Blog

7 Jenis Adjective Penting Saat Belajar Bahasa Inggris

Uncategorized

7 Jenis Adjective Penting Saat Belajar Bahasa Inggris

Adjective – Kata sifat atau adjective dapat menambahkan warna dan kehidupan pada kalimat serta menambah informasi penting, tetapi bukan itu saja. Kata sifat memiliki banyak kegunaan lain. Mereka dapat menjelaskan kuantitas (berapa banyak) dan kualitas (seberapa baik) sesuatu, dan mereka dapat membantu membandingkan dua hal. Kata sifat digunakan lebih sering daripada dalam kalimat bahasa inggris. Mereka adalah alat yang berguna untuk berbicara bahasa inggris dengan baik, jadi penting untuk mempelajari cara menggunakannya dengan benar.

“My dog had each of these four adorable puppies.”

Jika kita menghapus semua kata sifat dari kalimat ini, apa yang tersisa?

“Dog had puppies”

Aneh, bukan? Kita menggunakan adjective sepanjang waktu, terkadang tanpa menyadarinya!

Set of adjective words with children expressing their feelings illustration

Apa Itu Adjective?

Nah, apa itu Adjective? Adjective adalah kata sifat yang memodifikasi (mengubah) kata benda, kata ganti dan kata sifat lainnya. Dalam kalimat “he was fast”, kata “fast” merupakan kata sifat yang menjelaskan kata ganti “he”. Berikut adalah contoh kalimat adjective dalam bahasa Inggris:

“The quick brown cat jumps over the lazy dog.”

Dalam kalimat ini, contoh adjective berada di kata “quick”, “brown”, dan “lazy” adalah adjective. Semua kata ini menggambarkan atau entah bagaimana memodifikasi kata benda.

Jadi, kalian mungkin sudah tahu tentang kata sifat seperti ini, seperti “quick”, “beautiful”, dan “ugly”, yang digunakan untuk menggambarkan orang, tempat, dan benda.

3 Derajat Adjective yang Berbeda

Kata sifat juga memiliki derajat yang berbeda. Tiga derajat tersebut adalah positif, komparatif dan superlatif. Kapan kalian menggunakannya tergantung pada berapa banyak hal yang kita bicarakan:

  • A positive adjective adalah kata sifat normal yang digunakan untuk menggambarkan, bukan membandingkan. Misalnya: “This is a good shoes” dan “I’m pretty”
  • A comparative adjective adalah kata sifat yang digunakan untuk membandingkan dua hal (dan sering diikuti dengan kata than). Misalnya: “These shoes are better than those boots” or “I am prettier than her.”
  • A superlative adjective adalah kata sifat yang digunakan untuk membandingkan tiga hal atau lebih, atau untuk menyatakan sesuatu yang paling banyak. Misalnya: ““These are the best shoes in the world” or “I am the prettiest out of all the other members.” Tiga derajat ini hanya berfungsi untuk kata sifat deskriptif.

Jika kata sifat deskriptif memiliki satu atau dua suku kata, kita dapat mengubahnya menjadi bentuk komparatif dan superlatif dengan menambahkan -er dan -est. Misalnya, Anda dapat mengatakan bahwa a song is loud, louder (than another song) or the loudest (out of all the other songs).

Kata sifat deskriptif dengan tiga suku kata atau lebih tidak menggunakan -er dan -est akhiran. Contoh adjective bahasa inggris yang tidak menggunakan akhirnya -er dan -est adalah beautiful. Sebagai gantinya, kita menambahkan kata more dan the most sebelum kata itu diubah menjadi kata sifat komparatif atau superlatif: beautiful, more beautiful, the most beautiful. 

Ada beberapa pengecualian untuk aturan ini, seperti kebanyakan aturan tata bahasa. Misalnya, good hanya memiliki satu suku kata, tetapi berubah menjadi better dan best . Anda dapat menemukan daftar kata sifat tidak beraturan umum di sini. 

Kata sifat deskriptif adalah beberapa yang paling umum, tetapi kata sifat memiliki banyak kegunaan lain!

7 Jenis Adjective Bahasa Inggris Yang Harus Diketahui 

Setelah mengetahui apa itu adjective, sebagai English second learner, berikut adalah 7 jenis adjective bahasa inggris yang harus kamu ketahui! 

1. Deskriptif

Kata sifat deskriptif digunakan untuk menjelaskan kata benda dan kata ganti. Kata-kata seperti beautiful, cute, silly, tall, annoying, loud dan nice semuanya merupakan kata sifat deskriptif. Kata sifat ini menambahkan informasi dan kualitas pada kata yang mereka modifikasi. Mempelajari adjectives umum ini tidak hanya penting untuk percakapan reguler antara teman dan pembelajar bahasa inggris pemula, tetapi juga untuk tujuan bahasa Inggris akademis atau Bisnis.

Berikut beberapa contoh kalimat adjective deskriptif:

“The flowers has a smell” hanya menyatakan fakta, dan tidak memiliki kata sifat untuk menggambarkan seperti apa bunga atau baunya.

 “The beautiful flowers have a nice smell” memberi kita informasi lebih banyak, dengan dua kata sifat deskriptif.

2. Kuantitatif

Kata sifat kuantitatif menggambarkan kuantitas sesuatu.

Dengan kata lain, menjawab pertanyaan “how much?” atau “how many?” Angka seperti one dan thirty adalah jenis kata sifat ini. Begitu juga kata-kata yang lebih umum seperti many, half dan a lot. 

Contoh kalimat adjective kuantitatif:

“How many students do you have?” “I only have five students in my class”

“Do you plan on having more students?” “Oh yes, I want many students!”

“I can’t believe you ate that whole birthday cake!”

3. Demonstrative

Kata sifat demonstratif menjelaskan kata benda atau kata ganti “which” yang dimaksud. Kata sifat ini termasuk kata-kata:

  • This — Digunakan untuk merujuk pada kata benda tunggal yang dekat dengan Anda.
  • That — Digunakan untuk merujuk pada kata benda tunggal yang jauh dari Anda.
  • These — Digunakan untuk merujuk pada kata benda jamak yang dekat dengan Anda.
  • Those — Digunakan untuk merujuk pada kata benda jamak yang jauh dari Anda.

Kata sifat demonstratif selalu muncul sebelum kata yang mereka ubah.

Terkadang, seperti saat kamu menjawab pertanyaan, kamu dapat membiarkan kata benda tidak dideskripsikan dan hanya menggunakan kata sifat. Misalnya, jika seseorang meminta berapa banyak roti yang kamu ingin beli, kamu dapat merespon: “I want to buy three breads,” atau “I want to buy three.”

Contoh:

“Which car is yours?” “This car is mine, and that one used to be mine until I sold it.”

4. Possessive

Possessive adjective atau kata sifat possessive menunjukkan kepemilikan. Mereka menggambarkan milik siapa sesuatu itu. Beberapa possessive adjective yang paling umum meliputi:

  • My — Milik saya
  • His — Milik dia (laki-laki)
  • Her — Milik dia (perempuan)
  • Their — Milik mereka
  • Your — Milik Anda
  • Our — Milik kita

Semua kata sifat ini, kecuali kata his, hanya bisa digunakan sebelum kata benda. Kita tidak bisa hanya mengatakan “That’s my,” Anda harus mengatakan “That’s my book”. Bila kita ingin meninggalkan dari kata benda atau kata ganti yang dimodifikasi, kita menggunakan possessive adjective ini sebagai gantinya:

  • Mine
  • His
  • Hers
  • Theirs
  • Yours
  • Ours

Contoh:

“Whose cat is that?” “She’s mine. That’s my cat.”

5. Interrogative

Interrogative adjectives atau kata sifat interogatif artinya bertanya. Kata sifat ini selalu diikuti oleh kata benda atau kata ganti, dan digunakan untuk membentuk pertanyaan. Berikut contohnya:

  • Which — Meminta untuk membuat pilihan di antara opsi.
  • What — Meminta untuk membuat pilihan (secara umum).
  • Whose — Menanyakan milik siapa sesuatu itu.

Kata tanya lain, seperti “who” atau “how”, bukan kata sifat karena tidak mengubah kata benda. Misalnya, kita dapat mengatakan “whose bag is this?” tetapi kita tidak bisa mengatakan “who bag?”

Which, what dan whose hanya dianggap kata sifat jika mereka segera diikuti oleh kata benda. 

Contoh:

Which song will you play on your wedding day?”

What pet do you want to get?”

Whose child is this?”

6. Distributive

Distributive adjectives menggambarkan anggota tertentu dari suatu kelompok. Kata sifat ini digunakan untuk memilih satu atau lebih individu atau orang. Beberapa kata sifat distributif yang paling umum meliputi:

  • Each — Setiap satu dari kelompok (digunakan untuk berbicara tentang anggota kelompok secara individu).
  • Every — Setiap satu dari grup (digunakan untuk membuat generalisasi).
  • Either— Satu di antara pilihan dua.
  • Neither — Tidak satu pun atau yang lain di antara dua pilihan.
  • Any — Satu atau beberapa hal dari sejumlah pilihan. Ini juga digunakan ketika pilihannya tidak relevan, seperti: “I’ll take any of them”

Kata sifat ini selalu diikuti oleh kata benda atau kata ganti yang mereka modifikasi.

Contoh:

Every rose has its thorn”

“Which of these two movies do you like?” “I don’t like either movie.”

7. Artikel

Hanya ada tiga artikel dalam bahasa Inggris: a, an dan the. Artikel mungkin sulit digunakan oleh pelajar bahasa Inggris dengan benar karena banyak bahasa tidak memilikinya (atau tidak menggunakannya dengan cara yang sama).

Meskipun artikel adalah bagian dari ucapan mereka sendiri, mereka secara teknis juga kata sifat! Artikel digunakan untuk menjelaskan kata benda yang kita maksud. Mungkin menganggapnya sebagai kata sifat akan membantu kita mempelajari mana yang harus digunakan:

  • A — Item umum tunggal.
  • An — Item umum tunggal. Gunakan ini sebelum kata-kata yang dimulai dengan vokal.
  • The — Item spesifik tunggal atau jamak.

Sederhananya, ketika kita berbicara tentang sesuatu yang umum, gunakan a dan an. Ketika berbicara tentang sesuatu yang spesifik, gunakan the. “A cat” dapat digunakan untuk mengacu pada setiap kucing di dunia. “The cat” digunakan untuk merujuk pada kucing yang sedang berjalan.

Contoh:

The elephants left huge footprints in the sand.”

An elephant can weigh over 6,000 pounds!”

Masih ingin belajar materi bahasa inggris lainnya? Yuk ikuti kursus online bahasa inggris bersama Glolingo! Untuk informasi lebih lanjut segera hubungi kami di sosial media instagram @glolingo_id ya!

Oleh: Anastasia Vika

Baca: Pengertian, Macam dan Contoh Adverb, si “Kata Keterangan”

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping