PRESENTASI KAMU BAKAL KEREN DENGAN PEMBUKA INI

daily post

PRESENTASI KAMU BAKAL KEREN DENGAN PEMBUKA INI

PRESENTASI – Di dunia sekolah, perkuliahan, atau pekerjaan, sering kali kita dituntut untuk melakukan presentasi. Biasanya kita merasa grogi, cemas, insecure, dan pikiran-pikiran negatif lainnya. Kita sudah khawatir takut jelek hasilnya, takut tidak menarik, dan membosankan.

PRESENTASIMU BAKAL KEREN DENGAN PEMBUKA INI
source: https://www.freepik.com/free-photo/confident-young-man-making-presentation-team_999234.htm#page=1&query=presentation&position=6

Nah agar presentasimu tidak membosankan audiens, kamu harus menarik perhatian mereka sejak awal akan memulai presentasi. Kata pepatah impresi atau kesan pertama akan memengaruhi nasib kita ke depannya. Sehingga kamu harus menimbulkan kesan yang baik dihadapan audiens.

Baca: Ingin cepat lancar berbicara bahasa inggris? Hindari 5 kesalahan ini

Pembukaan saat presentasi merupakan salah satu faktor penentu apakah audiens tertarik untuk mendengarkan penjelasanmu berikutnya. Agar kamu tidak dikacangin audiens atau tidak ada suasana krik-krik saat presentasi, Glolingo bakal memberi tips buat kamu. Simak Yuk!

Perkenalkan diri dengan singkat

Langkah awal sebelum melakukan presentasi tentunya memperkenalkan diri kepada audiens. Biasanya tidak semua orang yang ada di ruangan mengenalmu. Oleh karena itu, lebih baik perkenalkan diri terlebih dahulu.
Kamu bisa memperkenalkan diri dengan menyesuaikan situasi dan kondisi.
Jika kamu hendak melakukannya dalam situasi formal dan profesional, kenalkan dirimu sesuai dengan informasi yang dibutuhkan. Misalnya seperti nama, jabatan, dan tujuan kamu melakukan presentasi tersebut. Jika kamu pelajar atau mahasiswa, kamu bisa memperkenalkan nama dan tahun angkatanmu, serta tujuan presentasi.

Jangan terkesan kaku saat kamu menyampaikan perkenalan. Coba untuk memodifikasi perkenalan dengan membawakannya sedikit lebih santai. Agar audiens atau penonton tertarik dengan presentasimu.

Buka Presentasi Dengan Pernyataan Yang Menarik

Membuka presentasi tidak selalu dengan perkenalan terlebih dahulu. Kamu bisa membukanya dengan memberikan pernyataan yang menarik kepada audiens. Dengan begitu audiens yang awalnya tidak berniat memperhatikan, akan terkejut dengan pernyataan atau kalimat pembuka darimu.

Pernyataan yang menarik bisa berupa quotes yang kamu kutip dari tokoh dunia, atau kalimat-kalimat inspiratif yang memancing audiens untuk semangat kembali. Namun hindari pembukaan yang terlalu kontroversial atau berpotensi menimbulkan konflik.

Lebih baik lagi jika kamu menggunakan kalimat kutipan, atau pernyataan yang datang dari dirimu sendiri. Jenis pernyataan seperti ini akan meningkatkan rasa penasaran penonton terhadap apa yang mungkin akan kamu ucapkan selanjutnya. Cobalah untuk mengolah kata dan kalimat biasa menjadi kalimat yang menarik.

Baca: SAY NO to minder bahasa inggris

Melibatkan Audiens

Tips lain untuk menarik perhatian audiens adalah dengan melibatkan audiens. Karena saat kita melakukan presentasi, audiens akan lebih menghargai kita, jika mereka juga dilibatkan dalam presentasimu. Sehingga lakukan komunikasi yang interaktif. Jangan hanya dirimu saja yang terlibat.

Komunikasi interaktif bisa dilakukan seperti memberi pertanyaan kepada audiens sebelum memulai presentasi. Pertanyaan yang kamu ajukan harus sesuai tema atau topik yang berhubungan dengan materi presentasimu ya, Glos. Sebab hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik audiens terhadap topik yang hendak kamu bicarakan.

Saat mendengar pertanyaan dari kamu, sebagian besar audiens mungkin akan menanyakan hal tersebut kepada dirinya sendiri, atau justru reflek menjawab pertanyaan tersebut. Selain meningkatkan minat untuk mendengarkan apa yang hendak kamu sampaikan, memulai interaksi dengan audiens dapat membantu mengurangi ketegangan yang mungkin kamu rasakan, Glos.

Mengajak Audiens Berpikir

Selain memberikan pertanyaan, kamu bisa memaparkan suatu pernyataan dalam bentuk skenario agar audiens turut berpikir dengan apa yang kamu sampaikan. Kamu bisa memberikan skenario yang mengandung pengandaian, seperti skenario “what if” atau “imagine”. Hal ini dilakukan agar mereka juga tidak bosan mendengarkan presentasimu saja, namun mereka juga melibatkan diri mereka walau hanya sekedar membayangkan atau berpikir.

Adanya skenario-skenario ini secara tidak langsung mampu mengikat perhatian para penonton terhadap kamu dan presentasi yang hendak kamu sampaikan. Dengan melibatkan peserta hingga terbentuk ikatan kuat di awal dapat membuat penonton betah memperhatikan presentasi hingga selesai.

PRESENTASIMU BAKAL KEREN DENGAN PEMBUKA INI

Oke Glos, itu saja tips dan trik dari Glolingo seputar presentasi agar audiens tidak bosan. Untuk kamu yang sedang kesulitan dalam speaking english atau ingin lancar berbicara bahasa inggris terutama saat presentasi, Glolingo ada solusinya!

Ikuti kelas speaking dari Glolingo dengan banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Kamu juga bisa menggunakan fasilitas Glolingo yaitu Kartu Speak-card dan Aplikasi Speaking matchmaking yang bisa membantumu dalam meng-improve speaking kamu, Glos.

PRESENTASIMU BAKAL KEREN DENGAN PEMBUKA INI

penulis

Devanda C.P.N

@devancpn

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping