Blog

Berikut 5 Tips Hadapi Soal Listening TOEFL dengan Mudah!

Uncategorized

Berikut 5 Tips Hadapi Soal Listening TOEFL dengan Mudah!

Listening TOEFL – Sekilas, soal listening TOEFL mungkin terlihat mudah. Kita hanya perlu mendengarkan beberapa percakapan singkat kemudian menjawab beberapa pertanyaan. Sederhana, bukan? Namun pada kenyataannya, bagian Listening kerap kali menantang karena mengharuskan Sobat Glo mengingat informasi dari rekaman percakapan berdurasi beberapa menit dan kemudian menjawab pertanyaan seputar informasi spesifik yang telah disebutkan dalam percakapan tersebut.

Nah, bagaimana sih cara menghadapi soal Listening Section pada saat tes TOEFL dengan mudah dan efisien? Sobat Glo simak tips berikut ini ya!

Listening Section 

Listening section adalah salah satu dari empat bagian pada tes TOEFL berdurasi selama 30-40 menit dan mencakup 50 soal. Terdapat tiga jenis audio yang akan diputar dalam listening section: dialogues, short conversation/class discussion dan mini-lectures

Jenis percakapan atau lectures yang diberikan akan serupa dengan percakapan di sekolah atau universitas, seperti percakapan antara seorang siswa dan guru, diskusi kelas, kuliah oleh seorang profesor, atau skenario serupa. 

Beberapa pertanyaan pada bagian listening, audio dapat diputar ulang, tetapi selain itu, kamu hanya akan mendengar audio sekali dan tidak memiliki opsi memutar ulang. Bagian listening bertujuan untuk menguji kemampuanmu dalam memahami bahasa Inggris secara lisan, mendengarkan pemahaman pragmatis, dan menghubungkan serta menyatukan informasi dalam bahasa inggris. 

Tips Menghadapi Soal Listening TOEFL

Berikut adalah tips mengerjakan soal bagian Listening pada tes TOEFL. Dicatat ya!

1. Fokus saat audio sedang diputar

Ketika melakukan tes TOEFL, pikiranmu mungkin dengan mudah mengembara selama mengerjakannya. Namun, jangan sampai hal itu terjadi saat mengerjakan soal listening. Setiap soal hanya memutarkan audio satu kali, jadi jika kamu melewatkan poin penting, kamu akan kesulitan menjawab pertanyaan. Jadi prioritaskan perhatianmu ketika sedang mendengarkan ya!

2. Fokus pada gagasan utama percakapan

Jangan mencoba memfokuskan pikiran pada semua yang terdengar. Karena, kemungkinan kamu akan kehilangan beberapa poin penting karena pikiranmu mencoba menyerap setiap kata. Sebaliknya, fokuslah pada ide-ide utama dalam percakapan.

Jika terdapat soal listening tentang perkuliahan, cermati topik serta tujuan si speaker. Catat poin utama untuk memudahkan mengingat siapa mengatakan apa. Sebagian besar pertanyaan Listening TOEFL akan fokus pada poin utama daripada detail kecil, jadi fokuskan perhatianmu pada poin pertama.

3. Sering mendengarkan percakapan bahasa inggris

Tips penting saat bagian listening adalah tidak mengejutkan saat mendengarkan bahasa Inggris secara teratur. Selain rutin mengerjakan soal latihan listening TOEFL, kamu bisa mendengarkan radio, stasiun berita, film, acara tv, dan podcast dalam bahasa Inggris. Semakin banyak mendengar bahasa Inggris, semakin baik kemampuan mendengarkanmu dan semakin mudah dalam mengerjakan soal ujian. Coba dengarkan beberapa audio bahasa Inggris dengan kebisingan latar belakang, seperti wawancara yang dilakukan di luar atau di depan orang banyak. Rekaman Listening TOEFL terkadang sengaja menyertakan suara latar, jadi usahakan terbiasa dengan hal itu.

4. Mendengarkan aksen bahasa inggris yang berbeda

Tips selanjutnya yaitu mendengarkan bahasa Inggris lisan dengan aksen beragam. Soal Listening TOEFL akan mencakup setidaknya satu aksen bahasa Inggris penutur asli di luar aksen Amerika. Ini dilakukan untuk mempersiapkan peserta menghadapi berbagai aksen bahasa Inggris yang kemungkinan besar akan ditemui di dunia nyata. Aksen ini akan datang dari Inggris, Australia, atau Selandia Baru.

5. Ikuti Pelatihan atau Kursus 

Semakin sering mengerjakan latihan, semakin kamu dapat mengidentifikasi kelemahanmu. Dalam hal ini, kemajuan lebih cepat dan efektif yang terbaik adalah memiliki tutor di sepanjang perjalanan belajarmu.

Kamu dapat mengikuti kursus  atau belajar dengan tutor di masing-masing bidang tersebut. Umumnya, sulit bagi pembelajar mandiri mengetahui di mana mereka berdiri: apakah kemajuan telah dicapai, apakah ada kesalahan yang tidak disadari yang dilakukan berulang kali, atau apakah mereka sudah siap menghadapi ujian TOEFL. Dengan mengikuti kursus dengan tutor atau pendidik ahli, kamu memiliki seseorang untuk mengidentifikasi kesenjangan dalam proses belajar, menunjukkan kelemahan dan memberimu panduan yang tepat dalam mengasah setiap keterampilan dan menangani setiap bagian dari ujian.

Contoh Soal Listening TOEFL

Berikut adalah contoh soal listening TOEFL yang umumnya sering muncul pada saat ujian nanti. Agar kamu bisa mendapat gambaran sewaktu menghadapi tes TOEFL, simak tiga soal latihan listening TOEFL dibawah ini ya!

  1. In this part of the test, you will hear a short conversation between two people. After each conversation you will hear a question about the conversation. The conversation and question will not be repeated. After you hear a question, read the four possible answers in your test book and choose the best answer.

Student: I’ll have all the resources, all the books and information I need right here in one place!

Librarian: Yup, that’s the idea!

Which sentence best expresses what the librarian means when she says this:

Librarian Yup, that’s the idea!

  1. I wish this were true
  2. That is not a very good idea
  3. Thanks for your suggestion
  4. That is what we intended

2. A: Was there anything you didn’t like about the novel?

B: Only that it was too short. 

What does speaker B imply about the novel?

  1. She enjoyed it very much
  2. She thought it was too long
  3. She thought it was boring
  4. She only liked the ending

3. A: Should I fill out this form with a pen or a pencil?

B: What difference does it make?

What does speaker B mean?

  1. Either a pen or pencil can be used
  2. It’s not necessary to fill out the form
  3. She doesn’t have either a pen or a pencil
  4. A pen is better than a pencil. 

Dibutuhkan kemampuan mendengarkan yang kuat, serta konsentrasi yang baik dalam mengerjakan soal Listening TOEFL. Selain mengetahui jenis rekaman dan pertanyaan apa yang diharapkan pada bagian ini, juga perlu mempelajarinya secara rutin. 

Buat Sobat Glos yang ingin sukses menguasai skill listening untuk mengikuti ujian TOEFL, bisa banget loh ikut kursus TOEFL/IELTS di Glolingo. Kita akan menemanimu untuk mempersiapkan diri sampai kamu benar-benar siap. Yuk daftar sekarang!

Oleh: Anastasia Vika

Baca: Pilih Yang Mana Ya Antara Tes TOEFL dan IELTS?

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping