PILIH YANG MANA YA ANTARA TES TOELF DAN IELTS?

Uncategorized

PILIH YANG MANA YA ANTARA TES TOELF DAN IELTS?

Tes TOEFL dan IELTS – Halo sobat Glolingo! Kembali lagi bersama Glolingo dengan tips IELTS dan TOEFL. Kali ini kita bakal bahasa perbedaan toefl dan ielts ya.

PILIH YANG MANA YA ANTARA TES TOELF DAN IELTS?

TOEFL ATAU IELTS?

TOEFL atau Test Of English as a Foreign Language adalah tes kemampuan bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Tes ini dibuat oleh ETS, (Educational Testing Service), sebuah lembaga di Amerika Serikat. Tes TOEFL biasanya diperlukan untuk persyaratan masuk kuliah pada hampir semua universitas di Amerika Serikat dan Kanada. Seiring berkembang waktu, tes ini juga digunakan untuk program undergraduate (S-1) maupun graduate (S-2 atau S-3).

Sedangkan IELTS memiliki singkatan International English Language Test System. Tes IELTS adalah tes menguji kemampuan bahasa Inggris yang digunakan untuk tujuan akademik, imigrasi, dan rekrutmen tenaga kerja dari negara lain. Tes IELTS diselenggarakan oleh British Council, University of Cambridge Esol Examination dan IDP Education Australia.

Persamaan TOEFL dan IELTS

TOEFL dan IELTS memiliki persamaan, yaitu tes yang diadakan di Indonesia mengikuti standar Internasional yang ada di seluruh dunia. Sehingga tingkat kesulitan tes dan sistem konsisten dimanapun tes diadakan. Biaya yang dikeluarkan juga cukup mahal setiap kali mengambil tes keduanya.

Baca: Sertifikat IELTS Udah Gak Penting! Tapi Jadi Kebutuhan Zaman

Perbedaan IELTS vs TOEFL

Bahasa yang digunakan

Tes TOEFL umumnya menggunakan bahasa Amerika-Inggris dan termasuk di dalamnya terdapat sejarah Amerika, budaya, politik, geografi dan slang yang digunakan. Berbeda dengan IELTS yang lebih condong ke British-Inggris dan Britania serta Australia. Hal ini juga terlihat dalam sesi Listening-nya.

Tujuan Kompetensi

Walau jenis kompetensi yang diujikan hampir sama, namun ada perbedaan di sistem penilaian. Untuk TOEFL lebih memfokuskan pada kemampuan menulis sesuai dengan tugas sedangkan IELTS lebih memfokuskan pada kualitas bahasa yang dihasilkan.

Penilaian

Sistem Nilai IELTS berada pada kisaran dari 1 sampai 9. Skor IELTS tepat sampai 2 tahun setelah nilai tersebut di rilis. Secara umum kita harus mencapai nilai 6,5 sampai 7 agar dikatan lulus tes IELTS dan bisa memenuhi standar dari suatu lembaga.

Baca: Jangan salah ambil Tes TOEFL Ini Bedanya TOEFL IBT vs ITP

Sedangkan TOEFL memiliki dua versi, yaitu TOEFL IBT (TOEFL Internet Based Test) dan TOEFL PBT (TOEFL Paper Based Test). TOEFL IBT dilakukan menggunakan media komputer dan internet. Sedangkan tes TOEFL ITP adalah tes yang dilakukan secara tradisional dengan menggunakan kertas. Nilai IBT Berkisar antara 0 dan 120, sementara nilai ITP maksimal skor yang didapat 677 poin.

Penerapannya di Negara-negara

TOEFL merupakan pilihan yang baik untuk kamu yang ingin mendaftar sekolah di negara-negara AS atau Kanada. Sedangkan IELTS lebih ditujukan untuk negara-negara seperti UK, Australia dan New Zealand. Jadi perhatikan aturan negara tujuanmu ya Glos sebelum akan belajar ke luar negeri.

Kompetensi

Untuk tes TOEFL terdapat jawaban yang ditulis tangan atau komputer. Berbeda halnya dengan tes TOEFL, tes IELTS semua jawaban akan ditulis tangan. Nah lalu bagaimana dengan kompetensi yang diujikan?

Dalam IELTS terdapat empat bagian, yaitu Speaking, Writing, Listening dan Reading. Pada speaking section, peserta akan diminta untuk berbicara dengan seorang penilai secara langsung dengan durasi 12-14 menit. Peserta akan ditanya beberapa pertanyaan mengenai dirinya sendiri dan sebuah topik. Sehingga kamu harus persiapkan keterampilan speaking kamu, Glos. Durasi tes IELTS yaitu mencapai 2 jam 45 menit.

Sedangkan untuk tes TOEFL ITP terbagi menjadi tiga sesi ujian, yaitu Listening, Structure and Written Expression dan Reading Comprehension. Untuk TOEFL iBT meliputi Reading, Listening, Speaking dan Writing. Waktu Tes TOEFL lebih cepat dibandingkan IELTS yaitu berlangsung selama hampir 4 jam.

PILIH YANG MANA YA ANTARA TES TOELF DAN IELTS?

Caranya Dapat Skor Tinggi

Nah, setelah mengetahui penjelasan di atas, jangan bingung dan salah ambil tes ya Glos. Tentunya sekarang kamu akan lebih mengerti dan tidak akan salah lagi ya di dalam memutuskan mana nih tes yang kira-kira yang akan kita pilih. Karena itu, jika kita mau persiapan sekolah keluar negeri atau sekolah di luar negeri, persiapkan tes sebaik mungkin

Baca: Kapan Waktu Yang Tepat Ambil Kursus Bahasa Inggris?

Kamu perlu latihan terus menerus dalam mempersiapkan tes. Untuk itu, jika kamu perlu mentor atau tutor untuk mendampingi belajarmu, hubungin saja Glolingo. Tutor di Glolingo merupakan para ahli di bidangnya yang sudah bersertifikasi loh, Glos. Jangan tak perlu diragukan lagi.

Mau dapat skor TOEFL / IELTS tingii? Gabung IELTS dan TOEFL Preparation untuk persiapan sekolah di luar negeri bersama Glolingo. Kelas TOEFL dan tesnya diambil dari pemetaan soal bertahun-tahun ETS dengan Digital Certificate (CEFR + Skor deskriptif per skill included).

PILIH YANG MANA YA ANTARA TES TOELF DAN IELTS?

Mendapat Potongan diskon aneka ragam dengan syarat dan ketentuan. Disertai pembahasan soal berupa video dan audio dari senior tutor Glolingo (Leeds University, UK) yang akan terbuka di website pasca pengerjaan tes Rekaman kelas premium 18 episodes + materi via website (non donwloadable – konten ekslusif SELAMANYA!). Buruan daftar melalui https://glolingo.com/toefl/ dan glolingo.com/ielts

PILIH YANG MANA YA ANTARA TES TOELF DAN IELTS?

Penulis

Devanda C.P.N

@devancpn

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping