Blog

Memulai perubahan dalam hidup? Baca ini jika kamu ingin berubah!!!

Motivasi Diri

Memulai perubahan dalam hidup? Baca ini jika kamu ingin berubah!!!

Di tulis oleh: Riri Nurandriani @ririnur26

Memulai perubahan. Because life is never flat untuk menjadi seseorang yang ingin terus mengembangkan dirinya, merubah diri ke arah yang lebih baik, dan tentunya menjadi manusia yang bermanfaat untuk manusia lainnya. Hidup penuh dengan ujian maka mau tidak mau, suka tidak suka harus dihadapi, dan berikan kontribusi yang paling baik terutama untuk diri sendiri dengan selalu melakukan perubahan dan memulai perubahan pada diri sendiri.

Ingin berubah? Lakukan cara ini!

memulai perubahan
Memulai perubahan hidup menjadi lebih positif
https://www.dictio.id/t/cara-melakukan-perubahan/1335

Hidup terasa monoton? Apalagi dimasa pandemi ini, yuk jadikan hidupmu menjadi bermakna. Dengan memulai perubahan pada diri sendiri.

            Apa sih yang berat dari melakukan sesuatu? Katanya ingin berubah. Rata-rata jawaban dari pertanyaan tersebut mungkin semua akan sama yaitu memulainya. Niat memang ada, tetapi rasanya berat sekali ketika akan memulai.

            Lalu bagaimana seharusnya kita memulai suatu perubahan? Tentu yang pertama dan yang utama adalah niat. Percuma saja jika teman-teman atau keluargamu mendorong dan mendukung agar kamu berubah. Jika sendiri tidak ada kemauan dan niat untuk berubah. Perubahan itu dimulai dari diri sendiri, jadi memang harus kita yang mau dan niat.

            Tapi, biasanya kesulitan dalam memulai sesuatu termasuk perubahan ini juga adalah diri sendiri. Hal yang paling sering terjadi adalah kamu yang berlagak “visioner” dengan membayangkan apa aja yang kita lalui selama proses ini. Nah, saat-saat seperti inilah ada baiknya jika kita mengatakan “mulai aja dulu”. Jangan pikirkan apa yang akan kamu lalui selama proses berubah ini berlangsung. Namun kita harus menikmati setiap prosesnya.

Nah, kalau kamu sudah menemukan niat itu, mari kita mulai dengan cara ini:

1. Buat daftar kebiasaan buruk

Mungkin dengan membuat daftar kebiasaan buruk inilah ada keinginan agar kamu berubah. Coba pikirkan kebiasaan buruk apa saja yang hendak kamu ubah, lalu tulislah. Sebagai catatan: kamu harus mempriporitaskan kebiasaan buruk mana yang paling merugikanmu dan juga orang lain. Jangan takut dengan banyaknya kebiasaan buruk yang masuk dalam daftarmu. Bukan berarti kamu orang yang buruk, tetapi kamu adalah pribadi yang siap melakukan perubahan!

2. Tetapkan target

Setelah membuat daftar kebiasaan buruk yang ingin kamu ubah, break down masing-masing kebiasaan tersebut menjadi beberapa misi yang harus kamu penuhi. Contohnya jika kamu ingin mengubah kebiasaan suka menunda sampai mendekati deadline, maka sebaiknya kamu menetapkan target seperti mulai mencicil pekerjaanmu dari hari pertama tugas tersebut diberikan. Dalam menentukan target, ada baiknya bahwa kamu mengenali ketahanan dan kemampuan sendiri. Hal itu akan berguna untuk menentukan target. Jangan terlalu kejam kepada dirimu sendiri.

3. Memulai dari diri sendiri

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, proses berubah akan selalu dimulai dari diri sendiri. Perubahan terjadi secara bertahap, bukannya sim salabim kemudian langsung jadi. Butuh kesabaran ekstra ketika kita akan berubah. Namun, perlu dicatat bahwa kamu tidak perlu bergantung pada orang lain untuk memancingmu melakukan perubahan. Yang ingin berubah adalah kamu. Bukan mereka. Jadi, kamu juga tidak perlu menunggu cue terlebih dahulu. Yakinlah bahwa kamu akan baik-baik saja memulai perubahan dari diri sendiri.

4. Cari support

Orang lain tidak berfungsi sebagai “pemancing” bagimu untuk melakukan perubahan seperti yang saya tulis di atas. Namun, mereka dapat kamu jadikan pendukungmu. Maka dari itu, carilah teman “pendukung” yang memiliki kebiasaan yang sama seperti yang kamu inginkan dan sudah sangat nyaman dengan kebiasaan tersebut. Jadi, jika suatu hari kamu mengalami relapse. teman tersebut akan dapat mengembalikanmu ke jalan yang benar. Dia juga akan mendukung dan menyemangatimu agar kamu lebih percaya diri melangkah.

5. Mulai Evaluasi Diri

Maksud dari evaluasi ini adalah untuk mengetahui apakah dalam perjalananmu untuk berubah ini kamu sudah memenuhi target yang kamu tetapkan sendiri atau belum. Evaluasi juga dapat membantumu untuk mengetahui jika kamu sudah benar-benar melepaskan kebiasaan burukmu… atau masih butuh waktu untuk “move on”.

6. Self-talk

Di sela-sela proses berubahmu, ada kalanya kamu perlu melakukan self-talk alias berbicara dengan diri sendiri. Suatu hari mungkin kamu akan mengalami kejenuhan dan lelah secara mental. Di situlah saatnya kamu berbicara kepada dirimu sendiri untuk melepas penat setelah mengalami pertempuran dengan apa pun itu. Sekedar mengeluh atau bahkan menangis juga tak mengapa. Self-talk berfungsi untuk mengisi kembali energi yang terkuras karena melakukan perjalan berat dan panjang menuju diri yang baru. Gunakanlah self-talk ini untuk menyemangati dirimu sendiri. “Percayalah, kamu akan baik-baik saja!”

            Ketika kita ingin berubah, semuanya selalu dimulai dari diri sendiri. Jika kita mau dan niat, proses yang akan kita jalani akan lebih mudah. Tapi, berjuang sendiri tentu akan membuat semuanya terasa lebih sulit sehingga mencari seorang teman yang dapat mendukung langkah kita menuju perubahan menjadi pilihan yang sangat bijak. Dengan adanya dukungan moral dari orang terdekat, perjalan kita menuju perubahan tidak akan terasa seberat jika kita berjuang sendiri.

Ingin melakukan sebuah perubahan? dalam bidang bahasa? yuk kepoin kita di instagram @glolingo.id. Ada banyak paket untuk menambah kemampuan bahasamu dan mengubah dirimu menjadi lebih fasih dalam bahasa inggrismu.

Sumber: Kusharjanti, R., 2020. Baca Buku Ini Saat Engkau Ingin Berubah. Yogyakarta: Psikologi Corner.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *