Blog

Pasti Sukses! Tips Belajar TOEFL Online dari Rumah

Uncategorized

Pasti Sukses! Tips Belajar TOEFL Online dari Rumah

Belajar TOEFL – Apakah kamu mulai merasa cemas ketika memikirkan ujian TOEFL? Ya, ketahuilah bahwa semua orang yang mengikuti ujian mungkin merasakan hal yang sama. Kamu bisa loh membuat perbedaan besar dalam skor TOEFL kamu nanti dengan memaksimalkan potensi kamu sebelum dan selama ujian.  

Kedengarannya cukup bagus, bukan? Lalu, bagaimana sih cara belajar TOEFL online dari rumah? Inilah cara kamu mewujudkannya!

Tips belajar TOEFL Online dari Rumah

Nah, berikut tips belajar TOEFL Online yang dapat kamu lakukan di rumah! 

1. Berlatih, Berlatih, dan Kemudian Berlatih Lagi

Semakin banyak kamu berlatih, semakin tinggi skor kamu! Namun tahukah kamu bagaimana memanfaatkan waktu, uang, energi, dan sumber daya lainnya saat belajar TOEFL online?

  • Study plan. Buatlah rencana cara belajar TOEFL mu dan lihat berapa banyak soal latihan yang bisa kamu akses. Kamu harus secara teratur mengikuti tes latihan. Cobalah untuk mengambil satu setiap minggu atau setiap dua minggu. Tandai soal yang paling sering salah, dan latih kemampuan bahasa Inggrismu di area tersebut.
  • Lakukan simulasi ujian. Siapkan soal-soal latihan untuk seminggu sebelum ujian. Bangun setiap hari seperti yang akan kamu lakukan pada hari ujian yang sebenarnya dan berpura-pura itu adalah hal yang nyata. Lakukan setiap hari dan posisikan dirimu sedang berada di ujian. Tidak ada kamus, tidak ada telepon, tidak ada bantuan. Atur waktu sendiri dan berhentilah ketika waktunya telah berakhir. Kamu mungkin akan merasa sangat gugup, tapi itu hal yang bagus! Mengontrol diri adalah sesuatu yang perlu dilakukan. Setelah kamu mengetahui bagaimana mengendalikan pikiran kamu sendiri, kemungkinan besar ujian yang sebenarnya akan tampak seperti sesi latihan lainnya. Kamu akan merasa lebih akrab dengan situasinya, dan merasa lebih percaya diri dan siap.
  • Mintalah bantuan guru atau teman. Kamu mungkin dapat melakukan latihan membaca dan mendengarkan sendiri, tetapi kamu mungkin membutuhkan umpan balik. Idealnya, orang ini harus menjadi guru atau penutur asli bahasa Inggris, tetapi siapa pun yang dapat berbicara bahasa Inggris dengan sangat baik dapat membantu Anda.

2. Waktu Bukanlah Musuh

Jika kamu belajar TOEFL online, waktu bukanlah musuh, jika kamu tahu cara memanfaatkannya. Perhatikan judul dan petunjuk arah di layar komputer, tetapi fokuslah pada soal. Tingkatkan keterampilan manajemen waktu. Mulailah melatih ini sebelum hari ujian. Jangan buang waktu untuk masalah kecil, seperti satu vocabulary tertentu yang tidak kamu ketahui atau tidak ingat. Maksimalkan waktu untuk menjawab soal-soal lainnya, yang dapat memberimu poin lebih banyak. 

3. Fokus pada Tata Bahasa dan Kosakata

Jangan lupa bahwa ini adalah ujian seberapa banyak kamu mengetahui bahasa Inggris. Semua bahasa, pada akhirnya, adalah tentang kata-kata (kosa kata) dan bagaimana kamu menghubungkan kata-kata itu (tata bahasa). Saat belajar TOEFL, kamu perlu mengusahakan bahwa pengetahuan bahasa Inggris kamu berada pada tingkat yang tepat agar dapat lulus ujian. Bagaimana itu?

  • Pelajari beberapa kata dan ekspresi baru setiap hari. Buat kalimat bahasa inggrismu sendiri. Jika kamu hanya mencoba menghafalnya tanpa menggunakannya, itu tidak akan berhasil. Kamu  harus melatih kata-kata baru sehingga menjadi bagian dari kosakata aktif kamu. Kosakata aktif adalah semua kata yang dapat diingat dan gunakan dengan mudah. Ini berarti kamu dapat menggunakannya dalam berbicara dan menulis tanpa berpikir terlalu banyak. 

4. Membaca dan Mendengarkan

Latihan dengan membaca teks akademik dan mendengarkan pidato dan dengan mengerjakan seperti ujian. Carilah ide-ide utama yang memperkenalkan informasi.

Setelah kamu mempelajari seperti apa bentuknya, kamu akan melihatnya di mana-mana. Misalnya, tuturan dengan kalimat-kalimat seperti “another point that i’d like to make….” dan “this takes us too……” atau pertanyaan retoris seperti, “why is this so important?” Kamu akan menemukan informasi penting di dekat kalimat semacam ini.

5. Kontrol dirimu

Beberapa tingkat stres baik karena dapat membantumu fokus pada tujuan dan memotivasi Anda. Tetapi jika kamu terlalu khawatir, kamu bisa kehilangan kendali saat ujian. Kamu akan menjawab pertanyaan salah atau membuat kesalahan karena terlalu gugup dan tidak memperhatikan ujian. Tetap tenang dan percaya diri, jangan sampai itu terjadi! Kabar baiknya adalah jika kamu mensimulasikan kondisi ujian dengan mengambil banyak latihan, kamu akan lebih santai dalam ujian. Jangan khawatir tentang topik asing yang mungkin kamu temui saat ujian. Ini bukan kuis pengetahuan umum, jadi kamu tidak perlu tahu tentang setiap topik atau tema. Ini adalah tes bahasa. Kamu tidak seharusnya fokus pada pengetahuan, pendapat, atau ide. Kamu seharusnya fokus untuk berkomunikasi dengan jelas.

Dengan mengingat tips belajar TOEFL berikut, segera mulailah membuat rencana studi belajar TOEFL mu. Tuliskan dan taruh di suatu tempat sehingga kamu dapat melihatnya setiap hari. Ingatlah bahwa keterampilan bahasa tidak meningkat dalam semalam, tetapi kamu pasti dapat membuat setiap hari berarti!

Dan Satu Hal Lagi…

Jika kamu mencari cara lain untuk mempersiapkan belajar TOEFL yang efektif dan menyenangkan, segera daftarkan dirimu mengikuti program kelas online TOEFL Preparation bersama @glolingo_id! Mengikuti kursus sudah pastinya akan sangat membantu sebelum kamu mengikuti ujian yang sebenarnya!

Oleh: Anastasia Vika

Baca: Berikut 5 Tips Hadapi Soal Listening TOEFL dengan Mudah!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping