Blog

8 Alasan Mengapa Kuliah di Luar Negeri Itu Seru Banget!

Uncategorized

8 Alasan Mengapa Kuliah di Luar Negeri Itu Seru Banget!

Kuliah di luar negeri – Kira-kira perlu ga sih melanjutkan studi sampai ke luar negeri? Sobat Glos, kuliah di luar negeri adalah salah satu pengalaman paling berharga dan memuaskan yang bisa didapatkan sebagai seorang pelajar. Apabila kamu pergi ke luar negeri untuk kuliah, kamu memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi beragam budaya dari negara yang berbeda. Belajar di luar negeri tidak hanya memberimu pengalaman yang diperlukan, tetapi juga membuka peluang bekerja di perusahaan internasional. Selain kesempatan untuk mendalami dan mendapatkan gelar dari institusi ternama, ada beberapa faktor lain yang menjadi alasan kuliah di luar negeri. Apa aja sih? Cek artikel berikut yuk!

Alasan Kuliah di Luar Negeri: Sistem Pendidikan Multi-Dimensi

Kesempatan untuk memiliki akses ke sistem pendidikan terbaik adalah salah satu motivasi pertama untuk mulai belajar di luar negeri. Finlandia, Amerika Serikat, Inggris, Denmark, dan negara-negara lain diakui sebagai penyelenggara pendidikan terkemuka di dunia. Ketika kamu berpartisipasi dalam program pertukaran pelajar internasional atau lolos program beasiswa kuliah di luar negeri, kamu akan memiliki kemampuan untuk melihat dan mengamati berbagai model pendidikan, mengenal lebih dalam tentang sejarah negara lain, dan berkembang lebih dari yang kamu kira. Tentu saja, pendidikan adalah pertimbangan utama untuk belajar di luar negeri, dan memilih universitas yang tepat sangatlah penting.

Meningkatkan Kemampuan Bahasa Asing

Sebagai pembelajar bahasa yang antusias, keuntungan ini tidak diragukan lagi merupakan prioritas para pelajar sebagaii alasan kuliah di luar negeri! Kemampuan tak tertandingi untuk belajar bahasa dari penutur asli adalah daya tarik terbesar untuk belajar di luar negeri. Banyak penduduk lokal akan senang jika kamu mulai berbicara dengan mereka secara mendasar (halo, ya, terima kasih, sampai jumpa), dan inti dari hampir semua interaksi sehari-hari dapat ditafsirkan menggunakan bahasa tubuh, isyarat tangan, dan ekspresi wajah. Manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya, karena kamu tidak pernah tahu kapan ini akan berfungsi sebagai penyelamat.

Peluang Kerja Selama Program Studi

Saat kamu memutuskan daftar kuliah di luar negeri, kamu sudah membuat investasi keuangan yang signifikan. Pelajar internasional diizinkan untuk bekerja hingga jumlah jam tertentu setiap dua minggu selama semester atau jumlah jam yang tidak terbatas selama liburan semester. Mampu bekerja di negara asing sambil belajar tidak hanya memberikan bantuan keuangan tetapi juga memungkinkan kamu untuk mendapatkan pengalaman yang sangat berharga. Bekerja sambil kuliah di luar negeri memungkinkan kamu untuk belajar bahasa Inggris percakapan sambil tetap mengembangkan keterampilan lain yang berguna seperti kerja tim dan manajemen waktu. Ada juga program magang, yang sangat bermanfaat untuk masa depan kamu.

Mempunyai Keunggulan Yang Kompetitif

Siswa yang belajar secara internasional juga menonjol dari pencari karir lainnya karena mereka telah memperoleh kualitas yang hanya dapat diperoleh melalui interaksi asing, seperti komunikasi lintas budaya yang baik, perspektif global, dan pengenalan norma, aturan, dan peraturan internasional. Sebagai mahasiswa asing, kamu dapat belajar dari individu dari berbagai budaya dan tempat, yang memastikan bahwa masing-masing akan membawa solusi dan sudut pandang mereka sendiri.

Selain itu, belajar di negara dengan lingkungan yang cepat berubah atau suasana pasar yang kompetitif memungkinkan kamu memperoleh wawasan langsung dan belajar beradaptasi dengan cepat dan gesit terhadap keadaan yang tidak terduga. Kemampuan beradaptasi dan keterpaparan terhadap beragam sudut pandang ini menjadikan kamu pilihan yang diinginkan dan membuat kamu menonjol di dunia kerja yang semakin kompetitif.

Melatih Kemandirian dan Pengambilan Keputusan

Menuju ke universitas adalah pengalaman baru bagi setiap siswa, baik di luar negeri atau di dalam negeri. Tapi pergi ke luar negeri untuk kuliah bisa jadi menakutkan. Kuliah di luar negeri akan menjadi motivator untuk mendorongmu keluar dari zona nyaman dan mempersiapkan diri untuk memulai hidup baru sendiri di negara baru. Mengembangkan keterampilan pribadi, bepergian sendirian melintasi kota, dan bekerja jauh dari rumah memungkinkan kamu untuk lebih memahami diri sendiri, mengembangkan minat yang berbeda, dan menjadi mandiri sepenuhnya.

Relasi Internasional

Bahkan setelah bertahun-tahun belajar di luar negeri, kamu akan dengan senang hati mengingat kembali pengalaman yang paling berkesan, bersatu kembali dengan teman satu angkatan kamu suatu hari nanti dan tetap berhubungan dengan orang-orang yang kamu kenal selama berada di sana. Perpaduan beragam orang dan gaya hidup negara tempat kamu tinggal akan memberimu pengalaman unik yang ramah dan membantu.

Memiliki dan menerima komunitas dari seluruh dunia adalah yang membedakan pendidikan luar negeri dari yang lainnya.

Eksplorasi Budaya yang Berbeda 

Berbagai manfaat kuliah di luar negeri termasuk membenamkan dirimu di dunia yang berbeda. Kamu akan diperkenalkan dengan banyak rasa yang berbeda, tradisi asli, dan acara lokal selama studi. Ini tidak hanya akan membantumu menemukan gairah dan aktivitas baru, tetapi juga akan sangat meningkatkan pemahaman lintas budaya kamu, yang merupakan kemampuan penting dalam lingkungan global saat ini. Terjun langsung ke dunia asing juga bisa membuat kamu menjadi lebih berpikiran terbuka. Mempelajari cara menjaga pikiran terbuka terhadap pengalaman baru adalah praktik yang dapat berguna baik secara profesional maupun pribadi.

Peluang Travelling

Saat kamu kuliah di luar negeri, mengapa tidak memanfaatkan waktu luang untuk mengunjungi negara tempat kamu belajar atau negara tetangganya? Jika kamu akan kuliah di pusat kota, kamu akan dapat dengan nyaman dan terjangkau mencapai negara-negara tetangga melalui jalan darat, kereta api, bus, atau feri. Misalnya, jika kamu belajar di Serbia, kamu akan memiliki akses mudah ke beberapa negara seperti Hongaria, Kroasia, Bosnia, dan Herzegovina. 

Ada banyak cara untuk kuliah di luar negeri, seperti student exchange atau beasiswa kuliah di luar negeri. Program-program tersebut memberi pelajar kesempatan sekali seumur hidup untuk memperoleh pengalaman yang tidak terbatas hanya pada kurikulum. Ini adalah satu-satunya kesempatan untuk berkeliling dunia tanpa batasan apa pun. Manfaat kuliah di luar negeri adalah mendapatkan kesempatan bagus untuk belajar lebih banyak tentang dunia dan diri sendiri dan kamu harus memanfaatkannya sebaik mungkin. 

Buat kamu yang bertekad untuk daftar kuliah di luar negeri, Glolingo bisa banget bantu persiapan kamu loh! Yuk segera hubungi kontak sosial media atau kunjungi @glolingo_id di Instagram sekarang ya!!

Oleh: Anastasia Vika

Baca: Sulitkah untuk Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri?

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping