Materi Bahasa Inggris: Famiy Tree (Pohon Keluarga)

Uncategorized

Materi Bahasa Inggris: Famiy Tree (Pohon Keluarga)

Family Tree – Pasti diantara kalian memiliki anggota keluarga. Nah anggota keluarga kalian bisa divisualisasikan dalam bentuk family tree. Apa sih maksud family tree? Family tree atau dalam bahasa indonesia berarti pohon keluarga merupakan istilah lain dari silsilah keluarga.

Pengertian Pohon Keluarga

Family tree adalah bagan yang menunjukkan silsilah hubungan dan garis keturunan dari sebuah keluarga. Dengan gambar melalui pohon keluarga akan memudahkan kamu untuk melihat keturunanmu secara visual. Biasanya digambarkan dalam sebuah kotak untuk tiap individu yang kemudian dihubungkan satu sama lain untuk menunjukkan sebuah hubungan keluarga.

Dalam menggambarkan family tree biasanya satu generasi diatur dalam satu tingkat. Hal ini dilakukan agar memudahkan kita melihat keturunan mana yang mendahului suatu generasi. Penggambaran pohon keluarga bisa divisualisasikan secara tumbuh vertikal atau ditarik ke samping.

Materi Bahasa Inggris: Famiy Tree (Pohon Keluarga)
source: https://www.freepik.com/free-vector/nice-genealogical-tree-flat-design_1050960.htm#page=1&query=family%20tree&position=0

Jenis-jenis Family Tree

a. Core/nuclear family (keluarga inti)

Core atau nuclear family dalam bahasa Indonesia memiliki arti keluarga inti. Keluarga inti yang hanya terdiri dari ibu, ayah, dan anak, baik anak laki-laki maupun anak perempuan. Sehingga pohon keluarga jenis ini hanya menggambarkan anggota inti dari suatu keluarga.

b. Extended family (keluarga besar)

Istilah extended family memiliki arti keluarga besar. Keluarga besar adalah keluarga yang terdiri dari anggota keluarga yang melibatkan lingkup generasi lebih luas. Dimulai terdiri buyut, nenek, kakek, paman, bibi, sepupu, mertua, menantu, dan sebagainya.

Family Members (Anggota Keluarga)

Untuk lebih memahami mengenai pohon keluarga, Glos simak penjelasan dari masing-masing anggota keluarga ini yuk:

Grandmother

Grandmother berarti nenek. Nenek digunakan untuk memanggil sebutan ibu dari orang tua.

Grandfather

Grandfather berarti kakek. Kakek adalah sebutan ayah dari orang tua kita. Dalam bagan, biasanya kakek juga menempati tingkap paling tinggi bersama nenek.

Mom/mother

Mother merupakan panggilan untuk ibu. Ia juga merupakan istri dari ayah kita. Dalam pohon keluarga, ibu terletak di bawah tigkat dari kakek-nenek karena merupakan anak dari kakek dan nenek.

Father

Father atau dad merupakan istilah untuk menyebut ayah. Karena sebagai suami ibu maka posisi ayah dalam struktur pohon keluarga terletak di samping ibu. Dia juga sebagai ayah dari saudara kandung saya.

Uncle

Uncle jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah paman. Sebutan paman digunakan untuk menyebut saudara laki-laki dari orang tua kita.

Aunt

Kamu pasti memiliki tante dalam silsilah keluarga. Aunt atau tante adalah panggilan untuk menyebut saudara perempuan dari orang tua kita, atau istri dari saudara laki-laki orang tua kita.

Brother

Brother adalah sebutan untuk saudara laki-laki dalam bahasa inggris. Ada banyak jenis penyebutan saudara laki-laki dalam bahasa Inggris, yaitu: Younger brother berarti Adik laki-laki yang lebih muda dan Older brother artinya Kakak laki-laki yang lebih tua.

Sister

Sebutan sister sama dengan brother, hanya saja berbeda pada jenis kelamin. Dalam bahasa Indonesia, sister yaitu saudara perempuan merupakan sebutan untuk kakak atau adik kandung perempuan. Terdapat banyak penyebutan saudara perempuan dalam bahasa Inggris sebagai berikut: Younger sister adalah Adik perempuan yang lebih muda dan Older sister adalah Kakak perempuan yang lebih tua.

Cousin

Cousin adalah sepupu. Ia disebut untuk digunakan menyebut anak dari paman dan bibi kita, baik laki-laki maupun perempuan.

Sister-in-law dan Brother-in-law

Istilah Sister-in-law adalah istilah untuk menyebut adik ipar perempuan. Sedangkan untuk penyebutan adik ipar laki-laki dipanggil brother-in-law.

Niece dan Nephew

Kata Niece dan Nephew adalah sebutan untuk keponakan. Niece memiliki arti keponakan perempuan. Sedangkan untuk penyebutan keponakan laki-laki adalah nephew.

Nah itulah materi family tree buat kamu, Glos. Kalian juga memperbanyak kosa kata bahasa inggris kalian dengan memanfaatkan fitur penerjemahan dari Glolingo lho. Langsung aja akses melalui glolingo.com/translate atau mencoba inovasi dari Glolingo yaitu Aplikasi Speaking matchmaking, sebuah aplikasi Speaking platform with matchmaking yang akan membantu kamu dalam meningkatkan keahlian speaking bahasa inggris kamu. Cobain deh!

Jika kamu ingin akses materi bahasa inggris lebih banyak, terutama materi-materi untuk TOEFL atau IELTS, kamu bisa ambil kursus di Glolingo. Segera kunjungi di sini untuk mendaftar les dan persiapannya.

Materi Bahasa Inggris: Famiy Tree (Pohon Keluarga)

Kalian juga memperbanyak kosa kata bahasa inggris kalian dengan memanfaatkan fitur penerjemahan dari Glolingo lho. Langsung aja akses melalui glolingo.com/translate atau mencoba inovasi dari Glolingo yaitu Aplikasi Speaking matchmaking, sebuah aplikasi Speaking platform with matchmaking yang akan membantu kamu dalam meningkatkan keahlian speaking bahasa inggris kamu. Cobain deh!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping