Toxic Positivity: Ucapan Positif Yang Menjadi Racun!

Uncategorized

Toxic Positivity: Ucapan Positif Yang Menjadi Racun!

Memiliki pemikiran yang positif terhadap suatu kejadian memang merupakan hal yang baik, tetapi berpikir positif secara berlebihan tentu bukanlah hal yang tepat. Toxic Positivity itu sendiri, dilakukan dengan menbolak atau mengabaikan sisi negatif dari apapun. Dan hal itu tentunya bisa menyebabkan efek yang serius pada kesehatan mental.

            Toxic positivity adalah kondisi yang terjadi saat seseorang selalu beranggapan dengan berpikir positif, semua masalah dapat dilewati dengan baik. Orang ini percaya jika dengan selalu positif dapat menjadi cara yang tepat untuk mengatasi semua masalah.

            Toxic Positivity ketika seseroang terus menerus mendorong kita yang sedang ada masalah untuk melihat sisi baik dari kehidupan, tanpa pertimbangan pengalaman yang dirasakan kita atau tanpa memberi kesempatan kita untuk meluapkan perasaannya.

Seperti apa sih contoh Toxic Positivity?

ucapan positif yang menjadi racun
https://www.canva.com/join/bright-walks-outgoing
  1. Semua baik-baik saja

Pernahkah teman kita meyakinkan kalian bahwa “kamu baik-baik saja” dan masalah yang dihadapi tidak sebesar itu secara tidak langsung, yang akhirnya kita jadi menyembunyikan perasaan yang sebenarnya. Sehingga, kita menanamkan pemikiran bawa semuanya baik-baik saja. Hal ini justru mengikis kondisi emosi kita meupun mengikis rasa empati terhadap orang lain.

  1. Menjadi anti dengan perasaan negatif

Kita menjadi lebih sering menolak perasaan negatif untuk muncul dan selalu menunjukkan perasaan positif dalam segala hal. Padahal merasakan emosi negatif perlu juga loh!

  1. Lebih sering menyembunyikan perasaan yang sebenarnya

Hal ini terjadi saat kita mengorbankan emosi dan perasaan, semata-mata hanya untuk membaur dengan orang lain. Bibir tersenyum padahal hati menangis.

            Banyak orang yang menganggap bahwa ketika selalu berpikir positif akan membuat seseorang merasa senang dan mampu mengatasi tantangan yang dihadapi. Tetapi ternyata berpikir positif juga perlu ada “batasannya”. Loh kenapa ada batasannya? Karena Toxic Positivity dapat memberikan dampak seperti:

Kebingungan terhadap emosi sendiri

Toxic Positivity menyebabkan kebingungan oleh emosi yang timbul pada diri sendiri. Tidak berpikir secara realistis, sehingga kebingungan yang timbul tidak mampu mencari solusi terhadap masalah tersebut. Akibatnya, rasa stres semakin bertambah dan menunggu untuk meledak.

Sulit menggambarkan perasaan

Toxic Positivity menimbulkan sulitnya menggambarkan perasaan negatif pada diri sendiri. Sehingga, kita tidak dapat mengeluarkan rasa marah dan kesal terhadap suatu hal. Hal tersebut mengakibatkan orang di sekitar tidak tahu masalah yang dirasakan dan terus beranggapan jika semua baik-baik saja.

Solusinya untuk menghindari Toxic Positivity cobalah untuk memilih lingkungan sosial yang membuat kalian bisa lebih berkembang. Ijinkan diri kita untuk merasakan sedih, kecewa dan emosi negatif lainnya. Merasakan emosi negatif tidak salah dan justru dapat membuat kita lebih mampu memahami kondisi diri kita yang sebenarnya.

Jadi nah itu dia glos, kata-kata positif namun memberikan racun pada mental diri kita sendiri. Yang akibatnya kita tidak bisa menyampaikan atau mengekpresikan hal-hal negatif. Karena dengan mengekpresikan hal yang negatif dapat membuat kita bisa memahami apa yang sedang kita rasakan.

Nah itu glos, udah tau kan apa itu Toxic positivity dan gimana contohnya. Untuk informasi yang lainnya kalian bisa kepoin kita di sini dan media sosial kita yang lain @glolingo_id

Dan untuk kalian yang sedang memerlukan jasa penerjemah bahasa dan juga kursus online interaktif kalian bisa gabung bersama kami. Bukan hanya itu loh, kami juga menyediakan kursus dan tes prediksi TOEFL/IELTS yang anti ribet. Just give it a try, and let’s do it! @glolingo_id

Ditulis oleh Riri Nurandriani @ririnur26

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping