Blog

Jangan Takut! Ini dia Tips Lancar Interview Bahasa Inggris!

Uncategorized

Jangan Takut! Ini dia Tips Lancar Interview Bahasa Inggris!

Interview bahasa inggris – Mencari pekerjaan biasanya cukup membuat banyak orang merasa stress. Namun, lebih menegangkan lagi ketika perusahaan akhirnya memanggil kita untuk wawancara atau interview. Kekhawatiran kita akan meningkat lagi apabila interview dilakukan dalam bahasa Inggris. Bagaimana saya menjawab ini? Apa yang mereka tanyakan? Apa yang harus saya katakan untuk membuat recruiter terkesan dengan saya? 

Panik? Tidak perlu! Semua orang pernah merasakan kegelisahan saat interview kerja dan itu adalah hal yang wajar. Artikel dibawah ini akan membahas tips interview bahasa inggris dan contoh pertanyaan interview bahasa inggris yang sering ditanyakan. Nah, sekarang siapkan catatanmu dan baca artikel dibawah ini ya! 

Tips Interview Bahasa Inggris

Sebelum melakukan wawancara dalam bahasa Inggris, persiapan merupakan hal yang penting karena memungkinkan kamu untuk merasa percaya diri di depan recruiter. Selanjutnya, lakukan riset mengenai perusahaan. Cari tahu sejarah perusahaan dan misinya sehingga kamu memiliki gambaran umum tentang apa yang mungkin ditanyakan recruiter kepada kamu. Karena, biasanya mereka akan mengajukan pertanyaan untuk memahami apakah kamu cocok untuk posisi tersebut dan untuk perusahaan secara umum atau tidak. Pertanyaan interview bahasa inggris yang paling umum adalah:

  • Tell me about yourself
  • What are your strengths? 
  • What are your weaknesses?
  • Why would you like to work here?

Luangkan waktu untuk memutuskan bagaimana menjawabnya dalam bahasa inggris dan bersiaplah untuk memberikan jawaban yang mengacu pada karir masa lalu seperti, pelatihan dan pengalaman kerja sebelumnya. Tetapi hindari menghafal kalimat – trik yang tidak memberikan hasil positif, sebaliknya akan membuat kamu terdengar tidak wajar. Jika kamu kurang mengerti pertanyaannya, mintalah pewawancara untuk mengulanginya. Hal tersebut tidak akan mempengaruhi hasil.

Melakukan simulasi interview bahasa Inggris adalah cara yang baik untuk membantu kamu berlatih mengekspresikan diri secara alami. Cari teman atau partner yang bisa berperan sebagai recruiter dan lakukan simulasi interview. 

Perhatikan baik-baik kecepatan dan kejelasan cara bicaramu. Sangat penting untuk dapat dimengerti dengan sempurna, jadi berbicaralah dengan perlahan tanpa membiarkan dirimu mengambil alih dan mempercepat ritme, membuat terdengar bingung dan tidak jelas. 

5 Pertanyaan Interview Bahasa Inggris Yang Sering Ditanyakan

Kebanyakan recruiter memiliki pertanyaan dasar saat menanyakan kandidat yang diwawancarai. Berikut adalah pertanyaan dan cara menjawab interview bahasa inggris yang paling umum. Yuk lakukan sedikit persiapan, agar kamu lancar berbicara bahasa inggris saat wawancara besok!

1. Tell Me About Yourself

Persiapan pertama yang penting kamu lakukan adalah bagaimana perkenalan diri saat interview bahasa inggris. Setelah menyapa, hal pertama yang mungkin akan diminta oleh recruiter adalah menceritakan tentang dirimu. 

Perkenalan diri saat interview bahasa inggris mungkin tampak mudah. Kamu mungkin pernah melakukannya di sekolah atau universitas, tetapi perkenalan diri saat wawancara kerja sangat berbeda. Hindari mengatakan seperti: I was born in Jakarta. I like to play football and draw on the internet or I have two sisters. Mereka ingin tahu tentang dirimu dan perjalanan karir mu; mereka ingin tahu apakah kamu sesuai dengan posisi yang dilamar. Pastikan kamu tidak menggunakan bahasa gaul atau informal atau membuat kesalahan grammar dasar. 

Sebagai contoh:

My name is Robi. I have worked as a chef assistant in a XYZ Hotel for one year and my duties include assisting the head chef and preparing breakfast. I have always been interested in food and cooking which is why I chose to follow this career path. I attended ABC college, where I earned my first cooking diploma.

2. What are your strengths? 

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui kualitasmu sebagai kandidat, apakah berhubungan dengan yang dicari perusahaan atau tidak. Maka, pastikan kamu sudah melakukan riset tentang orang seperti apa yang cocok untuk pekerjaan ini. Hal yang perlu diingat di sini adalah jangan hanya mencantumkan sejumlah kata sifat (adjective). Berikut adalah contoh cara menjawab interview bahasa inggris untuk pertanyaan berikut: 

Contoh: 

On time / Punctual – I’m a punctual person. I always arrive early and finish my work on time. My previous job had multiple deadlines (times when you had to get things done) and I made sure that I was organized and adhered to (honored) all of my work.

Team-player  – ​​to work well with other people. I consider myself a team player. I love working with other people and I find it much easier to attain something when most are working together and communicating well.

Ambitious – I’m ambitious. I always set goals for myself which motivates me to work hard. I have achieved my goals to this point with my training, education and work experience and now I am looking for ways to enhance myself and grow.

Beberapa perusahaan tidak secara langsung menanyakan tentang kelebihan, mereka bisa menggunakan kata-kata yang berbeda, seperti:

  • Why do you think we should hire you?
  • Do you qualify yourself as the best candidate for this position? why?
  • How do you make sure that you’re the best candidate for this company?

3. What are your weaknesses?

Setiap orang memiliki kelemahan, pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui  bagaimana kamu mencoba memperbaiki kelemahanmu Anda dan recruiter juga ingin tahu seberapa banyak yang kamu ketahui tentang dirimu sendiri. 

Cara menjawab pertanyaan ini adalah mengubah kelemahan-kelemahanmu menjadi sesuatu yang positif. Misalnya, kelemahanmu adalah bekerja lebih lambat dibandingkan yang lain. Kamu bisa menjawabnya dengan:

I am sometimes slower at completing my tasks compared to other people because I really want to improve. I will be able to double or sometimes triple check documents and files to make sure everything is accurate (correct).

5. Where do you see yourself in five years?

Di sini, recruiter bertanya tentang tujuan kamu di perusahaan. Sekali lagi, ini terkait dengan karier, bukan kehidupan pribadimu. Berhati-hatilah dengan apa yang kamu katakan di sini. Kamu bisa menjawab: 

By then I’ll have…I would have liked to… 

  • Improved my skills
  • Created more of a reputation for myself within the industry (become more known for what you do).
  • Enhanced (improved) my knowledge.
  • Achieved a higher position.
  • Become a team leader…

Do you have any questions for us?

Ingat, mereka masih menilai kamu pada pertanyaan ini. Mereka ingin kandidat berbicara. Kamu bisa ajukan pertanyaan yang memperlihatkan kamu tertarik dengan pekerjaan ini, seperti:

  • Do you have any projects that I’d be performing on if I were to be offered the job?
  • Does the company offer training and development programs for staff? 
  • What is the next step?  

Menguasai bahasa Inggris dalam dunia kerja saat ini adalah kemampuan yang sangat dibutuhkan. Belajar bahasa inggris dari sekarang atau ikut mendaftar kursus bahasa Inggris di Glolingo yang akan bantu kamu menjadi lebih percaya diri. Cari tahu lebih lanjut tentang kursus bahasa inggris Glolingo yang dirancang khusus untuk membantu kamu mendapat kesempatan menuju karir yang lebih baik. Mulai dari panduan CV dalam bahasa Inggris hingga berhasil meraih pekerjaan impian!

Oleh: Anastasia Vika

Leave your thought here

Your email address will not be published.

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping