Blog

5 Alasan Mengapa Harus Jago Conversation Bahasa Inggris!

Uncategorized

5 Alasan Mengapa Harus Jago Conversation Bahasa Inggris!

Conversation bahasa inggris – Menguasai seni percakapan adalah sebuah keterampilan. Namun, saat belajar bahasa inggris sering kali kita hanya berfokus pada membaca dan pemahaman terlebih dahulu daripada narasi verbal. Saat kamu belajar conversation bahasa inggris itu berbeda saat kita belajar untuk TOEFL/IELTS atau English business. Lancar berbicara bahasa inggris dapat memudahkan kita juga untuk mendapatkan pekerjaan di era sekarang ini. Simak artikel berikut mengapa skill conversation bahasa inggris itu penting banget!

5 Alasan Belajar Conversation Bahasa Inggris

Berikut 5 alasan mengapa kamu harus mulai meningkatkan kemampuan bahasa inggris dengan latihan conversation!

1. Learning by doing 

Latihan percakapan memungkinkan kita untuk belajar sekaligus mempraktekkannya secara langsung. Dengan semakin sering latihan conversation bahasa inggris sehari-hari, kita secara tidak langsung dapat mengasimilasi pengetahuan yang diperoleh, mengintegrasikan berbagai keterampilan kognitif sekaligus untuk menghasilkan komunikasi lisan. Menurut studi oleh Elise WM Hopman dan Maryellen C. MacDonald dari University of Wisconsin-Madison, pelajar bahasa yang berlatih sambil berbicara mengungguli mereka yang belajar melalui latihan pemahaman di mana tidak ada latihan lisan. Dengan berbicara, mengaktifkan semua elemen linguistik tata bahasa, tanda baca dan kosa kata pada saat yang sama. Belajar bahasa perlu dirancang sedemikian rupa sehingga keterampilan dan pengetahuan yang diperoleh dapat diterapkan di dunia nyata.

2. Percakapan adalah komunikasi dua arah

Bahasa nyata berkembang pesat dan juga membutuhkan keterampilan mendengarkan yang kompeten. Meningkatkan keterampilan conversation membutuhkan mendengarkan secara aktif. Jadi ketika kita berbicara sama pentingnya mendengarkan saat belajar bahasa inggris. Melakukan percakapan menunjukkan bahwa kita mendengarkan dan memahami lawan bicara kita dengan baik, terutama dalam bahasa inggris. Mendengarkan bukan hanya mendengarkan untuk menanggapi pertanyaan tetapi juga mendengarkan untuk menunjukkan minat dan mengajukan pertanyaan lanjutan yang benar. Belajar conversation bahasa inggris dengan giat dapat membantu kita meningkatkan kemampuan tersebut. 

3. Membangun hubungan dengan baik

Orang tidak akan selalu berbicara dalam bahasa Inggris formal. Mereka akan memiliki saat-saat ketika mereka bersantai, ketika mereka melanggar “aturan” bahasa Inggris, ketika mereka “menyalahgunakannya”, ketika mereka bersenang-senang. Membangun hubungan dan menunjukkan minat pada mitra percakapan Anda adalah bagian penting dari komunikasi. Mempelajari keterampilan percakapan juga terkait dengan kecerdasan emosional dan pemahaman. Orang-orang dengan EQ tinggi biasanya unggul dalam hal itu! Juga akan meningkatkan tata bahasa dan akurasi bahasa inggris. Jangan khawatir tentang salah grammar dan cobalah untuk berkomunikasi. Kita akan membuat lebih banyak kesalahan tetapi kita akan bisa mendapatkan latihan yang perlu tingkatkan.

4. Keperluan Professional 

Di era modern sekarang ini, banyak perusahaan yang membutuhkan karyawan yang memiliki kemampuan berbicara bahasa inggris dengan sangat baik. Hal tersebut akan diuji saat wawancara. Wawancara kerja juga membutuhkan keterampilan percakapan yang baik. Kita tidak ingin terdengar terlatih, kita ingin terdengar alami. Kita tidak berada di sana untuk menjadi sahabat pewawancara, tetapi kita tidak ingin terdengar acuh tak acuh. Mereka perlu tahu bahwa kita peduli dengan pekerjaan itu, tentang tugas-tugas, tentang tanggung jawab, tentang perusahaan dan staf lainnya. Saat kita bernegosiasi dalam wawancara kerja, kesepakatan bisnis potensial, presentasi, melaporkan temuan ilmiah, atau meyakinkan orang bahwa mereka perlu memperhatikan keselamatan dengan serius, kemampuan conversation bahasa inggris itu penting. Terlebih apabila kita dihadapkan dengan native speaker. 

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Berbicara adalah hal yang paling sering kita lakukan dalam bahasa lain dan jika kita didorong untuk selalu melakukan conversation bahasa inggris, kita akan memiliki pengalaman belajar yang sangat berbeda. Rasanya jauh lebih pribadi dan dapat dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan individu dan kelompok. Mungkin ada saatnya kita ingin berbicara dengan orang-orang tentang momen-momen serius atau menyenangkan. Ini mungkin masalah di tempat kerja atau dalam hubungan, atau menceritakan liburan. Keterampilan percakapan yang baik membantu menyampaikan maksud dan mengungkapkan ekspresi kita dengan baik karena bahasa inggris formal mungkin tidak ideal dalam interaksi ini. Media sosial pada saat ini juga merupakan alasan penting mengapa kita harus belajar conversation bahasa inggris sehari-hari. Jika orang ingin mengungkapkan pendapat dan/atau perasaan di Facebook atau YouTube maka mereka biasanya menggunakan singkatan seperti “fyi”, “omg”, “atm”, dan “ftw” dll. 

Belajar conversation akan semakin mudah apabila kamu ikut kursus atau les conversation bahasa inggris karena kamu akan secara langsung dibimbing oleh guru yang berpengalaman. Buat kamu yang sedang mencari les conversation bahasa inggris boleh banget ikut kursus bahasa inggris online di Glolingo! Segera hubungi @glolingo_id di Instagram ya!

Oleh: Anastasia Vika

Baca: Kiat-Kiat Mengobrol Bahasa Inggris dengan Orang baru

Leave your thought here

Your email address will not be published.

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare
Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping