6 Istilah Perkuliahan dalam Bahasa Inggris

Uncategorized

6 Istilah Perkuliahan dalam Bahasa Inggris

Halo glos! Apa kabar semuanya? Dan buat kamu yang masih berkuliah gimana nih lancar kaan? Oiya, buat kalian para mahasiswa, pernah gak sih tiba-tiba kepikiran tentang istilah perkuliahan dalam bahasa inggris? Atau mungkin ada nih dari kalian yang ingin menceritakan pengalaman kuliah di Indonesia ke teman-teman bule yang kamu miliki tapi bingung untuk pemilihan kata bahasa inggrisnya? Nah di artikel ini admin mau ngasih informasi nih tentang beberapa istilah perkuliahan di Indonesia dalam bahasa inggris, yuk disimak.

IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)

Mungkin yang ini kamu udah sering denger ya, IPK dalam bahasa inggris biasa disebut GPA (Grade Point Average) adalah nilai rata-rata yang kamu raih dari seluruh beban studi yang sudah kamu ambil. Nah di bahasa Inggris kamu bisa menyebutnya dengan GPA, skala standard yang sering digunakan adalah dengan batas maksimum nilai 4.00. GPA ini bisa dibagi dua yaitu Cumulative GPA dan Overall GPA, nah untuk kumulatif GPA biasa disebut IP yang hanya mencakup nilai rata-rata kamu selama satu semester.

KKN (Kuliah Kerja Nyata)

KKN dalam bahasa inggris biasa disebut the student study service kegiatan ini merupakan kegiatan berkelompok yang berupa pengabdian mahasiswa untuk terjun ke masyarakat langsung di daerah tertentu, dan biasanya merupakan daerah pedesaan. Program yang dijalankan pada saat KKN ini juga beragam, tergantung dengan kebutuhan masyarakat di daerah yang dituju. Oiya, banyak loh universitas di Indonesia yang menjadikan KKN ini sebagai mata kuliah wajib yang menjadi syarat kelulusan.

SKS (Satuan Kredit Semester)

SKS dalam bahasa inggris biasa disebut credits atau course credits ini adalah beban studi yang harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa, untuk di Indonesia syarat SKS yang harus ditempuh adalah 144 kredit. Namun tiap negara memiliki persyaratan yang berbeda-beda, seperti di Amerika Serikat mahasiswa harus memenuhi 120-130 kredit untuk syarat kelulusan. Sedangkan untuk di negara-negara Eropa mereka pakai sistem ECTS, yaitu dengan menempuh 180-240 ECTS untuk syarat kelulusan. Dan sama seperti di Indonesia, syarat kelulusan undergarduate program di Australia adalah 144 SKS.

Skripsi

Sepertinya masih banyak nih yang bingung untuk menerjemahkan skripsi kedalam bahasa inggris. Karena masih banyak yang menyebut skripsi sebagai thesis, namun kenyataannya adalah thesis lebih diperuntukkan untuk karya tulis bagi jenjang studi S2. Jadi kata yang pas untuk skripsi ini adalah undergraduate thesis atau minithesis, mungkin hal ini terjadi karena banyak kampus di luar negeri yang tidak mewajibkan skripsi untuk menjadi syarat kelulusan.

Mata Kuliah

Mata kuliah dalam bahasa Inggris disebut course, adalah mata pelajaran yang dapat kamu lakukan selama masa kuliah, biasanya satu mata kuliah terdiri dari 3-6 SKS. Nah mata kuliah ini juga dibagi menjadi dua yaitu mata kuliah wajib (prescribed course), yang mana kamu wajib untuk mengambil mata kuliah terebut untuk syarat kelulusan. Sedangkan yang kedua adalah mata kuliah pilihan (elective course), mata kuliah ini tidak menjadi syarat kelulusan jadi kamu bebas memilih yang sesuai minat kamu.

KRS (Kartu Rencana Studi)

KRS atau bahas inggrisnya adalah Course Selection Sheet, merupakan dokumen yang berisi daftar mata kuliah yang akan kamu ikuti selama satu semester. Saat pengisian KRS ini kamu bisa memilih dengan bebas mata kuliah apa saja yang ingin kamu ikuti untuk satu semester kedepan dengan batas maksimal 24 SKS. Bagi mahasiswa yang jurusannya gak pakai sistem ‘paketan’ pengisian KRS ini bikin kamu deg-degan tiap semesternya, karena bisa jadi kamu tidak kebagian kelas yang kamu inginkan dan harus mencari alternatif lain.

Nah itu dia istilah perkuliahan dalam bahasa inggris yang perlu kamu ketahui, istilah mana nih yang belum kamu ketahui sebelumnya? Oiya, kalau ada istilah lain yang kamu ketahui, boleh loh kita sharing dan komen dibawah ya!

Ditulis Oleh Lusika Mustikamaya

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping