Blog

Jangan kuliah ke luar negeri! Kalo Nggak Melakukan hal ini!

Uncategorized

Jangan kuliah ke luar negeri! Kalo Nggak Melakukan hal ini!

Kuliah ke luar negeri – Halo, Glos! Pasti bisa merasakan kuliah di luar negeri terutama di negera empat musim menjadi idaman banyak pelajar Indonesia. Selain bisa merasakan empat musim yang tidak pernah dirasakan di Indonesia, kuliah di luar negeri dipilih karena kualitas pendidikannya yang jauh lebih baik. Pengalaman dan euforia tinggal di negara orang akan menjadi cerita tersendiri dalam kehidupan kalian. Apalagi sambil kuliah, bisa merasakan bagaimana bersaing dengan mahasiswa dari berbagai negara.

Jangan kuliah ke luar negeri sebelum melakukan hal ini!

Apakah kamu tertarik kuliah di luar negeri Glos? Terutama di kampus-kampus yang ada di negara dengan bahasa inggris sebagai bahasa utama? Nah sebelum kuliah ke luar negeri ada baiknya kamu mempersiapkan diri, Glos. Karena mendaftar di kampus luar negeri yang ternama juga susah-susah mudah sih Glos, hehe.

Ini hal-hal yang harus kamu persiapkan sebelum kuliah ke luar negeri:

Persiapkan jauh-jauh hari

Mulailah sesegera mungkin mempersiapkannya setelah kamu memutuskan akan kuliah ke luar negeri. Karena butuh waktu untuk memenuhi beberapa syarat pendaftaran, membuat visa pelajar dan persiapan lainnya. Apalagi kalau kamu ingin mengambil jalur beasiswa atau bantuan keuangan lainnya. Kamu juga harus memenuhi syarat-syaratnya yang tidak bisa disiapkan dalam waktu sehari semalam. Kayak sistem kebut harian aja hehe.

Banyak mencari informasi

Mulai mencari informasi tentang program kuliah, persyaratan masuk, cara mendaftar, atau beasiswa seawal mungkin. Agar kamu memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan semuanya dengan baik. Sebab banyak sekali persiapan yang harus dilakukan sebelum kuliah ke luar negeri.

Tidak lupa untuk mempertimbangkan pilihan dan jurusan kampus. Coba cari informasi keunggulan antara kampus satu dengan yang lain ya, Glos. Jadi jangan hanya kuliah di luar negeri karena negaranya. Namun sebenarnya juga tidak apa-apa memilih kampus karena pertimbangan negaranya. Hanya saja kamu juga harus memerhatikan kualitas kampus dan jurusannya ya Glos.

Ada banyak macam program kuliah di luar negeri di seluruh dunia, dengan tingkat kesulitan dan keunggulan yang berbeda-beda. Ada juga program kuliah yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan gelar dari dua lembaga pendidikan sekaligus, seperti twinning programme. Atau menyelesaikan program kuliah dalam jangka waktu singkat, seperti menyelesaikan program master/S2 dalam satu tahun di Inggris, sementara di negara lain butuh dua tahun.

Menyiapkan biaya

Faktor terpenting saat akan kuliah di luar negeri adalah persiapan budget atau dana. Walaupun kuliah di luar negeri tidak selalu mahal, hanya saja kamu harus mempersiapkannya. Carilah informasi sedetail mungkin biaya apa saja yang diperlukan selama kuliah.

Persiapkan biaya hidup juga selain biaya kebutuhan kuliah. Ketahui berapa biaya hidup di negara tujuan, agar kamu bisa memperkirakan kebutuhan biaya hidup. Jangan sampai biaya kuliah siap, namun biaya hidup belum dipersiapkan.

Baca: Beasiswa Dari Glolingo, Mau?

Kamu juga bisa ambil beasiswa, Glos, untuk meringankan beban biaya. Banyak sekali beasiswa luar negeri yang disediakan oleh berbagai pihak. Cobalah untuk memenuhi apply dan penuhi persyaratannya. Disarankan kamu mencari beasiswa yang mengakomodasi biaya sekolah dan biaya hidup sekaligus, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar.

Belajar Bahasa Asing

Memutuskan kuliah di luar negeri, mau tidak mau kamu harus mempersiapkan skill bahasa asingmu untuk kebutuhan komunikasi. Kenali bahasa utama yang digunakan di negara tempat kamu akan berkuliah di sana. Lalu persiapkan, Glos!

Sebagian besar program disampaikan dalam Bahasa Inggris, bahkan di Jerman sekalipun, banyak program kuliah S1 dan S2 yang disampaikan dalam bahasa Inggris. Selain itu, biasanya salah satu syarat kamu mendaftar kuliah di luar negeri, harus menyertakan sertifikat TOEFL/IELTS. Apalagi kalau kamu ambil beasiswa, menyertakan sertifikat TOEFL/IELTS menjadi syarat wajib.

Baca: Jangan Salah Ambil Tes TOEFL! Ini Bedanya TOEFL ITP vs IBT

Kamu bisa mengambil program persiapan dan tes TOELF/IELTS dari Glolingo. Kelas TOEFL/IELTS dan tesnya diambil dari pemetaan soal bertahun-tahun ETS. Kamu akan mendapatkan Digital Certificate (CEFR + Skor deskriptif per skill included), Potongan diskon aneka ragam dengan syarat dan ketentuan. Pembahasan soal berupa video dan audio dari senior tutor Glolingo (Leeds University, UK) yang akan terbuka di website pasca pengerjaan tes Rekaman kelas premium 18 episodes + materi via website (non donwloadable – konten ekslusif SELAMANYA!).

Buruan daftar melalui https://glolingo.com/toefl/ dan glolingo.com/ielts

Baca: Cara Ikut Kelas Online TOEFL IELTS di Glolingo.com

penulis

Devanda C.P.N

@devancpn

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *