Blog

Kiat-Kiat Mengobrol Bahasa Inggris dengan Orang Baru

Uncategorized

Kiat-Kiat Mengobrol Bahasa Inggris dengan Orang Baru

Percakapan bahasa inggris – Pernah nggak sih kamu bertemu orang baru dan bingung cara ngobrolnya? Kamu takut salah omong, kamu takut membuat situasi jadi nggak nyaman, dsb; padahal sebenarnya kamu cuma mau ngobrol saja.

Hal ini juga bisa terjadi saat kita ngobrol dengan Bahasa Inggris lho! Percakapan dengan orang Indonesia saja kita kerap overthinking, bagaimana kalau Bahasa Inggris yang bukan bahasa ibu? Entah itu percakapan Bahasa Inggris 2 orang saja, atau 3 orang, atau lebih, selalu ada yang dicemaskan karena banyak dari kita tidak terbiasa menggunakan Bahasa Inggris. Jadi hal seperti apa yang bisa kita lakukan saat melakukan percakapan Bahasa Inggris 2 orang? Yuk kita lihat tips nya!

Kiat-Kiat Mengobrol Bahasa Inggris dengan Orang Baru

Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan saat melakukan percakapan Bahasa Inggris. Dalam artikel ini kita akan membahas percakapan Bahasa Inggris 2 orang!

1. Be Brave! – Beranilah!

Ada banyak hal yang membuat kita ragu-ragu saat mendekati orang baru, terutama orang asing. Ada banyak hal yang tidak ketahui tentang orang tersebut, dan insting manusiawi kita kerap membuat kita takut pada hal yang tidak kita pahami. Tapi beranilah, dan tetap percaya diri. Kalian sama-sama manusia!

2. Avoid Feeling Inferior! – Hindari Merasa Rendah Diri!

Kita kerap kali merasa tidak percaya diri dan rendah diri saat bercakap-cakap dengan Bahasa Inggris. Kenapa? Karena melakukan percakapan Bahasa Inggris 2 orang berarti akan ada pendengar dan pembicara. Kita takut melakukan kesalahan, entah grammar atau salah kosa kata, karena itu kita takut akan respons yang akan didapat. Tapi janganlah merasa demikian! Tidak semua orang berani ngobrol dengan bahasa asing dan jika kamu berani melakukan percakapan Bahasa Inggris 2 orang, kamu sudah sangat keren! Yakinkan diri kamu bahwa kamu sudah keren dan kamu akan tambah keren setelah berani ngobrol dengan Bahasa Inggris.

3. Be Polite! – Junjung Sopan Santun!

Mungkin standar sopan santun orang yang berbeda negara akan berbeda pula. Tapi kita semua tahu cara-cara dasar menghormati orang lain.

Jangan lupa gunakan 3 frasa ajaib: “Please”, “Thank You”, dan “Sorry”. Dalam sebuah percakapan Bahasa Inggris 2 orang, tiga frasa ini sangat penting karena dalam Bahasa Inggris mereka adalah standar paling sederhana untuk menunjukkan sopan santun.

4. Don’t Ask Overly Personal Questions! – Jangan Bertanya Hal yang Terlalu Personal!

Kalau kamu baru bertemu orang dan dia sudah menanyakan gaji atau kehidupan cinta, pasti risih kan? Begitu pula saat melakukan percakapan Bahasa Inggris. Di dalam percakapan Bahasa Inggris 2 orang, jika kamu bertanya hal yang terlalu personal, orang yang kamu ajak bicara bisa-bisa merasa risih dan berhenti meladeni kamu. Cobalah bertanya hal-hal yang sederhana dulu.

Kalimat-Kalimat yang Bisa Kamu Pakai

1. Greetings – Kalimat Salam

Saat melaksanakan percakapan Bahasa Inggris 2 orang, mulailah dengan kalimat salam atau sapaan pada orang tersebut. Berikut adalah sapaan-sapaan dasar Bahasa Inggris.

  1. Sapaan Waktu: Good morning, Good afternoon, Good evening.
  2. Sapaan Kasual: Hey there, Hello!, Hi!
  3. Sapaan Kabar: How are you?, How do you do?

2. Introduce Yourself – Perkenalkan Diri

Saat melakukan percakapan Bahasa Inggris 2 orang, jangan lupa memperkenalkan diri agar mereka tahu siapa yang mereka ajak bicara. Berikut adalah cara-cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris.

  1. Perkenalan Nama: “My name is …” atau “Pleased to meet you, I’m…”
  2. Identitas Diri: “I am a (pekerjaan)”, “I live in (tempat tinggal)”, “I am … years old” (usia)

3. Ask Surface Questions – Tanyakan Hal-Hal Dasar

Saat bertemu orang baru, hindari menanyakan hal-hal personal. Tapi jangan takut untuk menanyakan hal dasar yang bisa membantu kalian untuk saling tahu satu sama lain. Berikut adalah pertanyaan yang bisa kamu berikan saat melakukan percakapan Bahasa Inggris 2 orang.

  1. So what brings you here? (Jadi apa yang kamu lakukan di sini?)
  2. Do you mind telling me about your job? (Apakah boleh kalau aku bertanya tentang pekerjaan kamu?)
  3. Where are you from? (Asal kamu dari mana?)
  4. Etc

4. Give Compliments – Berikan Pujian

Saat bertemu orang baru memberi pujian bisa sangat membantu kamu jadi lebih dekat dengan orang tersebut karena pujian berarti kamu memperhatikan. Berikut adalah pujian yang bisa kamu berikan saat memuji lawan bicara kamu.

  1. “You look dashing today” (kamu terlihat tampan/gagah hari ini)
  2. “Your outfit looks pretty!” (baju kamu bagus!)
  3. “I like your …, it’s cute! “ (aku suka … kamu, lucu!)
  4. Etc

Sebenarnya ada banyak cara dalam melakukan percakapan Bahasa Inggris 2 orang atau lebih karena pada akhirnya alur percakapan akan berjalan sendirinya antara kamu dan orang baru tersebut. Untuk memastikan alur percakapan berjalan dengan baik, kamu perlu memahami dasar-dasar di atas, dan terus berlatih Bahasa Inggris dalam keseharian kamu.

Oleh: Genoveva Diva

Leave your thought here

Your email address will not be published.

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping