LEVEL BAHASA INGGRISMU SUDAH SAMPAI TINGKAT MANA?

Uncategorized

LEVEL BAHASA INGGRISMU SUDAH SAMPAI TINGKAT MANA?

Level Bahasa Inggris kamu Sudah Sampai Tingkat Mana? – Halo, Glos! Saat ini Linkedin menjadi media sosial yang harus dimiliki bagi kamu para jobseeker dan mungkin mahasiswa yang sedang mencari kegiatan magang lho, di linkedin ini kamu pastinya memperbaiki profilemu agar dapat dilirik oleh recruiter dan salah satu caranya adalah dengan mengisi kolom bahasa. Pasti masih banyak dari kalian yang bingung apa sih maksud dari proficiency yang disebutkan di linkedin, dan gimana cara menentukan kefasihan kamu dalam berbahasa.

Di postingan kali ini glolingo mau berbagi info nih mengenai pengertian dari masing-masing level tersebut. Skala yang digunakan oleh Linkedin ini disebut sebagai Interagency Language Roundtable (ILR) Scale, skala ini dikembangkan untuk mengukur kemampuan seseorang untuk berkomunikasi dalam suatu bahasa. Terdapat lima level bahasa inggris yang ada dalam skala pengukuran ini. Sekarang kita bahas satu persatu yuk!

Level pertama disebut elementary proficiency, nah di level kamu sudah mampu untuk menyusun kalimat dasar, seperti memperkenalkan diri dan juga bertanya dan menjawab beberapa pertanyaan simple, selain itu juga di level ini kamu dapat melakukan percakapan sederhana dengan warga lokal ketika berlibur ke suatu negara asing, seperti bertanya mengenai harga, memesan makanan, dan mungkin bertanya mengenai jalur transportasi untuk mencapai sebuah destinasi wisata. Di level ini kamu dapat memahami  beberapa frasa, nama, dan mungkin rambu lalu lintas. Dalam hal menulis, di level ini kamu masih melakukan kesalahan tanda baca dan tata bahasa.

Level kedua disebut dengan limited working proficiency, kemampuan kamu tentunya lebih meningkat dibanding level sebelumnya, di level ini kamu sudah bisa melakukan percakapan santai dengan orang lain, seperti membicarakan tentang kejadian terkini atau masalah pribadi. Kamu juga sudah dapat berbicara secukupnya untuk memenuhi persyaratan kerja, seseorang di level ini sudah mampu untuk melakukan perintah kerja. Kamu juga sudah memiliki aksen yang dapat dipahami, seseorang di level ini masih membutuhkan bantuan untuk melakukan percakapan yang lebih luas.

Selanjutnya ada level professional working proficiency, nah tingkatan ini sudah makin tinggi guys, di level kamu juga sudah mampu berpartisipasi secara efektif dalam sebagian besar percakapan formal dan informal mengenai topik sosial maupun profesional, kamu sudah mulai berkontribusi dalam rapat kantor, berbincang dengan klien dan menjalankan sebagian besar pekerjaan yag diminta. Kamu telah memahami isi bacaan di surat kabar, laporan, dan juga materi teknis di bidang yang kamu tekuni. Di level ini kamu memiliki aksen yang mungkin terlihat asing, namun memiliki kontrol tata bahasa yang baik dan sudah dipahami oleh native speaker.

Level keempat disebut dengan full professional working proficiency, yang membedakan level ini dengan level sebelumnya adalah di level ini kamu sudah mampu menggunakan bahasa tersebut dengan lancar dan akurat di semua tingkatan dan biasanya sudah sesuai dengan kebutuhan profesional, kamu juga sudah dapat berdiskusi dan berpartisipasi dalam percakapan apapun, bisa mengenai pengalaman pribadi atau pun hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan seperti bisnis dan keuangan. Kamu sudah dapat berbicara dengan sangat lancar dan memiliki kosakata yang sangat luas, kamu juga sudah jarang melakukan kesalahan pengucapan dan tata bahasa.

Level terakhir atau yang disebut native or bilingual proficiency, ini adalah level tertinggi menurut skala ILR, di level ini kamu memiliki kemampuan berbicara yang setara dengan native speaker, kamu sudah mampu untuk memahami semua bentuk dan gaya bicara seorang native speaker, seperti aksen daerah tertentu. Selain itu, kamu sudah mampu untuk memahami dan membaca dengan lancar dan akuran semua jenis gaya dan bentuk bahasa yang berkaitan dengan kebutuhan profesional.

Nah, sekian dulu ya informasi tentang level bahasa inggris atau ILR Scale ini, semoga bermanfaat dan kamu bisa mencapai level full professional working proficiency atau bahkan native of bilingual proficiency. Stay tuned terus ya nanti glolingo bakal berbagi informasi mengenai jenis skala pengukuran lainnya!

Kalian juga memperbanyak kosa kata bahasa inggris kalian dengan memanfaatkan fitur penerjemahan dari Glolingo lho. Langsung aja akses melalui glolingo.com/translate atau mencoba inovasi dari Glolingo yaitu Aplikasi Speaking matchmaking, sebuah aplikasi Speaking platform with matchmaking yang akan membantu kamu dalam meningkatkan keahlian speaking bahasa inggris kamu. Cobain deh!

Ditulis oleh Lusika Mustikamaya

Editor: Devanda @devancpn

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping