SPEAKING MU MASIH BELEPOTAN? MUNGKIN KAMU MASIH MELAKUKAN HAL INI!

English Tips and Tricks Uncategorized

SPEAKING MU MASIH BELEPOTAN? MUNGKIN KAMU MASIH MELAKUKAN HAL INI!

Glos! belajar bahasa Inggris nggak afdol kalau kamu nggak improve kemampuan speaking mu juga. Kemampuan reading atau memahami bacaan bisa diasah dengan sering-sering membaca teks bahasa Inggris. Kemampuan listening/mendengar dapat dipertajam dengan sering-sering menonton western movies tanpa subtitel, mendengarkan lagu-lagu barat, English podcasts dan sebagainya. Sedangkan kemampuan writing (menulis) dan speaking (berbicara) dibutuhkan usaha lebih ekstra untuk mencapai score atau hasil yang maksimal.

Hal ini dikarenakan writing dan speaking berorientasi pada output, yang artinya menekankan pada apa yang dihasilkan dari proses belajar bahasa Inggris melalui proses pemahaman Yap! betul banget, jadi writing dan speaking adalah hasil berupa tulisan dan ucapan/ungkapan sebagai tolak ukur kemampuan kita dalam proses pembelajaran bahasa Inggris.

Berbeda dengan speaking, writing tanpa kita sadari telah kita pelajari melalui pembelajaran bahasa Ingris di kelas selama ini yaitu melalui pembelajaran grammar dan structure, membuat kalimat serta menyusun nya menjadi paragraf. Sedangkan berbicara bahasa inggris sifatnya spontan dan natural yang membutuhkan usaha dari dalam untuk melatih diri sendiri secara otodidak. Ketika kita berbicara bahasa inggris, grammar menjadi tidak penting lagi. Yang terpenting dalam speaking adalah fluency, yaitu bagaimana seseorang bisa berbicara bahasa inggris dengan pelafalan benar (dalam hal ini pronunciation dan spelling), vocabulary (banyaknya kosakata yang kita tahu dan mengerti sehingga bisa mengungkapkan berbagai ekspresi) dan kelancaran dalam berkomunikasi sehingga dapat dengan mudah dipahami secara literal dan konteksnya. Akan tetapi, untuk dapat fasih dalam berbicara bahasa inggris dibutuhkan proses yang cukup panjang yang dibumbui dengan kegigihan dan konsistensi.

KEMAMPUAN SPEAKING MU NGGAK IMPROVED? MUNGKIN KAMU MASIH MELAKUKAN HAL INI!

Namun ada beberapa hal yang harusnya kalian hindari ketika belajar speaking. Apa aja sih? Nah Glos! di bawah ini telah dirangkum beberapa hal yang seharusnya tidak kalian lakukan ketika belajar ngomong bahasa inggris!

1. TAKUT SALAH

Memperhatikan grammar ketika speaking boleh boleh saja asalkan tidak menghambat kalian untuk terus mencoba dan belajar dari kesalahan. Pada dasarnya melatih kemampuan speaking memang harus dipraktekkan, jadi bukan lagi soal teori. Jika kalian tidak mencoba praktik speaking sejak dini karena takut salah, gimana kalian mau improve? Justru ketika kalian melakukan kesalahan maka kalian akan belajar, karena belajar dari kesalahan adalah progres untuk kalian naik ke level selanjutnya.

2. KURANG VOCABULARY

Poin kedua ini tanpa kalian sadari juga sangat penting dan berpengaruh terhadap meningkat tidaknya kemampuan speaking kalian Glos! Kurangnya vocab atau kosakata bisa membuat kemampuan speaking kalian stuck di situ-situ aja dan bisa-bisa malah dibilang level speaking kalian masih basic. Nggak mau kan? Nah inilah mengapa kalian harus upgrade kosakata bahasa Inggris dan pengetahuan-pengetahuan yang berkaitan dengan mencoba ungkapan-ungkapan baru seperti slang words, idioms, dan kosakata yang mungkin sering digunakan oleh native-speaker namun masih jarang diketahui.

3. MALAS PRAKTEK / TIDAK KONSISTEN

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa konsistensi adalah kunci, kunci untuk terus berprogres dan berproses. Jadi teruslah berlatih setiap hari nya dan kalau perlu buatlah jadwal sendiri untuk berlatih speaking. Mulailah dengan berlatih speaking dengan diri sendiri. Cobalah mengungkapkan apa yang ada di fikiran kalian dan berbicaralah dengan lantang. Hal itu untuk membangun kepercayaan diri kalian dalam berbicara bahasa Inggris. Selain itu cobalah berbicara di depan cermin agar kalian memperhatikan gerak mulut dan tubuh ketika berbicara seolah-olah kalian sedang berbicara dengan orang lain. Ketika kalian tidak tahu kosakata bahasa inggris nya, lantas jangan berhenti begitu saja Glos! Cobalah ekspresikan/ungkapkan dengan cara yang berbeda. Atau kalian juga bisa melihat kamus dan jangan lupa untuk mencari tahu bagaimana cara pronunciation dan spelling yang benar terhadap kosa kata yang tidak kalian mengerti.

Nah Glos! dari ketiga hal di atas yang mana nih yang masih kalian lakukan? Hopefully artikel ini bisa menjadi enlighment buat kalian supaya terus mencoba improve kemampuan speaking kalian ya Glos! Jika kalian merasa sulit belajar speaking secara otodidak, kalian bisa mengikuti kelas bahasa secara online di Glolingo loh. Ada beberapa jenis kelas yang bisa kalian ikuti seperti speaking class for business and academic purpose, IELTS preparation class, dan TOEFL preparation class. Nah gimana Glos, lengkap kan? ayo buruan daftar!

Editor: Devanda @devancpn

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping