Blog

4 Tips Belajar Bahasa Ala Polyglot Lýdia Machová

English Tips and Tricks

4 Tips Belajar Bahasa Ala Polyglot Lýdia Machová

Kita mengenal bilingual sebagai seseorang yang menguasai dua bahasa, yaitu bahasa Ibu atau bahasa utamanya dan bahasa kedua yang dipelajarinya. Ada juga trilingual dan multilingual, di mana seseorang menguasai lebih dari dua bahasa. Bagaimana dengan polyglot? Polyglot adalah seseorang yang menguasai banyak bahasa, nggak cuma 2 atau 3. Wah, keren banget ya Glos!

Lýdia Machová di TED Talks "The Secret of Learning A New Language"
Lýdia Machová di TED Talks “The Secret of Learning A New Language

Seorang polyglot memiliki ketertarikan yang tinggi untuk mempelajari banyak bahasa. Meskipun mereka bukan ahli bahasa, tapi mereka mampu untuk berkomunikasi dengan lancar di bahasa yang dikuasainya. Lalu, gimana caranya mempelajari bahasa yang segitu banyaknya? Berikut tips dari seorang polyglot Lýdia Machová yang menguasai 10 bahasa.

1. Enjoyment

Hal pertama yang Lýdia sarankan adalah pentingnya menemukan rasa nyaman saat kamu mempelajari bahasa itu. Karena Lýdia suka belajar bahasa, Ia pun sangat menikmati prosesnya. Waktu Lýdia baru belajar bahasa Spanyol, Ia lebih memilih untuk membaca buku Harry Potter kesukaannya dalam bahasa Spanyol daripada membaca buku panduan. Awalnya Lýdia nggak ngerti apapun, tapi lama kelamaan Ia mulai bisa mengikuti alurnya. Begitu juga saat belajar bahasa Jerman, Ia menonton serial Friends kesukaannya. Singkatnya, polyglot punya begitu banyak cara yang berbeda dalam belajar bahasa. Tapi mereka bisa menemukan cara yang paling nyaman bagi mereka. Nah, kalau kamu nggak suka belajar dari buku, kamu bisa belajar dari video di YouTube atau mendengarkan podcast. Kalau kamu lebih suka mencatat lewat aplikasi di smartphone daripada menulis di kertas, juga boleh! Whatever works for you, don’t hesitate to try it.

2. Method

Untuk bisa fasih berbahasa asing, kamu butuh metode yang efektif. Metode yang bisa bertahan lama. Lýdia menyarankan untuk menonton YouTube para polyglot atau mengunjungi website polyglot agar terinspirasi dari cara mereka belajar. Di Indonesia, kamu bisa mengunjungi Polyglot Indonesia. Salah satu anggotanya bernama Vremita Desectia dari Yogyakarta yang mempelajari dan menggunakan 10 bahasa lho! Kalau kamu penasaran cara yang asyik belajar bahasa asing, cek artikelnya di sini.

3. System

Membuat sistem juga penting untuk konsistensi belajar. Sistem yang sesuai dengan jadwal kegiatan sehari-hari kamu. Nah, menurut Lýdia lebih baik sisihkan waktu lebih awal untuk latihan. Misalnya, bangun tidur lebih pagi adalah waktu yang bagus untuk mengulang kembali penguasaan vocabulary kamu. Kamu juga bisa mendengarkan podcast sambil perjalanan pulang, atau sambil melakukan pekerjaan rumah. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan tanpa harus merencanakan dulu waktu luang untuk belajar.

4. Patience

Ingat, kesabaran adalah kunci Glos! Nggak mungkin kan, kamu bisa langsung fasih suatu bahasa dalam waktu dua bulan. Tapi, kalo bisa membuat peningkatan sedikit demi sedikit dalam waktu dua bulan sih, itu mungkin banget! Yaitu dengan tetap konsisten sama cara dan sistem yang udah kamu tentuin. Lakukan setiap hari, dan yang paling penting kamu enjoy melakukannya.

Ditulis oleh Winona Hanantian
Junior Translator Intern di Glolingo

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *