Blog

Grammar itu Sulit? Ini 5 Cara Mudah Belajar Grammar

Uncategorized

Grammar itu Sulit? Ini 5 Cara Mudah Belajar Grammar

belajar grammar – Dalam mempelajari bahasa Inggris, hal apa yang menurut kalian cukup sulit untuk dipelajari atau dikuasai? Pasti kebanyakan dari kalian akan menjawab grammar. Grammar bahasa Inggris memiliki berbagai macam jenis dengan berbagai macam aturan, itu kenapa beberapa orang jadi sedikit sungkan untuk mempelajarinya lebih jauh. Sebenarnya grammar itu bisa dipelajari dengan mudah dan juga menyenangkan jika kita tahu dasar-dasarnya. Nah, bagi kalian yang mau mempelajari grammar, Glolingo punya cara mudah belajar grammar nih untuk kalian. Jadi simak terus artikel ini ya!

Grammar itu Sulit? Ini 5 Cara Mudah Belajar Grammar

Grammar merupakan tata bahasa, dimana dalam bahasa Inggris ada total 16 jenis tenses dengan struktur yang berbeda-beda yang harus dikuasai jika kalian ingin belajar grammar bahasa Inggris. Memahami grammar dengan tenses yang sebanyak itu memang sepertinya sulit untuk dilakukan, tapi kalian tidak perlu khawatir karena di bawah ini akan Glolingo sebutkan 5 cara mudah belajar grammar.

1. Pahami Struktur Dasar Kalimat Bahasa Inggris

Cara belajar grammar bahasa Inggris yang mudah yang pertama adalah pahami terlebih dahulu struktur dasar kalimat bahasa Inggris. Kalimat bahasa Inggris memiliki struktur dasar S+V (subjek+verb), dan kedua hal ini adalah poin penting dalam kalimat bahasa Inggris, jika salah satunya hilang kalimat bahasa Inggris itu tidak akan bisa menjadi suatu kalimat yang utuh. Jadi ingat baik-baik struktur dasar ini ya.

2. Pahami 3 Tenses Dasar

Cara belajar grammar bahasa Inggris yang kedua bisa dilakukan dengan memahami 3 tenses dasar dalam grammar bahasa Inggris yaitu, simple present tense untuk kalimat dari kejadian yang sedang terjadi, simple past tense untuk kalimat dari kejadian yang sudah terjadi, dan simple future tense untuk kalimat dari kejadian yang akan datang. Ketiga tenses ini adalah tenses yang paling dasar, sehingga jika kalian sudah bisa memahami dengan baik ketiga tenses ini, kalian juga akan mudah untuk memahami tenses yang lainnya dengan begitu grammar tidak akan terasa sulit lagi untuk dipelajari.

3. Banyak Membaca Buku atau Artikel dalam Bahasa Inggris

Cara mudah belajar grammar yang ketiga adalah dengan banyak membaca buku atau artikel berbahasa Inggris. Dengan membaca kalian akan dengan mudah memahami struktur kalimat bahasa Inggris karena kalian akan menemukan begitu banyak bentuk kalimat. Mempelajari grammar dari buku atau artikel ini bisa kalian mulai dari text yang singkat dan mudah untuk dipahami, kemudian perlahan-lahan baru kalian tingkatkan dengan membaca teks yang lebih kompleks.

4. Belajar dari Film atau Serial TV Berbahasa Inggris Favorit

Cara belajar grammar bahasa Inggris juga bisa kalian lakukan dengan menonton film atau serial TV favorit kalian. Ketika kalian sedang menonton film atau serial TV favorit kalian yang berbahasa Inggris, coba ganti subtitle bahasa Indonesia yang biasanya kalian gunakan dengan subtitle bahasa Inggris, sehingga kalian bisa mengetahui setiap bentuk kalimat yang digunakan di setiap kejadian yang sedang dialami pemain di dalam film atau serial TV yang sedang kalian tonton.

5. Praktekan Apa yang Sudah Dipelajari

Cara belajar grammar yang terakhir adalah mempraktekan apa yang sudah kalian pelajari secara teori. Jika kalian sudah memahami secara teori grammar bahasa Inggris, dari yang dasar sampai yang paling kompleks, waktunya untuk mempraktekannya. Kalian bisa mempraktekan apa yang sudah kalian pelajari dengan berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan saudara, orangtua, atau teman dekat, atau jika kalian merasa agak malu untuk melakukannya bersama dengan orang lain, kalian bisa memulainya dengan berbicara pada diri sendiri di depan kaca. Selain itu, kalian juga bisa mempraktekannya dengan cara menulis, seperti dengan menulis diary. Ceritakan saja secara singkat apa saja yang telah kalian lakukan. Atau jika kalian memang suka menulis, coba tulis cerita fiksi dengan menggunakan bahasa Inggris. Dengan begitu kalian akan jadi terbiasa untuk merangkai kalimat dalam bahasa Inggris secara gramatikal yang benar.

Nah jadi, itu tadi adalah 5 cara mudah belajar grammar bahasa Inggris. Ternyata memang tidak sulitkan untuk mempelajari grammar, apalagi kalau kita sudah punya kemauan dan juga tekad untuk belajar, grammar bahasa Inggris yang awalnya kelihatan sulit untuk dipelajari akan terasa lebih mudah. Buat kalian-kalian yang ingin terus meningkatkan grammar bahasa Inggrisnya, jangan lupa terapkan cara-cara di atas ya!

Buat kalian yang sedang mencari kursus dan prediction test TOEFL/IELTS yang terjangkau, di Golingo ada lho. Selain itu juga ada jasa menerjemahkan dokumen yang pastinya juga terjangkau dengan hasil yang memukau. Untuk informasi lebih lanjut bisa follow akun Instagram Glolingo di @glolingo_id. Di sana juga akan ada banyak konten-konten menarik seputar bahasa Inggris. Dan jangan lupa kunjungi website Glolingo di www.glolingo.com untuk artikel-artikel menarik lainnya.

Referensi: https://jasa-translate.com/belajar-grammar-cepat/ https://www.ican-education.com/blog/cara-mudah-untuk-menguasai-grammar-bahasa-inggris/ https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-info/p-tips-belajar-grammar-bahasa-inggris/

Oleh: Nadira Ayu

Baca: Gerund: Bukan Sebagai Kata Kerja Tetapi Kata Benda

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping