Blog

Pasti Bisa Membangun Kebiasaan Baru dengan Cara ini

Motivasi Diri

Pasti Bisa Membangun Kebiasaan Baru dengan Cara ini

Penulis

Afriana Ajeng Nur Latifah @affr21

Pengamat Langit

Tips Membangun Kebiasaan Baru Ampuh
Souce : https://miro.medium.com/max/700/1*snbuCNPKhLaXKqOEBz3G4g.jpeg

Cara Membangun kebiasaan – Kamu pasti pernah merasakan bagaimana susahnya membangun kebiasaan baru. Menciptakan kebiasaan baru memang sangat menantang. Karena jauh lebih mudah untuk terus melakukan hal yang sering kita lakukan daripada membuat suatu perubahan. Mencipakan habit yang konsisten saja sulit apalagi membangun habit baru.

Ada cara efektik untuk membangun kebiasaan baru yaitu Habit Stacking (penumpukan kebiasaan). Habit stacking adalah metode menambahkan kebiasaan baru diatas kebiasaan lama. Contohnya ketika bangun kemudian melakukan strecthing singkat. Ketika mematikan lampu kamar sebelum tidur, kita bisa menambahkan habit untuk menaruh hape di kamar sebelah, agar tidur kita nyenyak, dll.

Ada 3 langkah untuk melakukan habit stacking:

1. Identifikasi habit yang sudah kita lakukan setiap hari, buat list jika diperlu

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah identifikasi habit yang kita lakukan setiap hari. Hal tersebut biasa apa saja, asalkan dilakukan secara konsisten. Habit ini akan menjadi isyarat kita untuk memulai kebiasaan baru.

2. Tambahkan Habit baru, diatas habit lama tersebut

Misalnya, setiap pagi setelah bangun tidur saya minum air putih – kemudian menulis artikel di medium. Saya mandi – selanjutnya melakukan lima kali push up. Saya membuka laptop – lalu saya menonton Ted Talks.

Tujuan kita adalah untuk menghubungkan kebiasaan baru yang kita inginkan dengan habit lama. Setelah kita menyelesaikan kebiasaan saat ini, kita akan melakukan kebiasaan baru. Kebiasaan lama kita akan menjadi pemicu kebiasaan baru.

3. Permudah situasi agar Habit baru bisa terlaksana

Saat kita menciptakan habit baru, kita ingin membuatnya semudah mungkin bukan?. Tujuan akhirnya mungkin untuk melakukan lima puluh push up atau mempelajari selama satu jam per hari, tetapi pada awalnya kita ingin membuatnya mudah untuk membangun kebiasaan. Dengan menerapkan kebiasaaan baru secara bertahap, kita dapat meningkatkan kebiasaan baru dengan berhasil. Tidak apa-apa perlakan dan sedikit asalkan tidak sama sekali. Tidak peduli seberapa lelah kita harus melakukannya, karena kita sedang menanam benih untuk menciptakan kebiasaan yang konsisten.

Demikian langkah yang bisa kita lakukan untuk membangun kebiasaan baru. Meskipun tidak mudah bukan berarti tidak bisa kan? . Nah, jika kamu ingin megetahui tips-tips lain masih banyak lho di glolingo. Selain artikel yang sangat bermanfaat, kamu juga bisa menambah kebiasaan belajar bahasa inggris dengan metode baru di glolingo. Jadi, kamu tunggu apalagi? Buruan kepoin glolingo baik di Instagram, Linkedin bahkan di tiktok juga ada lho!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *