Blog

4 Tips Journaling yang Harus Kamu Tau!

Uncategorized

4 Tips Journaling yang Harus Kamu Tau!

Glos pasti sudah tidak asing lagi dengan kalimat “Dear Diary…”. Biasanya kalimat itu menjadi pembuka curhatan keluh kesah di buku diary atau jurnal. Sama seperti menulis diary, journaling adalah kegiatan menulis yang memiliki banyak manfaat dalam proses belajar. Apalagi selama masa pandemi seperti ini, dimana semua aktivitas di luar bisa dilakukan dari rumah, salah satunya adalah belajar online. Agar tetap produktif di rumah, Glolingo punya tips journaling yang akan membantu kamu belajar bahasa!

4 Tips Journaling yang Harus Kamu Tau!
source: https://www.freepik.com/free-photo/close-up-female-writing-journal_11127081.htm#page=1&query=journaling&position=10


1. Let It Flow and Slow
Sama seperti berbicara, kadang kita udah bingung duluan mau bilang apa dan bagaimana. Nah, daripada kelamaan mikir lebih baik tuangkan saja dulu pikiran dan perasaan kamu pada saat itu. Mulailah dengan bercerita atau storytelling. Ceritakan pengalaman menyenangkan, menyedihkan, atau apapun itu. Beberapa orang ada yang lebih nyaman bercerita dengan bahasa Inggris. Jika tujuanmu untuk melancarkan bahasa Inggris, maka gunakanlah bahasa Inggris dengan gaya bahasamu sendiri. Tidak perlu takut salah, karena ini adalah tahap awal journaling kamu. Mulailah dengan menyisihkan waktu 10 menit dalam sehari untuk menulis jurnal, bisa di pagi hari sebelum beraktifitas atau malam hari sebelum beristirahat. Remember to start small, and make it consistent!

2. Metode Healing Buat Kesehatan Mental
Dengan menulis, bagian aktif otak kita akan lebih terlatih untuk kritis dan kreatif sehingga bisa membantu kinerja otak lebih optimal. Gak cuma itu, journaling bersifat menyembuhkan seperti terapi yang baik untuk kesehatan fisik maupun mental, lho! Dilansir dari psychologytoday.com, pada pelatihan konseling banyak klien yang mengalami menurunnya tingkat kecemasan, depresi, bahkan frustrasi yang mengacu pada gejala ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Hal ini dikarenakan journaling dapat membantu memproses pengaturan emosi, menguatkan daya ingat, meningkatkan sistem imun dan kemampuan berkomunikasi. Journaling mendorong kamu untuk jujur pada diri sendiri dan melihat ke potensi yang kamu miliki. Ibaratnya, kamu sedang mendokumentasikan proses perjalananmu untuk belajar juga!

3. Belajar Vocabulary Baru
Kamu punya lagu baru yang kamu suka? Atau film yang baru kamu tonton? Mungkin kamu punya resep makanan favorit? Ini semua bisa banget kamu manfaatkan jadi referensi kosakata baru untuk kamu tulis di jurnal sekaligus melatih kreatifitas menulis. Mengenal berbagai kosakata dari hal-hal yang kamu suka akan menambah wawasan kosakatamu menjadi lebih luas sehingga tidak terpaku dengan vocabulary yang itu-itu saja. Tips lainnya, kamu bisa deskripsikan dulu kata-kata yang mau kamu pakai dan pelajari bagaimana penggunaannya dalam kalimat.

4. Review Bareng Mentor
Tenang Glos, tidak ada aturan pasti tentang benar atau salah dalam tulisan jurnalmu karena itu memang apa yang kalian pikirkan dan rasakan. Tapi, dalam berbahasa Inggris maupun bahasa lainnya memang ada beberapa aturan teknis yang mendukung kualitas tulisanmu. Jika kamu sudah terbiasa menulis, tantang diri kamu untuk explore berbagai jenis tulisan lainnya. Setelah itu, mulailah kembangkan tulisanmu ke level selanjutnya dengan bantuan mentor Glolingo di kelas-kelas online yang tersedia di sini dan di Instagram untuk info menarik lainnya. Stay tuned terus biar gak ketinggalan ya, Glos!

Ditulis oleh Winona Hanantian

Editor: Devanda @devancpn

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *