MAKSIMALKAN SYARAT S2 DENGAN BAIK DAN BENAR

SYARAT S2 – Buat kamu yang ingin memiliki rencana atau keinginan untuk lanjut studi S2, penting sekali untuk memperhatikan syarat-syaratnya dengan baik ya, Glos.

Berbeda dengan studi S1 atau diploma, studi S2 memiliki beberapa syarat yang lebih banyak dan agak ribet. Tapi nggak ribet amat kok kalau udah kita jalanin, Glos hehe.

Apa aja sih syarat yang dibutuhkan untuk studi S2? Nah langsung aja yuk simak artikel di bawah ini.

Tentukan Kampus dan Jurusan Tujuanmu

Langkah awal sebelum berjuang untuk studi S2 ialah menentukan kampus dan jurusan. Sebab beda kampus akan beda syarat juga. Beda jurusan, juga akan memengaruhi syarat yang berlaku.

Baca: Jangan Kuliah Ke Luar Negeri Kalau Belum Melakukan Ini

Sehingga tentukan dengan baik tujuanmu studi S2. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai kampus dan jurusan yang kamu minati sehingga pilihanmu nantinya akan semakin mantap.

Persiapan Dana

Tentu ini syrata yang sangat penting dan krusial ya Glos. Nggak ada dana tentu nggak bisa ambil S2, hehe.

Cobalah cek, cari tau, atau bertanya mengenai total biaya kuliah yang harus dipersiapkan, termasuk kebutuhan hidupmu juga.

Jika biayanya terlalu besar untukmu, kamu bisa mulai mendaftar beasiswa S2. Oleh karena itu, salah satu hal yang membuat S2 agak ribet juga kalau kamu mengambil beasiswa. Banyak syarat pula yang harus dipenuhi untuk apply beasiswa S2.

Tentu ini syarat yang sangat penting dan krusial ya Glos. Nggak ada dana tentu nggak bisa ambil S2, hehe.

Cobalah cek, cari tau, atau bertanya mengenai total biaya kuliah yang harus dipersiapkan, termasuk kebutuhan hidupmu juga.

Jika biayanya terlalu besar untukmu, kamu bisa mulai mendaftar beasiswa S2. Oleh karena itu, salah satu hal yang membuat S2 agak ribet juga kalau kamu mengambil beasiswa. Banyak syarat pula yang harus dipenuhi untuk apply beasiswa S2.

Administrasi

Setelah dana siap, berikutnya persiapkan segala adminitrasi yang dibutuhkan oleh pihak kamupus tujuanmu. Mulai dari ijzah terakhir, berkas-berkas pribadi, transkrip, hingga dokumen kesehatan.

Persiapkan Pemeberi Rekomendasi

Biasanya saat kita apply beasiswa atau S2, akan diminta surat rekomendasi dari pihak terkait yang mengetahui diri kita secara lebih dalam. Hal ini biasanya digunakan pihak kampus untuk melihat citra dan track records kita dari sudut pandang orang lain. Sehingga bersiaplah untuk menentukan siapa pemberi rekomendasi yang tepat untukmu. Kamu bisa meminta tolong orang yang mengenal dirimu lebih jauh seperti dosen, kepala di tempat kerja, mentor, dan sebagainya.

Tes Akademik

Beberapa kampus ada yang mensyaratkan untuk langsung tes di tempat atau melakukan tes secara online.

Tes potensi akademik bukan semata-mata untuk mencari seberapa tinggi tingkat kecerdasan kamu, melainkan untuk melihat apakah kamu benar-benar siap dalam melanjutkan jenjang pendidikan atau perlu ada persiapan tambahan

Persiapkan Tes TOEFL/IELTS dengan skor maksimal

MAKSIMALKAN SYARAT S2 DENGAN BAIK DAN BENAR

Tidak dipungkiri hampir seluruh lembaga pendidikan S2 mensyaratkan tes TOEFL atau IELTS agar bisa lanjut studi S2. Sebab saat memasuki studi S2 kamu akan sering berinteraksi dengan bahasa Inggris. Mulai dari membaca jurnal internasional, berinteraksi, apalagi jika kamu mengambil S2 di luar negeri. Sehingga dibutuhkan kemampuan dan keterampilan bahasa Inggris yang baik.

Baca: Sertifikat IELTS udah gak penting. Tapi jadi kebutuhan zaman.

Untuk jenis tes antara TOEFL dan IELTS masing-masing kampus berbeda-beda, maka pentingnya kamu mengetahui tujuan kampusmu agar bisa merencanakan dalam memenuhi syarat-syarat dengan maksimal.

Baca: Pilih mana ya antara tes TOEFL dan IELTS

Itu aja biasanya syarat dalam mengambil S2 yang diperlukan. Syarat lain mungkin ada jika dibutuhkan tergantung jurusan masing-masing. Selalu cek apa saja syarat yang diperlukan dan pantau selalu jadwal pendaftaran, jangan sampai ketinggalan. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga sukses ya Glos!

Baca: TOEFL STRUCTURE RUMIT JADI MUDAH – RAHASIA GLOLINGO.COM

Kamu bisa menggunakan jasa Glolingo untuk mempersiapkan TOEFL atau IELTS kamu agar mencapai skor yang tinggi. Apalagi tutor dari Glolingo adalah tutor profesional yang memiliki track records serta ada yang memiliki pengalaman kuliah di luar negeri. Sehingga kamu bisa juga sharing dengan mereka, selain untuk belajar persiapan tes TOELF dan IELTS. Langsung saja cus kunjungi di sini.

Tidak siap tes? Akses materi TOEFL Listening GRATIS di https://glolingo.com/toefl-trial1

Yuk share ke teman-teman kalian :

Leave a Reply