Blog

British dan American English? Adakah Perbedaannya?

Uncategorized

British dan American English? Adakah Perbedaannya?

British dan American English – Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional yang telah digunakan oleh hampir seluruh orang di dunia, dan sebagai alat untuk berkomunikasi, bahasa Inggris ternyata memiliki dua macam tipe yang berbeda. Kedua tipe itu diantaranya adalah British dan American English. Untuk kebanyakan orang mungkin kedua tipe ini kelihatan sama saja, tetapi mereka ini ternyata memiliki perbedaan yang cukup jelas jika dibandingkan satu sama lain. Penasaran kira-kira apa saja perbedaan British dan American English? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

British dan American English? Adakah Perbedaannya?

Antara British dengan American English memang kelihatan tidak ada bedanya, tapi jika kita perhatikan dengan lebih seksama keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas, mulai dari aksen yang digunakan, kosa kata, pengejaan kata atau spelling, sampai dengan susunan kalimat atau grammar yang mereka gunakan saat berbicara. Nah, di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut perbedaan British dan American English.

1. Aksen

Hal pertama yang ada pada perbedaan British dan American English adalah perbedaan aksen. Aksen diantara kedua tipe bahasa ini bisa begitu kentara perbedaannya ketika kita mendengar ada orang yang asli berasal dari negara Inggris berbicara dengan orang yang asli berasal dari Amerika. Bagi kalian yang sudah sering menonton film asing dengan pemain-pemain yang berasal dari dua negara ini mungkin bisa dengan mudah mengetahui perbedaan aksen British dan American English.

Poin utama yang menjadi pembeda yang cukup jelas diantara kedua tipe bahasa ini adalah dari cara pelafalan huruf “r” yang terkandung dalam sebuah kata. Cara pelafalan huruf “r” dalam aksen British itu terdengar tidak terlalu jelas ketika huruf tersebut berada di akhir kata, dan baru akan terdengar jelas ketika huruf “r” berada di awal kata. Sedangkan untuk aksen American English, cara pelafalan huruf “r” sangat jelas, baik itu ada di awal ataupun di akhir.

2. Kosa Kata

Perbedaan British dan American English yang berikutnya adalah kosa kata. Dalam hal ini memang ada beberapa kosa kata dalam British dan American English yang berbeda, namun memiliki makna yang sama. Jika ada yang sudah paham betul apa saja perbedaan kosa kata British dan American English, pasti akan langsung mengetahuinya. Contoh kosa kata yang berbeda yang bisa disebutkan di sini yaitu kata penghapus, dalam British English disebut rubber, sedangkan dalam American English disebut dengan eraser. Selain itu ada kata pesawat, untuk British English mereka menyebutnya dengan aeroplane, sementara American English menyebutnya dengan airplane.

3. Pengejaan Kata atau Spelling

Hal selanjutnya adalah perbedaan pengejaan kata atau spelling. Pasti kita sering menemukan ada beberapa perbedaan spelling atau pengejaan, tetapi memiliki arti atau makna yang sama, baik itu ada satu huruf atau dua huruf yang berbeda. Nah, dari spelling inilah juga perbedaan British dan American English bisa dilihat. Beberapa contohnya yaitu, arbor dalam British English ditulis menjadi arbour, untuk kata enamored dalam British English ditulis menjadi enamoured, dan contoh lainnya mostache dalam British English ditulis menjadi moustache.

4. Grammar atau Susunan Kalimat

Dan hal terakhir dari perbedaan British dan American English adalah perbedaan grammar. Perbedaan grammar British dan American English bisa kita ketahui pada saat mereka berkomunikasi. Perbedaan grammar ini bisa dilihat dari bagaimana orang Inggris asli atau orang Amerika memilih untuk menggunakan susunan kalimat atau grammar yang seperti apa ketika berkomunikasi. 

Untuk orang Inggris asli, mereka lebih memilih untuk menggunakan susunan kalimat dalam bentuk present perfect untuk menceritakan kejadian yang belum lama terjadi. Sementara itu, orang Amerika akan menggunakan susunan kalimat dalam bentuk past simple. Contoh kalimatnya yaitu, “she drank a glass of milk this morning,” itu adalah susunan kalimat yang akan digunakan oleh orang Amerika, dan “she has drink a glass of milk this morning” adalah apa yang akan orang Inggris asli ungkapkan secara grammatical.

Empat hal di atas adalah beberapa perbedaan British dan American English yang bisa kalian ketahui. Gimana, sekarang jadi lebih jelas dan pahamkan kenapa bahasa Inggris itu bisa ada dua tipe, British dan American English. Dan semoga dengan adanya penjelasan singkat ini keinginan kalian untuk belajar bahasa Inggris jadi semakin meningkat ya.

Yuk, terus tingkatkan bahasa Inggris kalian! Kalian bisa banget lho ikuti terus upadet-an social media Glolingo untuk menambah skill berbahasa Inggris kalian karena di Glolingo akan ada konten-konten menarik yang bisa membantu kalian dalam memperdalam skill berbahasa Inggris. Jadi, jangan lupa untuk ikuti akun social media Glolingo ya!

Oleh: Nadira

Baca: Belajar Bahasa Inggris Udah Nggak Penting, Tapi KEBUTUHAN!

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping