Lembaga Penyedia Beasiswa S2 Yang Wajib Kamu Ketahui!

Lembaga Penyedia Beasiswa S2 – Punya mimpi untuk lanjut studi S2 apalagi kuliah keluar negeri tapi nyali ciut karena biaya yang terlalu besar?

Jangan khawatir! Saat ini banyak sekali peluang untuk mendapatkan beasiswa S2. Banyak lembaga penyedia beasiswa S2 baik di Indonesia atau dari luar negeri.

Baca: Syarat Kuliah S2

Agar impian studi S2 kamu terwujud, Glolingo akan memberikan rekomendasi atau list lembaga penyedia beasiswa S2 yang bisa kamu coba.

Lembaga Penyedia Beasiswa S2 Yang Wajib Kamu Ketahui!
source: https://www.freepik.com/premium-photo/group-students-patriots-usa-campus-holding-united-stats-flag_7330653.htm#page=1&query=study%20abroad&position=17

Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)

Pasti kamu tidak asing lembaga penyedia beasiswa yang satu ini. Lembaga ini berada di naungan Kementerian Keuangan RI.

Saat ini sekitar 25.000 penerima beasiswa loh. Artinya tiap orang akan memiliki kesempatan besar untuk mendappatkan beasiswa LPDP ini.

Salah satu program unggulan dari LPDP adalah Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang banyak dicari anak muda yang ingin mengejar gelar S2 di dalam maupun luar negeri.

Beasiswa ini mencakup biaya pendidikan mulai dari biaya pendaftaran, SPP, dan non-SPP (buku, seminar, dll). Selain itu, kamu juga akan mendapatkan biaya pendukung seperti transportasi berangkat dan pulang, asuransi kesehatan dasar visa, keadaan darurat, biaya kedatangan, hingga biaya hidup bulanan.

Daftar Beasiswa LPDP

Beasiswa Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi)

Beasiswa yang diberikan oleh Dikti merupakan beasiswa di bawah Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). Kementerian ini menyelenggarakan beasiswa Unggulan namanya.

Beasiswa Unggulan terdiri dari beasiswa dari jenjang S1 sampai S3. Lengkap ya.

Salah satu tujuan program ini diadakan adalah salah satu terobosan untuk meningkatkan jumlah lulusan doktor sehingga memenuhi kualifikasi pendidikan dosen minimal S2

Informasi lengkap mengenai beasiswa ini bisa kamu pantau di sini.

Beasiswa UNI EROPA

Beasiswa dari Uni Eropa yang terkenal ini adala Program Erasmus Mundus, sebuah bantuan dana pendidikan bagi sarjana yang memenuhi syarat untuk mengikuti program magister Erasmus Mundus tertentu di Eropa dalam jangka waktu 1-2 tahun.

Beasiswa ini memberikan biaya sebesar 24.000 Euro per mahasiswa untuk program pendidikan 1 tahun yang meliputi biaya perjalanan biaya kuliah, tunjangan bulanan biaya hidup, akomodasi, dll.

Cari Tau Beasiswa Uni Eropa

Beasiswa Pemerintah Australia

Lembaga penyedia beasiswa S2 selanjutnya datang dari pemerintah Australia. Melalui kebijakannya, terdapat beberapa pilihan beasiswa yang disediakan sehingga bisa kamu jadikan opsi untuk menjadi jodoh beasiswa kamu.

Beasiswa yang paling terkenal untuk menempuh studi di negara tersebut adalah Australian Awards.

Terdapat 3 jenis dari Beasiswa Australian Awards, yaitu beasiswa yang hanya meliputi uang kuliah saja, beasiswa mencakup biaya hidup dan tempat tinggal, dan beasiswa yang menanggung biaya keseluruhan.

Beasiswa Fulbright

Beasiswa Fulbright menjadi salah satu beasiswa luar negeri dengan reputasi global yang dipercaya sampai saat ini.

Beasiswa dari Pemerintah Amerika Serikat ini ditawarkan ke 155 negara dengan sekitar 7.500 beasiswa dialokasikan setiap tahunnya. Selain ditujukan bagi pelajar mancanegara, Fulbright juga disiapkan bagi warga Amerika Serikat sendiri.

Di Indonesia, beasiswa Fulbright dikelola melalui AMINEF, lembaga yang mengurus kerjasama pertukaran pelajar AS – Indonesia.

Fasilitas Beasiswa Fulbright ditawarkan dalam berbagai jenis, di antaranya Fulbright Master of Science & Technology Initiative Degree Program, Fulbright-DIKTI Master’s Degree Program, Fulbright Presidential Scholarship, Fulbright-Freeport Master’s Degree Program, dan beberapa jenis lain.

Keunggulan beasiswa Fulbright ialah penerima beasiswa diberi kesempatan untuk melanjutkan studi kuliah di berbagai kampus ternama di AS. Peluang ini sangat terbuka bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau S3 di Amerika.

Baca: Alasan Harus Lanjut Studi S2

Tunjangan biaya yang diberikan oleh Beasiswa Fullbright mencakup biaya kuliah, tunjangan buku, uang saku bulanan, tiket pesawat, dan asuransi kesehatan.

Tertarik mencoba?

Beasiswa Eiffel

Kuliah di Perancis bukan hal mustahil buat kamu. Beasiswa Eiffel menjadi salah satu jalan mewujudkan mimpimu di Perancis.
Fasilitas yang ditawarkan berupa kesempatan studi S2 dan S3 di sejumlah universitas di Perancis.

Pelamar yang berhasil akan mendapatkan tunjangan bulanan 1.000 – 1.400 euro untuk biaya kuliah dan tunjangan hidup, tiket perjalanan, asuransi kesehatan, dan tunjangan akomodasi.

Beasiswa Gates Cambridge

Kamu mengenal Bill Gates? Nah Bagaimana jika Bill Gates memberikanmu sejumlah fasilitas berupa beasiswa studi untuk dirimu?

Memang bisa? Mimpi!

Enggak loh, Glos. Bill Gates memiliki program beasiswa unggulan sebaia bentuk sosialnya.

Gates Cambridge Scholarship adalah program beasiswa Bill and Melinda Gates Foundation yang ditujukan bagi Universitas Cambridge di Inggris. Beasiswa ini sangat prestisius karena menjaring orang-orang brilian dari seluruh dunia dengan kompetisi sangat ketat.

Terdapat lebih dari 4.000 pelamar yang mendaftar ke beasiswa ini setiap tahun. Kuota beasiswa yang disiapkan sekitar 90 per tahun. Wah ketat sekali ya, Glos.

Keuntungan memperoleh beasiswa Gates Cambridge di antaranya mendapat tanggungan biaya kuliah, tunjangan sebesar £ 13.000 poundsterling, tiket pesawat, tunjangan keluarga, dan kebutuhan lainnya.

Syarat penerima beasiswa ini antara lain prestasi brilian, memiliki jiwa kepemimpinan, dan punya komitmen terhadap kehidupan sosial. Mungkin kamu memenuhi syaratnya?

Baca: Mitos Kuliah Di Luar Negeri

Nah itulah beberapa rekomendasi lembaga penyedia beasiswa S2 dan S3 Glos. Tertarik untuk mendaftar?

Sebelum kamu mendaftar kamu harus persiapkan syarat-syarat yang diminta. Salah satunya adalah syarat sertifikat TOELF atau IELTS dengan skor tertentu.

Ingin mencapai skor TOEFL dan IELTS tinggi? Persiapkan sebaik mungkin bersama Glolingo. dengan kelas TOEFL dan IELTS

Lembaga Penyedia Beasiswa S2 Yang Wajib Kamu Ketahui!

Penulis

Devanda Candra Putri Nugraha

@devancpn

Yuk share ke teman-teman kalian :

Leave a Reply