasi dan dapat memburuk seiring waktu seperti rasa pesimis, sikap negatif terhadap diri sendiri, orang lain, dan kehidupan, bahkan adanya keinginan untuk bunuh diri

5. Perubahan kognitif seperti  penurunan kemampuan daya ingat, sulit berkonsentrasi, dan kekhawatiran yang berlebihan.

Untuk mempertahankan kesehatan jiwa Anda selama pandemic, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Lakukan aktivitas fisik. Pilihlah aktivitas fisik yang ringan seperti olahraga yang menenangkan dan relaksasi seperti yoga, meditasi, latihan pernapasan, dan seterusnya.

2. Asupan makanan yang bernutrisi. Pertahankan pola makan yang teratur dengan gizi yang seimbang. Tubuh yang sehat dapat menjaga kesehatan mental secara langsung maupun tidak langsung.

3. Jauhi perilaku buruk. Jangan merokok atau minum alkohol ketika stress, tetapi istirahat yang cukup.

4. Manjakan diri. Mencari hobi, mencari hiburan, dan melakukan hal baru.

Baca: Pasti Bisa Membangun Kebiasaan Baru dengan Cara ini

5. Cur-hat(Curahan hati). Carilah teman atau orang yang cukup dewasa mendengarkan keluh kesah Anda dan dapat memberikan nasihat, motivasi, dan bantuan jika Anda memiliki kesulitan.

6. Lakukan kegiatan bersama orang atau hewan yang Anda sayangi. Anda bisa menonton, bermain, dan makan shabu-shabu di rumah bersama keluarga. Jika Anda memiliki hewan, Anda bisa mengajak hewan Anda bermain atau jalan-jalan di sekitar rumah.

6. Memilah informasi yang kita terima. Paparan informasi seputar pandemic secara terus-menerus menimbulkan kecemasan yang berlebihan. Oleh karena itu, kita harus membatasi atau mengurangi informasi mengenai pandemi.

Jadi kesimpulannya, teman-teman Glos harus menjaga kesehatan tubuh dan juga kesehatan jiwa karena keduanya sama-sama penting. Tips-tips di atas bisa menjadi panduan teman-teman untuk tetap sehat dan bahagia.

Buat teman-teman Glos, kalian juga bisa mencari hiburan agar tidak stress dengan memanfaatkan fitur dari Glolingo yaitu Aplikasi Speaking matchmaking. Disini kamu bisa belajar berbicara bahasa inggris dengan partner atau native speaker lho. Untuk selengkapnya bisa kamu kunjungi melalui https://speakingofc.com/ dan jangan lupa follow instagramnya di https://www.instagram.com/speaking_id/ untuk konten menarik lainnya ya.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *