Blog

JANGAN SAMPAI SALAH! INI BEDANYA “BECAUSE OF” dan “BECAUSE”

English Tips and Tricks

JANGAN SAMPAI SALAH! INI BEDANYA “BECAUSE OF” dan “BECAUSE”

Because dan because of – Pernah tidak kamu menemukan kata “because” dan “because of” saat membaca buku atau menonton film bahasa inggris? Memangnya itu salah ketik atau memang jelas berbeda ya? Nah Glos, kali ini Glolingo bakal bocorin jawaban dan penjelasannya, simak yuk!

Oke Glos, kata “because” dan “because of” dalam bahasa inggris memang ada dan keduanya ialah hal yang berbeda. Jadi bukan karena salah ketik yaa. Kedua kata ini biasanya digunakan untuk menjelaskan sebuah alasan di dalam teks bahasa Inggris. Kalau begitu terus bedanya apa? Kapan harus menggunakan because dan kapan harus menggunakan because of?

Baca: Kapan menggunakan I atau me?

Untuk tahu kapan harus menggunakan because atau because of, kamu bisa melihat dari penggunaan kata atau kalimat alasan setelah dua kata tersebut. Jika sebuah pernyataan alasan dalam bentuk noun atau noun phrase saja, maka kamu harus menggunakan “because of” sebelum kata noun atau noun phrase tersebut. Sedangkan jika pernyataan alasan dalam bentuk kalimat yang memiliki subjek dan verb atau predicate, maka kamu harus menggunakan “because” sebelum menulis kalimat tersebut. 

JANGAN SAMPAI SALAH! INI BEDANYA “BECAUSE OF” dan “BECAUSE”

Because

Kata “because” sendiri memiliki arti literal yaitu karena atau sebab. Dalam struktur bahasa inggris, “because” memiliki fungsi sebagai subordinate conjunction. Subordinate conjunction yaitu sebuah kata penghubung yang menghubungkan dua klausa. Klausa adalah susunan kalimat yang mengandung subjek dan kata kerja. Kata penghubung subordinate conjunction ini digunakan pada awal klausa, sebelum subjek dan kata kerja. 

Untuk aturan menggunakan because+clause harus diikuti atau di lengkapi dengan adanya main clause karena kata tersebut (because + clause) tidak dapat berdiri sendiri. Main clause adalah klausa utama atau kalimat yang menjadi pokok bahasan utama.

Susunannya begini:

because + main clause (Subject + Verb) + , (koma) + clause (subjek + Verb)

Main clause (Subject + Verb) + because + clause (subject + verb)

Contohnya:

Mother doesn’t want to eat because her teeth hurt 

(Ibu tidak mau makan karena giginya sakit)

Because the weather was bad, he decided to stay at home. 

(Karena cuacanya sangat buruk, dia memutuskan untuk diam di rumah.)

Because of

Walaupun memiliki arti yang sama yaitu “karena”, namun “because” dan “because of” memiliki arti fungsi yang berbeda, Glos. Because of berfungsi sebagai preposisi yang digunakan sebelum kata benda atau kata ganti. Dalam penulisannya diikuti dengan object yang berupa noun atau phrase, pronoun, atau verb-ing.

Susunannya begini:

Because of + noun phrase/pronoun/verb-ing

Contoh penggunaan:

Because of his mistake, he was not trusted by the boss again

(karena kesalahannya, ia tidak dipercaya kembali oleh bos) 

We get a fine for carelessness 

(Kita mendapatkan denda karena kecerobohannya)

Itulah penjelasan singkat dari Glolingo mengenai perbedaan “because” dan “because of”. Sekarang sobat Glos pasti udah tau kan bedanya. Nah Glos masih bingung mengenai suatu materi atau grammar, untuk persiapan TOEFL, kamu bisa banget menghubungi kami sebagai teman belajarmu, Glos.

JANGAN SAMPAI SALAH! INI BEDANYA “BECAUSE OF” VS “BECAUSE”

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *