Membaca Buku Sangat Penting! Kenapa?

Uncategorized

Membaca Buku Sangat Penting! Kenapa?

Membaca Buku – Seperti yang dikatakan pepatah bahwa buku adalah jendela dunia. Benar sekali atas kata-kata bijak tersebut. Apalagi kamu seorang pelajar atau mahasiswa, wah wajib banget untuk sering baca buku.

Kalau kita menengok sejarah bahwa para tokoh dunia yang sukses, mereka berhasil sebab memiliki kegemaran membaca buku. Informasi dari buku juga lebih terjamin kevalidan isinya daripada media digital.

Membaca Buku Sangat Penting! Kenapa?
source: https://www.freepik.com/free-photo/lovely-asian-young-lady-portriat-happy-woman-lifestyle-concept_4351294.htm#page=1&query=reading%20book&position=5

Namun anak muda zaman sekarang mager atau malas untuk membaca buku. Mereka menganggap bahwa baca buku tidak wajib. Yah walaupun tidak wajib namun tetap penting sekali menjadikan kegiatan membaca sebagai kebiasaan.

Buat yang masih belum tau sebenarnya kenapa harus membaca buku dan sedemikian pentingnya aktivitas ini. Berikut adalah beberapa alasan yang membuat membaca adalah kegiatan penting.

1. Menambah wawasan dan pengetahuan secara lebih dalam

Buku kaya akan wawasan adn pengetahuan. Baik buku non-fiksi atau fiksi, semuanya memiliki informasi sesuai jenisnya.

Biasanya buku non fiksi mengandung pengetahuan yang komprehensif dan mendalam, pembahasan lengkap, dan rinci. Hal ini akan memberikan pengetahuan lebih mendalam mengenai suatu bidang ilmu.

Baca: Belajar Morphology

Sedangkan buku fiksi akan memberikan pembaca persepketif atau sudut pandang lain dari suatu kejadian atau kehidupan.

Dalam belajar ilmu pengetahuan kamu juga harus belajar melalui buku loh Glos, selain belajar dari media online. Misalnya kalau kamu belajar bahasa Inggris.

Jangan hanya manfaatkan platform belajar online atau kursus saja, tapi kamu tetap harus belajar bahasa Inggris dari buku juga. Sebab kevalidan informasi dari buku lebih terjamin. Selain itu coba lah mengikat ilmu melalui kegiatan membaca buku.

Membaca Buku Sangat Penting! Kenapa?

2. Membentuk Mindset

Pola pikir manusia akan bergantung pada referensi masing-masing individu. Jika referensimu tiap hari adalah video-video motivasi, maka pola pikirmu lambat laun akan membentuk mindset berdasarkan motivator-motivator yang tiap hari kamu dengar.

Sama halnya dengan referensi buku. Selain menambah pengetahuan, buku bisa membentuk pola pikir bagi pembaca.

Pola pikir yang baik dan bijak adalah mindset yang memiliki pengetahuan dan informasi yang cukup. Informasi dan pengetahuan itu didapat melalui kegiatan membaca buku.

Bahkan mindsetmu akan mampu memengaruhi keputusan-keputusan yang akan kamu ambil dari sebuah pilihan atau masalah. Sebab mindset tersebut lah yang menjadi landasan utama kamu dalam memutuskan.

3. Meningkatkan keterampilan membaca

Jika kamu telah meluaskan bahan bacaan pada buku-buku berbahasa asing terutama bahasa Inggris, hal ini mampu meningkatkan skill membacamu dalam bahasa Inggris. Biasa disebut close-reading.

Karena baca buku dengan bahasa asing lebih tinggi tingkat kesulitannya dalam memahamai suatu bacaan daripada memahami buku dengan bahasa Indonesia atau bahasa lokal.

Oleh karena itu cobalah untuk membaca dengan buku berbahasa Inggris, agar skill baca atau close-reading dalam bahasa Inggris meningkat.

Baca: Tips Belajar Yang Benar dan Pasti Berhasil

4. Meningkatkan Memori Otak

Jika kamu memiliki masalah dalam hal mengingat dan berkonsentrasi, cobalah untuk memulai kebiasaan dengan baca buku.


Sebab dengan banyak membaca, otak kita juga akan mendapatkan asupan berupa ilmu. Kamu akan terus diajak untuk berpikir ketika membaca buku, terutama ketika menemukan permasalahan-permasalahan atau teka-teki tertentu. Sehingga bisa meningkatkan daya ingat.

Menurut beberapa riset bahwa kebiasaanbaca buku dapat memacu otak untuk berpikir dan berkonsentrasi. Hal ini diperkuat dengan temuan yang dipublikasikan oleh jurnal Neurology yang menunjukkan bahwa mereka yang memiliki kebiasaan membaca berisiko lebih rendah mengalami kepikunan.

5. Meningkatkan Empati

Keuntungan lain ialah meningkatkan empati. Sadar atau tidak saat kamu membaca buku jenis fiksi, kamu akan memperoleh kemampuan yang lebih tinggi dalam memahami perasaan dan keyakinan orang lain.

Karena kamu terbiasa dengan eksplorasi karakter, kehidupan batin, masalah, konflik yang ada dalam cerita.

Baca: Tetap produktif selama liburan semester dengan kegiatan ini!

Nah sobat Glolingo, jadi itulah beberapa alasan penting kenapa kamu harus membaca buku. Jangan jadikan aktivitas ini adalah kegiatan membosankan, namun jadikan kegiatan santai untuk mencari hiburan.

Penulis Devanda Candra Putri Nugraha

@devancpn

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping