Metode Mind-Mapping Bikin Mencatat Jadi Lebih Seru!

English Tips and Tricks

Metode Mind-Mapping Bikin Mencatat Jadi Lebih Seru!

Glos pasti pernah merasa bosan saat menyimak guru atau dosen yang memberikan materi seperti sedang mendongeng. Belum lagi jika dikasih tugas kelompok dengan deadline yang mepet. Belum sempat selesai mencatat materi yang diberikan, sudah harus segera berdiskusi tugas kelompok. Akhirnya, catatan di buku pun berantakan karena tidak lengkap. Diskusi kelompok juga nggak efektif karena ada begitu banyak informasi dari masing-masing anggota. Otak kamu jadi penuh dan bingung harus memulai dari mana. Dari kedua situasi tersebut, ada satu solusi yang bisa membantu produktivitas kamu yaitu mind-mapping. Apa Glos pernah mendengar istilah ini?

Apa itu Mind-mapping?

Mind-mapping atau peta pikiran adalah metode mencatat atau note-taking yang unik dan menyenangkan. Biasanya mind-mapping dibutuhkan saat brainstorming atau diskusi berkelompok, yaitu merumuskan ide atau gagasan yang muncul untuk menyelesaikan suatu masalah. Tapi gak cuma berkelompok aja kok, metode ini juga bisa banget kamu pakai sendiri untuk membuat catatan pribadi yang lebih simple dan mudah diingat. Nah, karena proses brainstorming cukup menguras energi dan melelahkan, kita perlu memaksimalkan waktu yang digunakan dengan metode yang diusulkan oleh Tony Buzan ini.

Mind-mapping melatih kita untuk berpikir dan memproses informasi yang kita terima lalu menyusunnya dengan cara kita sendiri, bukan sekedar menyalinnya.

Kapan Mind-mapping Bisa Dipakai?

Metode mind-mapping ini juga sangat dianjurkan untuk mengembangkan kreatifitas anak-anak dalam belajar. Dengan mind-mapping, anak dibiarkan berimajinasi dengan menghubungkan satu ide ke ide lainnya, sehingga meningkatkan kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah.

Saat Tony Buzan menjadi pembicara TEDTalks, beliau bercerita ada sebuah riset yang meminta anak-anak untuk membuat ide apa saja tentang paper clip sebanyak mungkin di selembar kertas bergaris dalam waktu sepuluh menit. Hasilnya, seorang anak laki-laki bisa membuat empat ide. Kemudian Emmerick Jenkins, peneliti dari riset ini mengajarkan metode mind-map selama satu jam kepada anak tersebut. Lalu anak itu kembali ditanya berapa banyak ide yang bisa dia buat tentang paper clip. Hasilnya? Dia berhasil membuat sebanyak 22 ide. Bentuk mind-map yang dibuat warna-warni, banyak gambar, dan simbol yang mewakili tiap idenya.

Nggak cuma itu, di lingkungan kerja mind-mapping juga sangat berguna saat rapat. Jika kamu tidak punya banyak waktu untuk mencatat semua materi, rangkumlah dalam bentuk mind-mapping. Tonjolkan poin-poin penting yang nantinya bisa kamu kembangkan lagi.

Mindmapping itu sangat personal, karena kita benar-benar mencatat yang kita anggap penting hanya dengan menggunakan kata kunci. Dari kata kunci itulah yang akan memancing ide yang lebih besar lagi.

Hazel Wagner, pada TEDTalksxNaperville

Gimana Cara Membuatnya?

Pertama, mulai dari ide utama yang mau kamu explore, letakkan di bagian tengah.

Kedua, mulailah tarik garis keluar seperti cabang pohon. Di sini, kamu bisa bagi ide utama menjadi beberapa poin yang relevan.

Ketiga, kembangkan lagi dengan lebih spesifik dari poin-poin yang sudah kamu buat tadi. Ulangi lagi seterusnya.

Oh iya, mind-mapping bisa kamu buat dengan tulis tangan maupun diketik ya Glos. Yang penting, gunakan kata-kata yang sederhana dan mudah diingat bagi kamu. Cukup satu atau dua kata saja untuk mewakili suatu ide. Lalu, pakai warna yang kontras untuk highlight ide-ide yang penting dan untuk membedakannya juga. Penggunaan symbol atau gambar juga boleh. Nah, gimana Glos? Mind-mapping bikin mencatat lebih simple, seru dan gampang diingat kan!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping