Soft Skill Berkembang Tanpa Perlu Jadi Budak Proker Organisasi Dengan Kegiatan Seru Ini!

Uncategorized

Soft Skill Berkembang Tanpa Perlu Jadi Budak Proker Organisasi Dengan Kegiatan Seru Ini!

Soft Skill – Kalian pernah gak sih dengar istilah mahasiswa kupu-kupu? Nah itu adalah istilah yang biasanya ditujukan buat mahasiswa yang tidak mengikuti kegiatan apapun si kampus atau bisa disebut kuliah pulang-kuliah pulang, bagi kamu yang udah semester akhir dan merasa telat untuk mengikuti kegiatan organisasi di kampus atau mungkin kurang cocok dengan cara kerja sebuah organisasi, sebenarnya banyak loh cara lain yang dapat kamu ikuti untuk lebih produktif dan mengasah skills kamu. Nah untuk itu, kali ini admin mau berbagi tips buat kamu yang terlanjur gak ikut organisasi tapi ngerasa insecure karena punya pengalaman yang minim, nah ayok kita bahas kegiatannya satu persatu!

Gabung Kegiatan Volunteer

Kegiatan seru ini paling banyak dicari karena juga menyediakan trip ke daerah hijau secara gratis. Kegiatan volunteer ini umumnya bersifat tidak mengikat, ehhh tapi bukan berarti kamu bisa kerja seenaknya ya maksud tidak mengikat disini adalah biasanya durasi yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah tidak lebih dari 1 tahun masa jabatan dan fleksibel. Nah banyak loh jenis kegiatan relawan yang dapat kamu ikuti, seperti relawan mengajar, relawan lingkungan, relawan event, ataupun relawan kemanusiaan dan tentunya semuanya dapat disesuaikan sama passion kamu. Dari kegiatan volunteer ini kamu tentu akan dapat berbagai pengalaman yang tak terlupakan, disini kamu bisa mengasah soft skills seperti, public speaking, teamwork, leadership dan masih banyak lagi, selain itu kamu juga bisa memperluas relasi diluar kampus lhoo.

Gabung Kepanitiaan

Kegiatan ini sebenarnya hampir mirip sama kegiatan volunteer, yang mana bersifat tidak mengikat dan hanya bekerja untuk satu event saja, tapi bedanya adalah kegiatan ini biasanya dilakukan di lingkungan internal kampus, biasanya sih organisasi atau UKM di kampus akan membuka OPREC untuk menjalankan proker yang mereka miliki yang tentunya membutuhkan orang banyak. Sama seperti kegiatan volunteer, melalui kepanitiaan ini juga kamu dapat mengasah soft skills kamu, seperti time management, teamwork, creativity, dan bahkan problem solving, kalau kegiatan volunteer bisa memperlas relasi eksternal kamu, nah di kepanitiaan ini kamu bisa dapat teman-teman baru dari berbagai jurusan dan angkatan yang ada di kampus kamu.

Mengikuti Magang

Magang ini penting banget sih untuk dilakukan, karena dengan magang kamu sudah bisa dianggap sedang melakukan ‘belajar kerja’ nah dengan magang ini tentunya kamu dapat mengasah skill kamu yang nantinya berhubungan dengan pekerjaan yang kamu inginkan. Nah selain soft skills, kamu juga bisa loh mengasah hard skills kamu, karena di kegiatan ini kamu biasanya dapat arahan dari senior-senior yang sudah berpengalaman di bidang tersebut. Belum lagi kalau kinerja kamu sangat memuaskan, kamu bisa loh langsung ditawari untuk kerja di perusahaan tersebut. Btw, Glolingo sering loh ngadain open recruitment magang, kamu bisa follow instagram kita disini biar gak ketinggalan info magang dari kami!

Mengikuti Lomba

Mengikuti lomba bisa loh memberikan manfaat bagi kamu, apalagi kalau kamu jadi pemenang di lomba tersebut. Sekarang ini banyak banget lomba-lomba yang dapat kamu ikuti, misalnya kamu punya hobi nulis, kamu bisa ikut lomba menulis cerpen atau menulis artikel pendek atau bahkan menulis essay. Kalau kamu misalnya lebih pede secara lisan, kamu bisa ikut lomba debat atau speech contest. Dengan ikut lomba itu kamu tentu dapat meningkatkan soft skills kamu, seperti critical thinking dan keinginan untuk belajar. Bahkan lomba juga bisa loh mengasah hard skills kamu, misal kamu ikut lomba menulis artikel bahasa inggris nah tentu kamu dapat meningkatkan keahlian bahasa inggris kamu loh glos. Ikut lomba juga bisa menjadi bukti bahwa kamu memang memiliki keahlian dan ketertarikan dalam bidang tersebut.

Menjadi Peserta MUN

Kalau kamu punya cita-cita untuk kerja di PBB, kamu bisa loh menjadi delegasi di MUN, nah MUN atau Model United Nations ini adalah sebuah kegiatan simulasi sidang PBB, di mana nanti seluruh peserta menjadi delegasi sebuah negara untuk melakukan diskusi mengenai topik yang telah diberikan. Melalui MUN ini juga kamu dapat meningkatkan skills public speaking, teamwork, dan critical thinking, karena di MUN ini mengharuskan kamu untuk melakukan riset mengenai topik yang akan dibahas.

Dalam kegiatan ini semua dilakukan menggunakan bahasa inggris, nah hal ini tentu dapat meningkatkan kemampuan bahasa inggris kamu baik lisan maupun tertulis. Kamu bisa improve bahasa inggrismu melalui Glolingo loh. Ada inovasi dari Glolingo yaitu Aplikasi Speaking matchmaking, sebuah aplikasi Speaking platform with matchmaking yang akan membantu kamu dalam meningkatkan keahlian speaking bahasa inggris kamu. Cobain deh disini!

Baca: Kelas dan tes IELTS

Mengikuti Kursus Online

Semenjak pandemi, situs kursus online menjadi sangat terkenal dan diminati oleh banyak orang, di mana kamu dapat mempelajari bidang-bidang yang kamu minati, selain itu di kursus online ini kamu dapat mendapat ilmu dari tenaga pengajar di universitas-untiversitas ternama di dunia. Situs yang sering dibicarakan antara lain adalah coursera, udemy, dan edx tak sedikit juga dari situs tersebut menyediakan kursus gratis hingga akhir term (ya walaupun kamu harus bayar sih kalau mau dapat sertifikat hehe) tapi walaupun gak dapet sertifikat ilmu yang diberikan akan sangat bermanfaat loh untuk self-development kamu. Banyak bidang yang dapat kamu pelajari, seperti data science, bahasa, business management, web developer, selain itu kamu juga bisa mengikuti kursus mengenai communication skills, teamwork skills, dan decision making skills.

Kamu juga bisa ambil kursus online untuk meningkatkan skill bahasa inggris kamu loh terutama TOEFL dan IELTS. Melalui Glolingo kamu bisa dapatkan secara gratis loh. Udah dapat ilmu gratis, dapat sertifikat gratis, bahkan kamu bisa mendapatkan kesempatan dapat fresh money lhoo. Tunggu apa lagi segera daftar dan kepoin melalui instagram Glolingo.

Baca: http://glolingo.com/toefl

Soft Skill Berkembang Tanpa Perlu Jadi Budak Proker Organisasi Dengan Kegiatan Seru Ini!

Nah banyak kan kegiatan yang bermanfaat yang dapat kamu lakukan untuk mengasah skills dan lebih produktif, sekarang jangan sedih lagi ya kalau kamu kurang aktif di organisasi karena banyak cara kok yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas diri kamu. Jadi, yang mana nih kegiatan yang menarik perhatian kamu??

Ditulis oleh Lusika Mustikamaya
Pemikir Kritis Bersama Kopi Senja

Editor: Devanda @devancpn

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping